Kegiatan Apa Saja yang Bisa Dilakukan agar Dapat Menentukan Keyakinan Suatu Sekolah? Modul 1.4

TRIBUNNEWS.COM – Inilah jawaban pertanyaan 1.4 Modul Pendidikan Guru, Tindakan Apa yang Dapat Dilakukan untuk Mewujudkan Kepercayaan di Sekolah atau Kelas.

Tuan/Tuan. Seorang guru akan menemukan pertanyaan ini di salah satu sistem Koneksi Guru.

Pertanyaan ini ada pada Modul 1.4 Integrasi Pendidikan Guru.

Guru dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut untuk meningkatkan kinerja masing-masing guru.

Contoh jawaban pada artikel ini hanya sebagai panduan bagi guru ketika mengalami kesulitan dalam menyelesaikan PMM. Tindakan apa yang dapat diambil untuk memastikan persetujuan sekolah atau kelas?

Menjawab:

Untuk menentukan disetujuinya suatu sekolah atau kelas, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan, antara lain:

1. Diskusi terbuka: Adakan pertemuan atau konferensi dengan seluruh anggota sekolah atau kelas untuk menggali keyakinan dan pendapat mereka.

2. Survei atau kuesioner: Bagikan survei atau kuesioner kepada siswa, guru, dan staf untuk mengumpulkan pendapat tentang keyakinan dan sumber dari apa yang dianggap penting.

3. Brainstorming Kolaboratif: Adakan sesi brainstorming dimana semua kelompok dapat berbagi ide tentang tujuan dan nilai-nilai pendidikan yang ingin mereka capai.

4. Pelatihan dan lokakarya : Menyelenggarakan pelatihan dan lokakarya yang bertujuan untuk mengembangkan visi dan misi sekolah atau kelas.

5. Aktivitas pemantauan: Pantau aktivitas sehari-hari di sekolah atau kelas untuk menentukan apakah aktivitas dan perilaku sehari-hari konsisten dengan keyakinan dan nilai yang diinginkan.

6. Review dokumen: Review dokumen sekolah seperti visi dan misi, rencana strategis, dan laporan evaluasi untuk memahami keyakinan yang ada.

Kegiatan-kegiatan ini dapat membantu mengidentifikasi dan menyepakati keyakinan seluruh komunitas sekolah atau kelas.

*) Disclaimer: Contoh jawaban pada artikel ini hanya sebagai panduan bagi Guru dalam menyelesaikan pertanyaan terkait di Forum Merdeka Mengajar.

Jawaban dan permintaan dapat disesuaikan untuk setiap kegiatan pembelajaran.

(Tribunnews.com/Farrah Putri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *