Sedikitnya 27 Orang Tewas dalam Aksi Protes Terbaru di Bangladesh, PM Sheikh Hasina Diminta Mundur

TRIBUNNEWS.COM – Sedikitnya 27 orang tewas dan lainnya terluka dalam bentrokan baru-baru ini antara polisi dan pengunjuk rasa di Bangladesh pada Minggu (8/4/2024), CNN International melaporkan.

Polisi menggunakan gas air mata dan melemparkan granat untuk membubarkan puluhan ribu pengunjuk rasa yang menuntut pengunduran diri Perdana Menteri Sheikh Hasina.

Para pengkritik Hasina dan kelompok hak asasi manusia menuduh pemerintahnya menggunakan kekuatan berlebihan untuk menekan para pengunjuk rasa, yang telah melakukan protes selama sebulan.

Kementerian Dalam Negeri mengumumkan jam malam sementara di seluruh negeri mulai pukul 6 sore pada hari Minggu.

“Yang turun ke jalan hari ini bukan mahasiswa, tapi teroris yang ingin mengganggu negara,” kata Hasina usai jumpa pers bela negara.

“Saya mengimbau warga negara kita untuk melawan teroris ini dengan tangan besi.”

Menurut CNN, dua pekerja konstruksi tewas dalam perjalanan menuju tempat kerja dan 30 lainnya terluka di distrik pusat Munsiganj.

Menurut saksi mata, bentrokan terjadi tiga arah antara pengunjuk rasa, polisi, dan pengunjuk rasa anti pemerintah.

“Mereka dibawa ke rumah sakit dalam keadaan meninggal dengan luka tembak,” kata Abu Hena Mohammad Jamal, kepala rumah sakit distrik. Para pengunjuk rasa turun ke jalan menuntut pengunduran diri Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina, 4 Agustus 2024 (X Al Jazeera Bahasa Inggris)

Polisi mengatakan mereka tidak menembakkan peluru apa pun.

Namun, sebagian besar alat peledak rakitan diledakkan dan kawasan Munsiganj menjadi medan perang.

Di distrik Pabna timur laut, sedikitnya tiga orang tewas dan 50 lainnya luka-luka dalam bentrokan antara pengunjuk rasa dan Liga Awami yang berkuasa di Hasina, kata para saksi mata.

Dua orang lagi tewas dalam kekerasan di utara Bogura dan lima orang tewas di empat distrik lainnya, kata pejabat rumah sakit.

Sekelompok orang juga menghancurkan rumah sakit perguruan tinggi kedokteran di ibu kota Dhaka.

“Serangan terhadap rumah sakit tidak dapat diterima,” kata Menteri Kesehatan Samanta Lal Sen.

“Semua orang harus menghindari ini.”

Untuk kedua kalinya selama protes baru-baru ini, pemerintah menutup layanan internet berkecepatan tinggi, kata operator telepon seluler di negara tersebut, sementara platform media sosial Facebook dan WhatsApp tidak tersedia. 200 orang tewas dalam protes bulan lalu. Pada 18 Juli 2024, terjadi bentrokan antara pengunjuk rasa dan polisi di Dhaka. (AFP/MUNIR UZ ZAMAN)

Menurut AP, aksi unjuk rasa mahasiswa itu terjadi pada bulan lalu.

Mereka menyerukan diakhirinya sistem kuota jabatan di pemerintahan, yang menurut mereka diskriminatif.

Di bawah program ini, 30 persen pekerjaan diperuntukkan bagi keluarga veteran yang berjuang dalam Perang Kemerdekaan Bangladesh melawan Pakistan pada tahun 1971.

Protes tersebut awalnya berlangsung damai namun berubah menjadi kekerasan pada tanggal 15 Juli ketika mahasiswa Universitas Dhaka bentrok dengan polisi dan aktivis dari sayap mahasiswa Liga Awami.

Sejak itu, lebih dari 200 orang tewas dan ribuan lainnya terluka.

Ketika ketegangan meningkat, Mahkamah Agung akhirnya menurunkan tingkat senioritas menjadi 5 persen pada tanggal 21 Juli.

Namun protes menyebar karena kemarahan atas kekerasan tersebut.

Para pengunjuk rasa menuduh pemerintah menggunakan kekuatan berlebihan.

Di negara lain, pihak berwenang menutup sekolah dan universitas, memblokir internet, dan memberlakukan jam malam di televisi.

Setidaknya 11.000 orang telah ditangkap dalam beberapa pekan terakhir.

Protes tersebut kini telah menjadi gerakan anti-pemerintah yang meluas di negara Asia Selatan yang berpenduduk sekitar 170 juta orang.

(Tribunnews.com, Tiara Shelavie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *