Puasa Ayyamul Bidh Mei 2024, Simak Bacaan Niat dalam Tulisan Arab dan Latinnya

TRIBUNNEWS.COM – Cek Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Mei 2024

Petunjuk lengkap ibadah umat Islam diambil dari Alkitab. M. Syukron Maksum menjalankan puasa Ayyamul Bidh atau puasa putih pada tanggal 13 setiap bulannya. Itu dilakukan pada tanggal 14 dan 15.

Puasa ini disebut puasa karena tiga hari Ayyamul Bidh bertepatan dengan terangnya bulan hingga malam bersinar putih.

Mulai Mei 2024, puasa Ayyamul Bidh bertepatan dengan Zulkaidah 1445 H pada penanggalan Hijriah.

Jadi jadwal puasa Ayyamul Bidh bulan Mei 2024 adalah : Puasa Ayyamul Bidh hari pertama : Rabu 22 Mei 2024 (13 Zulkaidah 1445 H) Puasa Ayyamul Bidh hari kedua : Kamis. 23 Mei 2024 (Zulkaidah 14) 1445 Puasa Ayyamul Ketiga : Jum’at. 24 Mei 2024 (15 Zulkaidah 1445 H) Ayyamul Bidh Niat Puasa

Nawaitu sauma ayyaamal bidh sunatan lillaahi ta’ala

Arti ((Dimaksudkan puasa sunnah karena Allah.) Manfaat Puasa Ayyamul Bidh

1. Bersikaplah cepat setiap saat.

Keutamaan puasa sunnah tiga hari dalam sebulan ibarat puasa kapan saja.

Sebagai Rasulullah. Semoga Tuhan memberkatinya dan memberinya kedamaian. “Puasa tiga hari setiap bulannya ibarat puasa seumur hidup,” ujarnya dalam pengantar. (Mutafaq alaih).

Menurut riwayat Abu Dzar Al Ghiffari. “Utusan Tuhan Semoga Tuhan memberkatinya dan memberinya kedamaian. Kita diperintahkan untuk berpuasa tiga hari setiap bulannya. pada tanggal 13 Bulan cerah pada tanggal 14 dan 15 Inilah inti dari hari Sabat. Puasa yang lama.” (HR. Nasa’i)

2. Memenuhi wasiat Nabi.

Dalam pengantar yang berbeda dengan kata yang berbeda. Riwayat pertama oleh Bukhari Muslim dan kedua oleh Abu Hurairah dan Abu Darda’i Muslim berkata, “Ya Rabb, Rasulullah SAW. Beliau meriwayatkan tiga kisah yang tidak boleh ditinggalkan semasa hidup, (menurut wasiat Abu Hurairah, tidak dibiarkan selamanya), yaitu puasa tiga hari setiap bulan, shalat dua rakaat, dua rakaat witiri.

Memang benar, pesannya bukan hanya tentang mereka; Ini juga tentang kita dan rakyatnya.

Sebagaimana beliau bersabda, “Wahai manusia! Jangan lupa untuk melakukan tiga hal sepanjang hidup Anda setiap hari; Artinya puasa tiga hari dalam sebulan. Sholat Zuha, Sholat Witri sebelum tidur”

3. Mengikuti etika Nabi.

Dia tidak hanya mendorong teman-teman dan pengikutnya untuk berpuasa tiga hari dalam sebulan, namun melakukannya sepanjang hidupnya.

Menurut riwayat Mu’adzah al-Adawiyyah ini. Dia pernah bertanya kepada Aisyah, Semoga Tuhan memberkatinya dan memberinya kedamaian. Aisah menjawab dengan “yang sebenarnya”. “Siapa?” ​​dia bertanya lagi. Aisyah berkata, “Baiklah, lain kali saja” (HR. Muslim).

Jadi ketika kita menerapkannya, Kita terapkan kebiasaan sehari-hari Nabi SAW yang jelas baik dan bermanfaat.

4. Baik di rumah atau bepergian.

13 hari Dalil Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam untuk berpuasa pada hari ke 14 dan ke 15, baik di rumah maupun tidak. Dalam kondisi apa Anda meninggalkannya saat bepergian?

Menurut hadits Ibnu Abbas, Semoga Tuhan memberkatinya dan memberinya kedamaian. “Nabi, semoga Allah memberkati dia dan memberinya kedamaian, tidak pernah berpuasa, baik di rumah atau di perjalanan.” (HR.Nasi).

(Tribunnews.com/Latifah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *