Versi Lain Penyebab Ismail Haniyeh Tewas Ada Peran Mossad, si Agen Ledakkan Bom dari Luar Negeri

TRIBUNNEWS.COM – Juru bicara Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) menduga intelijen Israel, yakni Mossad, terlibat dalam upaya pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh.

Dia yakin Mossad menyewa agen keamanan Iran untuk memasang bahan peledak di gedung tempat Haniyeh tinggal.

Bahan peledak itu ditanam di tiga ruangan terpisah di sebuah gedung di Teheran, Iran.

The Telegraph menulis bahwa rencana awalnya adalah membunuh Haniyeh pada bulan Mei di pemakaman mantan Presiden Iran Ebrahim Raisi.

Namun misi tersebut dibatalkan karena banyaknya orang di dalam gedung yang berpotensi runtuh.

Sebaliknya, dua agen Iran memasang alat peledak di tiga kamar wisma IRGC di Teheran utara tempat Haniyeh mungkin menginap.

Petugas terlihat bergerak tanpa disadari, masuk dan keluar dari beberapa ruangan selama beberapa menit, menurut pejabat yang memiliki rekaman pengawasan dari gedung tersebut.

Belakangan dilaporkan bahwa para agen tersebut telah meninggalkan Iran tetapi masih memiliki sumber informasi di Iran.

Pada hari Rabu pukul 02.00 mereka meledakkan bahan peledak yang dibawa dari luar negeri di kamar tempat Haniyeh menginap.

Ledakan tersebut menewaskan Haniyeh, yang berada di Teheran untuk menghadiri pelantikan Presiden Masoud Pezeshkian.

“Mereka sekarang percaya bahwa Mossad menyewa agen dari unit perlindungan Ansar al-Mahdi,” kata juru bicara IRGC.

Investigasi selanjutnya kemudian mengarah pada penemuan dua alat peledak lagi di dua ruangan lainnya.

Pejabat kedua dari militer elit IRGC mengatakan kepada Telegraph bahwa tindakan tersebut merupakan penghinaan terhadap Iran dan pelanggaran keamanan. Pihak yang membeberkan posisi Haniyeh

Penyebab meninggalnya pemimpin Hamas Ismail Haniyeh masih menjadi sorotan belakangan ini.

Tudingan tersebut dilontarkan oleh pihak yang memasang spyware di ponsel Haniya melalui sebuah aplikasi.

Sputnik menulis bahwa menurut laporan yang belum dikonfirmasi, serangan itu difasilitasi oleh WhatsApp.

Spyware tersebut diduga dipasang di ponsel Haniya melalui akun WhatsApp miliknya.

Hal ini memudahkan untuk melacak lokasi Hania saat ini. Teheran, Iran (Instagram/delkash_sasani)

Laporan awal oleh jurnalis Brussel Elijah Manger mengatakan Haniyeh dibunuh setelah berbicara dengan putranya.

“Saat itu, keberadaan Haniya sudah diketahui,” kata seorang jurnalis setempat, namun tidak menyebutkan sumber informasinya.

Spyware yang dimaksud akan serupa dengan perangkat lunak Pegasus terkenal yang dikembangkan oleh perusahaan intelijen siber Israel, NSO Group.

Namun, tidak ada sumber lain yang membenarkan klaim Manger.

Meta, induk perusahaan yang menguasai WhatsApp, belum berkomentar mengenai hal tersebut.

Meta dilaporkan telah meningkatkan upaya untuk menghapus referensi ke Hamas dari platformnya.

Perkembangan terakhir adalah pemecatan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim dari jabatannya, Times of Israel melaporkan pada 1 Agustus.

“Biarlah ini menjadi pesan yang jelas dan tegas kepada Metha: hentikan tindakan pengecut ini,” tulis Anwar di laman media sosialnya. Menyusup ke keamanan VIP

Haniyeh, yang awalnya tinggal di pengasingan di Qatar, dilaporkan tewas dalam ledakan di Teheran pada dini hari tanggal 31 Juli 2024 waktu setempat, menurut Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran.

Haniyeh mengunjungi Iran untuk pelantikan Presiden Masoud Pezeshkian dan dilaporkan menginap di sebuah wisma di kompleks Al-Zahra di distrik Zafaraniya, Teheran.

Tindakan keamanan tingkat tinggi telah diambil di lokasinya, termasuk pengawalan oleh unit polisi khusus Iran untuk melindungi pejabat tinggi.

Kemudian, sekitar pukul 01.45 waktu setempat, sebuah drone berukuran kecil justru mengincar kamar Haniya.

Pengawal Haniyeh juga tewas dalam serangan itu.

Pejabat keamanan Iran sebelumnya telah memperingatkan potensi ancaman terhadap Haniyeh dari Israel.

Bukti visual setelah kematian Haniyeh menunjukkan bahwa bangunan Al-Zahra di sisi barat bekas kompleks istana kerajaan Saadabad hanya mengalami sedikit kerusakan, sehingga lantai atas tetap utuh, hanya kerusakan kecil pada lantai tempat ia menginap. Infografis bertajuk “Tempat Ismail Haniyeh Dibunuh” sedang diselidiki. Infografis ini dibuat di Ankara, Türkiye pada tanggal 1 Agustus 2024. Berdasarkan analisis citra satelit, foto dugaan rumah tempat Ketua Politbiro Hamas Ismail Haniyeh dibunuh diyakini sebagai gambar terbaru. (Yasin Demirci – Anadolu Agency)

Sumber keamanan setempat mengatakan, bertentangan dengan laporan awal bahwa serangan itu dilakukan di luar perbatasan Iran, operasi tersebut dilakukan secara lokal, di dekat kompleks istana, seperti yang ditunjukkan oleh radius ledakan.

Gedung tinggi terdekat yang bisa dilihat langsung dari kompleks Al Zahra adalah gedung Istana Senator.

Tidak ada kabar dari polisi atau keamanan setempat bahwa peluncuran lokal direncanakan dari sebuah gedung kondominium mewah.

Pemimpin Hamas tiba di Teheran awal pekan ini dan menghadiri acara di parlemen dan pameran di dekat Menara Milad sebelum kembali ke kediamannya.

Baik Hamas maupun pejabat Iran belum memberikan komentar publik mengenai insiden tersebut.

Pihak berwenang Israel belum mengeluarkan pernyataan apa pun.

Menyusul kematian Haniyeh, pemimpin Iran Ali Khamenei menekankan bahwa waktunya telah tiba untuk membalas pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di wilayahnya.

“Rezim kriminal dan teroris Zionis membunuh tamu tercinta kami di rumah kami dan membuat kami berduka, namun membuka jalan bagi hukuman berat yang akan dijatuhkan padanya,” kata Ali Khamenei dalam pesannya.

Dalam beberapa minggu terakhir, Israel telah meningkatkan upayanya untuk menghancurkan musuh-musuhnya, dengan serangan di beberapa kota di Lebanon pada tanggal 20 Juli yang menewaskan kelompok Syiah nomor 2 Hizbullah dan Yaman.

Serangan terhadap terminal minyak Hodeidah mengakibatkan kepulan asap dan api.

Sementara itu, warga kota melaporkan ledakan kuat di kawasan pelabuhan menyusul serangan udara Israel di kota tersebut.

Serangan itu terjadi sehari setelah rezim Yaman yang tidak dikenal menyerang negara itu dengan pesawat tak berawak rancangan Iran di dekat kedutaan AS di pusat Tel Aviv, menewaskan satu orang dan melukai beberapa lainnya. Pasukan Gabungan

Presiden AS Joe Biden dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berbicara melalui telepon selama sekitar 30 menit pada Kamis malam (2/8/2024) waktu setempat.

Mereka membahas kemungkinan serangan balas dendam yang diancam oleh Iran dan Hizbullah menyusul pembunuhan dua pemimpin kelompok militan tersebut di Beirut dan Teheran dalam beberapa hari terakhir.

Amerika Serikat yakin Iran akan membalas dendam atas pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di ibu kotanya, AllIsrael mengutip.

Biden menegaskan kembali komitmennya terhadap keamanan Israel dari segala ancaman dari Iran, menurut pernyataan Gedung Putih.

Termasuk ancaman dari kelompok proksi teroris yakni Hamas, Hizbullah, dan Houthi. Presiden AS Joe Biden (kiri) dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (kanan). (X/@netanyahu)

Disebutkan, Biden dan Netanyahu juga membahas upaya mendukung pertahanan Israel terhadap berbagai ancaman, termasuk rudal balistik dan drone, termasuk penempatan militer baru AS yang bersifat defensif di Israel.

Pada bulan April, rezim Iran melancarkan serangan gabungan rudal, roket, dan drone besar-besaran terhadap Israel, yang hampir seluruhnya berhasil dicegat oleh upaya bersama Israel, Amerika Serikat, dan beberapa negara sekutu di kawasan.

Diantaranya adalah Kerajaan Yordania yang Menteri Luar Negerinya Ayman al-Safadi dikenal sebagai pengkritik keras Israel.

Pada hari Kamis, dia mengatakan Yordania akan kembali mencegat proyektil apa pun yang mengenai wilayahnya, yang membentang hampir di seluruh perbatasan timur Israel.

Gedung Putih juga mencatat bahwa Wakil Presiden Kamala Harris, yang baru-baru ini menggantikan Joe Biden sebagai calon presiden, telah bergabung dalam seruan tersebut.

Selain itu, Biden juga menegaskan kembali pentingnya melanjutkan upaya meredakan ketegangan yang lebih luas di kawasan.

Pesan tersebut ditegaskan oleh komentar yang dibuat pada hari yang sama di pangkalan udara AS di mana ia menerima banyak tahanan yang dibebaskan oleh Rusia.

Presiden mengatakan dia mengatakan kepada Netanyahu bahwa pembunuhan Haniyeh, yang belum dikomentari secara resmi oleh Israel, merusak peluang gencatan senjata dengan Hamas, dan mendesaknya untuk segera mencapai pertukaran sandera dan perjanjian gencatan senjata.

“Kami memiliki dasar untuk gencatan senjata. Dia harus melanjutkannya, dan mereka harus melanjutkannya sekarang,” kata Biden.

Biden juga mengaku prihatin dengan ketegangan yang terjadi baru-baru ini di kawasan.

Selain itu, pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah bersumpah akan membalas dendam atas serangan Israel yang menewaskan wakilnya dan panglima militer Hizbullah Fuad Shukr di Beirut selatan.

Berbicara dari jarak jauh di pemakaman Shukr pada hari Kamis, Nasrallah juga memperkirakan bahwa Iran, serta proksi lainnya di Irak dan Yaman, akan membalas terhadap Israel atas kematian Haniyeh.

“Kami tidak lagi berbicara mengenai front individu. Ini adalah kampanye terbuka di semua lini, dan tidak ada keraguan bahwa perang telah memasuki fase baru,” kata Nasrallah.

Nasrallah mengatakan Israel harus bersiap menahan amarah semua pihak yang mendukung Jalur Gaza.

“Rakyat Israel akan menangis sedih dalam beberapa hari mendatang,” tegasnya. Hizbullah menyerang Israel

Hizbullah menyatakan pihaknya menembakkan roket ke Israel utara pada Kamis (1/8/2024).

Serangan tersebut merupakan respons terhadap serangan mematikan Israel di Lebanon selatan.

Serangan tersebut merupakan yang pertama dilakukan Hizbullah sejak serangan udara Israel menewaskan komandan utamanya, Fuad Shukr, pada Selasa malam (30 Juli 2024).

Kelompok yang didukung Iran mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka “meluncurkan puluhan rudal Katyusha sebagai tanggapan terhadap serangan musuh Israel di desa Shama di selatan yang menewaskan sejumlah warga sipil.”

Menurut Arab News, militer Israel mengatakan bahwa tak lama setelah peluncuran tersebut, sebuah rudal angkatan udara “menghantam peluncur Hizbullah tempat proyektil tersebut ditembakkan.”

Pada hari Kamis, Kementerian Kesehatan Lebanon mengatakan empat warga Suriah telah tewas dalam serangan Israel di selatan, tempat Hizbullah dan Israel menghadapi pertempuran hampir setiap hari sejak pecahnya perang Gaza pada Oktober 2023.

“Kementerian Kesehatan mengumumkan bahwa empat warga Suriah tewas dalam serangan Israel di desa Shama di selatan,” kata departemen tersebut dalam sebuah pernyataan.

Kementerian mengatakan jumlah korban tewas bisa meningkat setelah tes DNA dilakukan.

Lima warga Lebanon juga terluka dalam serangan itu.

Layanan darurat mengatakan kepada AFP bahwa para korban adalah pekerja pertanian dan anggota keluarga yang sama.

Asap mengepul dari lokasi serangan, menyebabkan kerusakan parah pada dua bangunan di dekatnya dan membakar sebuah mobil hingga rata dengan tanah, kata seorang fotografer AFP. Komandan Hizbullah terbunuh

Israel mengonfirmasi pihaknya melakukan serangan di Beirut pada hari Selasa yang menewaskan seorang komandan Hizbullah, serta seorang penasihat militer Iran dan lima warga sipil.

Israel mengatakan Fuad Shukr berada di balik serangan roket di lapangan sepak bola di Dataran Tinggi Golan yang dikuasai Israel beberapa hari sebelumnya yang menewaskan 12 anak.

Hizbullah membantah terlibat dalam serangan itu, dan Nasrallah menegaskan kembali bantahannya.

Berbicara melalui tautan video kepada para pelayat yang berkumpul di samping peti mati Shuqr di sebuah aula di pinggiran Beirut, pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah mengatakan: “Kita telah memasuki fase baru, yang berbeda dari periode sebelumnya.”

“Apakah mereka berharap Haji Ismail Haniyeh akan dibunuh di Iran dan Iran akan tetap diam?” katanya pada hari Kamis tentang Israel, AP News mengutip pernyataannya.

Nasrallah menjanjikan “respon yang sangat terencana,” tanpa merinci bentuk apa yang akan diambil.

Dia hanya mengatakan bahwa Israel “perlu menunggu kemarahan orang-orang terhormat di wilayah tersebut.”

“Musuh dan mereka yang berada di belakang musuh” – tampaknya mengacu pada sekutu utama Israel, Amerika Serikat – “harus menunggu tanggapan kami selanjutnya,” katanya.

Para pejabat internasional berupaya menghentikan siklus pembalasan sebelum meningkat menjadi perang yang lebih luas.

Sejak pecahnya perang Gaza pada Oktober 2023, Hizbullah dan Israel hampir setiap hari saling bertukar serangan di perbatasan, yang mengakibatkan kematian dan evakuasi puluhan ribu orang dari rumah mereka. Asap mengepul di luar kamp sementara pengungsi Palestina di kawasan Tel el-Sultan Rafah, di selatan Jalur Gaza, 30 Mei 2024, di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok militan Hamas. (AFP/EYAD BABA) Berita terkini perang antara Israel dan Hamas

Pemimpin Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan dalam percakapan telepon dengan Presiden AS Joe Biden bahwa pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh oleh Israel “merupakan pukulan serius bagi perundingan gencatan senjata”, menunjukkan bahwa pemerintah Netanyahu ingin “kebakaran besar di Jalur Gaza” menyebar secara regional. tingkat.

Pertahanan Sipil Gaza mengatakan 15 orang tewas dalam serangan Israel terhadap sebuah sekolah yang menampung pengungsi Palestina.

Pemimpin Hizbullah di Lebanon Hassan Nasrallah mengatakan konflik dengan Israel memasuki “fase baru” setelah terbunuhnya komandan Hamas Fuad Shukr dan Ismail Haniyeh.

Netanyahu dari Israel mengatakan negaranya “berada pada tingkat kesiapan yang sangat tinggi untuk menghadapi skenario apa pun.”

Jurnalis Al Jazeera berkumpul di markas besar jaringan media Qatar untuk mengutuk pembunuhan Israel terhadap rekannya Ismail al-Ghul dan Rami al-Rifi di Jalur Gaza.

Setidaknya 15 warga Palestina tewas dan 40 lainnya terluka dalam serangan Israel terhadap sebuah sekolah yang menampung puluhan keluarga pengungsi di distrik Shujaiya, Kota Gaza.

Al Jazeera dengan tegas menolak tuduhan “tidak berdasar” Israel bahwa koresponden Ismail al-Ghul, yang terbunuh bersama rekannya selama serangan Israel di Jalur Gaza, berafiliasi dengan Hamas.

Setidaknya 39.480 orang, termasuk 16.314 anak-anak, tewas dan 91.128 luka-luka dalam perang Israel di Jalur Gaza.

Diperkirakan 1.139 orang tewas di Israel selama serangan Hamas 7 Oktober dan lebih dari 200 orang ditangkap.

(Tribunnews.com/Chrysnha, Nurianthi)

Berita lainnya terkait konflik Palestina-Israel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *