Empat Perubahan Besar Hizbullah yang Membuatnya Lebih Kuat Lawan Israel Ketimbang Saat Perang 2006

Empat perubahan besar bagi Hizbullah yang membuatnya lebih kuat melawan Israel dibandingkan saat perang tahun 2006

TRIBUNNEWS.COM – Sebuah laporan yang diterbitkan di majalah The Economist menyoroti perubahan signifikan dalam protes Hizbullah sejak perang Juli 2006 dengan Israel di Lebanon.

“Hari ini Hizbullah dianggap lebih siap menghadapi serangan tentara Israel (IDF) di Lebanon dibandingkan persiapan Ukraina melawan Rusia sebelumnya pada tahun 2022,” kata majalah Inggris Isan – The Economist Weekly, Selasa (7/2/2024). , dengan mengacu pada pejabat Israel

Perwira tersebut mencatat bahwa fasilitas yang sangat penting yang dianggap sebagai “perlindungan” oleh militer Israel sering ditemukan dan diserang oleh Hizbullah.

Perwira IDF menambahkan bahwa satu-satunya alasan pasukan Israel tidak terbunuh di Front Utara adalah karena tentara mereka “tidak terlihat” oleh Hizbullah.

Mantan kepala intelijen militer, Tamir Heyman, percaya bahwa jika Israel ingin “menciptakan perubahan”, maka Israel harus menghancurkan seluruh struktur Hizbullah.

“Dan sekarang menurutku itu tidak mungkin,” katanya.

Seorang pejabat senior Mossad membenarkan bahwa militer Israel kini menderita kelelahan akibat operasi militer selama sembilan bulan di Gaza.

Menurut perkiraannya, IDF membutuhkan setidaknya enam bulan untuk mempersiapkan perang baru. Ribuan pejuang dari berbagai kelompok yang didukung Iran di Timur Tengah siap bergabung dengan pejuang Hizbullah di Lebanon jika konflik antara Hizbullah dan Israel meningkat menjadi perang skala penuh. (Al Jazeera) Empat perubahan besar pada Hizbullah yang menjadikannya lebih kuat

Menurut laporan tersebut, sejak dimulainya perang di Lebanon melawan Israel pada bulan Juli 2006, Hizbullah telah mengalami empat perubahan besar.

Perubahan pertama adalah kelompok Perlawanan Lebanon memperoleh jenis “drone kamikaze rancangan Iran”.

Dikatakan bahwa meskipun banyak tank dan kendaraan lapis baja Israel memiliki sistem pertahanan aktif yang dapat melawan rudal anti-tank, drone ini “menargetkan titik lemah di atas ‘kendaraan’ tersebut. Gambar pesawat serang. Militer Israel mengakui milisi Hizbullah Lebanon mampu menerbangkan drone di atas wilayah Israel di Galilea dengan jarak hingga 40 kilometer tanpa dicegat oleh sistem pertahanan udara Iron Dome. (pakaian/HO)

Perubahan kedua adalah Hizbullah meningkatkan kekuatan daratnya.

Hal ini mengacu pada tentara elit Radvan “yang dilatih dan berencana menyerang Israel hingga 20 km dari perbatasan.”

Perubahan ketiga adalah pengalaman tempur yang diperoleh pejuang Hizbullah saat berperang dengan pesawat Rusia di Suriah.

Selain itu, laporan tersebut menyoroti perubahan keempat: daya tembak Hizbullah “menjadi lebih akurat,” menurut para pejabat Israel, karena kelompok Lebanon sering menggunakan drone untuk mendeteksi sasaran rudal langsung.

Pertahanan udara Hizbullah juga telah ditingkatkan, berpotensi membatasi kebebasan bergerak militer Israel setelah kelompok Lebanon tersebut menembak jatuh tujuh drone utamanya sejak dimulainya perang. Tentara Israel (IDF) dilaporkan telah meminta politisi di Tel Aviv untuk memutuskan serangan besar di Lebanon, yang sudah berada dalam fase paling mematikan dari serangan Hizbullah di wilayah yang diduduki Israel di sisi utara. (khaberni/HO) IDF mengalami kekurangan personel yang serius

Dalam konteks yang sama, laporan tersebut menunjuk pada “masalah di lapangan,” di mana perwira tersebut mengatakan bahwa para jenderal Israel “optimis” bahwa protes akan dibatasi pada “zona keamanan” untuk mencegah Hizbullah menyerang kota-kota Israel di sepanjang Lebanon. perbatasan Israel. .

Dia ingat bahwa tentara Israel membutuhkan tujuh divisi untuk menyerang Lebanon pada tahun 1982 dan menggunakan empat divisi dalam perang tahun 2006.

Namun saat ini tentara Israel sedang melakukan operasi militer di Jalur Gaza dan Tepi Barat yang belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir, bahkan telah mencapai titik informasi yang maju.

Masalah lainnya adalah bahwa setidaknya satu unit IDF yang dikirim ke kamp pelatihan di utara untuk berlatih dalam kondisi yang mirip dengan Lebanon telah dikirim kembali untuk berperang di Gaza. Tentara IDF Israel dalam Perang Lebanon Kedua. Israel mengancam perang ketiga ketika Hizbullah meningkatkan serangan roket ke kota-kota Yahudi di Israel utara. (menangkap layar aplikasi)

“Saya tidak tahu dari mana mereka akan mendapatkan cukup tentara,” kata salah satu aktivis hak asasi manusia Israel yang berpartisipasi dalam latihan tersebut.

Mengenai potensi dampak perang, The Economist mengutip laporan yang tidak dipublikasikan oleh lebih dari 100 ahli dan mantan pejabat Israel yang disusun oleh Universitas Reichmann dan diselesaikan pada bulan Oktober.

Laporan tersebut memperingatkan bahwa Hizbullah dapat meluncurkan antara 2.500 dan 3.000 roket per hari, 25 kali lipat laju tembakan roket pada tahun 2006, selama tiga minggu berturut-turut, menjadikannya serangan roket berkelanjutan terbesar dalam sejarah.

Laporan tersebut mengatakan bahwa meskipun kapal perusak AS dapat menghancurkan rudal yang lebih besar di lepas pantai, mereka akan merusak sistem pertahanan Israel di banyak wilayah dan menyebabkan puluhan ribu korban jiwa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *