ESOHR: Arab Saudi Eksekusi 100 Orang Sejak Awal Tahun hingga 15 Juli 2024

TRIBUNNEWS.COM – Arab Saudi telah membunuh 100 orang sejak awal tahun hingga 15 Juli 2024, kata Organisasi Hak Asasi Manusia Saudi Eropa (ESOHR) pada Senin (15/7/2024). pembunuhan, ini berarti Arab Saudi melakukan pembunuhan hampir setiap dua hari.

Jumlah ini meningkat 42 persen dibandingkan tahun 2023 yang mencatat 172 kematian, demikian yang dilaporkan Middle East Eye.

“Peningkatan ini menunjukkan dorongan terhadap meluasnya penggunaan hukuman mati, yang melanggar hukum internasional dan komitmen resmi,” jelas ESOHR ⁠ Meskipun terjadi peningkatan jumlah pembunuhan, kata kelompok tersebut, mereka hanya melihat tiga orang. langsung melakukan protes, menurut Reprieve yang mencatat kasus-kasus hukuman mati di negara bagian tersebut, dalam banyak kasus, keluarga korban tidak mengetahui bahwa mereka adalah terpidana mati.⁠ ESOHR mencatat, dari 19 kasus yang mereka periksa, jenis hukuman dan jenis hukumannya. pengadilan yang menjatuhkan hukuman seringkali disembunyikan dalam laporan resmi.⁠ Mereka mengatakan bahwa “sejenis perlakuan yang kurang transparan di Arab Saudi untuk menghindari komitmennya dan terus menggunakan hukuman mati. Pada tahun 2023, laporan bersama oleh ESOHR dan Reprieve mengungkapkan bahwa jumlah korban tewas di Riyadh sejak Raja Salman dan putranya Mohammed bin Salman mengambil alih kekuasaan pada tahun 2015.

Pembunuhan akan meningkat sebesar 82 persen antara tahun 2015 dan 2022.

Menurut laporan, pihak berwenang Saudi secara teratur menggunakan hukuman mati untuk membungkam lawan politik, yang merupakan pelanggaran terhadap hukum internasional yang menyatakan hukuman mati hanya boleh digunakan untuk kejahatan terburuk. Pengedar narkoba dan penjahat “secara tidak proporsional” menjadi sasaran.⁠⁠Meskipun putra mahkota berjanji dalam sebuah wawancara pada tahun 2018 untuk mengurangi pembunuhan, ia tetap menjadi salah satu pembunuh paling produktif di negara ini.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *