Kemenhub: Progres Pembangunan Bandara VVIP di IKN Baru 50 Persen

Koresponden Tribunnews.com Nitis Havaroh melaporkan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kapten Sigit Hani Hadiyanto mengumumkan pembangunan bandara VVIP di ibu kota Indonesia baru mencapai 40 hingga 50. persentase

Sigit mengatakan, pembangunan masih terus berjalan sesuai dengan target operasional bandara pada acara 17 Agustus 2024.

Jadi kami masih berupaya untuk meluncurkannya pada 1 Agustus untuk kegiatan yang paling dekat dengan 17 Agustus, kata Sigit di Indonesia Aero Summit di Jakarta, Selasa (2/7/2024).

Kalau tidak salah 40-50 persen (kemajuan),” tegasnya.

Sigit mengatakan, bandara VVIP ini tidak diperuntukkan untuk tujuan komersial. Artinya, bandara ini hanya melayani penerbangan menuju ibu kota nusantara.

“Oh tidak. Bandara ini dirancang khusus untuk melayani kegiatan VVIP IKN,” jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Bandara Ibu Kota Budi Karya Sumadi Nusantara (IKN) mengumumkan akan mulai beroperasi pada 1 Agustus 2024.

Hal itu diungkapkannya saat mengetahui progres pembangunan Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN). Ia mengatakan, pembangunan landasan pacu dan bangunan terminal secara umum berjalan sesuai rencana.

“Perubahan runway dan bangunan terminal sangat signifikan dan terlihat dibandingkan saat saya berada di sini pada akhir April lalu. Kemajuan ini tentu sangat menggembirakan,” ujarnya, Selasa (4/). 6/2024).

Menhub Budi berharap sinergi antara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan dan pekerja dapat mewujudkan komitmen bersama untuk menyelesaikan bandara IKN pada 1 Agustus 2024.

Mudah-mudahan Juli nanti kita uji coba dan siap menyambut Hari Kemerdekaan 17 Agustus nanti,” kata Menteri Perhubungan Budi.

“Kami berharap cuaca di sini selalu cerah, sehingga proyek pembangunan bandara dapat berjalan dengan baik,” lanjutnya.

Sekadar informasi, progres pekerjaan fisik Bandara IKN hingga minggu ke-25 mencakup berbagai aspek antara lain pekerjaan baja, pipa plumbing, atap, dinding dan instalasi listrik di Terminal VVIP, pekerjaan kolom, pipa plumbing dan rangka baja di Terminal.

Kemudian Gedung ATC 1.-4. Pekerjaan konstruksi lantai, pekerjaan pondasi dan instalasi plambing pada gedung Administrasi-Operasi, pekerjaan minipile dan pipa plambing pada gedung PK-PPK, serta pekerjaan konstruksi pada gedung Gardu Induk.

Aspek lainnya meliputi pekerjaan struktur pada bangunan ibadah, pekerjaan struktur pada laboratorium karantina, pekerjaan mini-pile pada bangunan power house, pekerjaan cut and fill, penggalian parit U, geotekstil, Jalan Akses Utama (uditch), Embung dan Agregat Perimeter Barat pada jalan. Penimbunan pekerjaan pondasi untuk ruang Pompa dan Gedung GWT serta DYP serta pekerjaan pondasi untuk tempat tinggal dinas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *