Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 274 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi

TRIBUNNEWS.COM – Di bawah ini adalah kunci jawaban Kelas 10 Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Halaman 274 Silabus Merdeka Edisi Revisi.

Halaman ini berasal dari Bab 6 yang berjudul “Penciptaan dan Ekspresi melalui Puisi”.

Pada halaman 274, siswa diminta mengerjakan soal tes bakat. Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 274 Kurikulum Mandiri Edisi Revisi

Tes Bakat

Bacalah puisi berikut dengan cermat untuk menjawab pertanyaan #1 dan #2! pilihlah jawaban yang benar!

Di tepi gelapnya malam, bintang bertanya, cerita apa yang ada dalam detak jantung malam ini? Mainkan seruling, hai malam yang sepi, untuk mendengarkan rahasia rahasia.

3. Pada baris kedua puisi tersebut, apa yang dimaksud dengan “detak jantung malam”!

Jawaban: Pada baris kedua puisi, “detak jantung malam” merupakan metafora yang menggambarkan suasana atau perasaan malam yang gelap dan sepi. Metafora ini menghubungkan malam dengan detak jantung yang melambangkan kehidupan, emosi atau semangat. Dengan metafora ini, penyair ingin mengatakan bahwa ada cerita di malam hari atau rahasia yang tersembunyi di dalam detak jantungnya, yang hanya bisa dikenali dari suara seruling. Metafora ini juga menimbulkan kesan atau gambaran yang indah dan mendalam.

4. Jelaskan pesan yang ingin disampaikan penyair melalui puisinya!

Jawaban: Pesan yang ingin disampaikan penyair adalah rasa ingin tahu dan keinginan untuk mengetahui apa yang terjadi pada malam hari, yang tidak dapat dilihat dengan mata. Penyair menggambarkan malam dengan metafora dan gambaran sebagai makhluk yang memiliki hati, rahasia dan suara. Penyair juga mengajak pembacanya untuk berimajinasi dan mendengar suara seruling yang dapat menjadi simbol komunikasi, musik atau keindahan. Lagu ini menciptakan suasana yang gelap, sepi dan misterius, namun juga indah dan intim.

5. Tabel berikut menunjukkan perbedaan dan persamaan puisi dan cerpen. Beri tanda centang (√) pada kolom benar atau salah untuk setiap pernyataan pada tabel.

Menjawab:

A. Baik cerpen maupun puisi mempunyai tema dan suasana yang dapat dipahami oleh pembacanya. (sama sekali)

B. Puisi mungkin mengandung rima, yaitu kesamaan bunyi di akhir baris-barisnya, sedangkan cerita pendek biasanya tidak. (sama sekali)

C. Cerita pendek merupakan suatu bentuk tulisan yang menggunakan kata-kata yang dipilih secara cermat dan cermat untuk menimbulkan suatu perasaan atau emosi tertentu. (salah)

D. Puisi dan cerita pendek terdiri atas alur, latar, dan tokoh. (salah)

E. Cerpen berbentuk prosa, yaitu suatu bentuk tulisan yang kalimat-kalimatnya disusun menjadi paragraf atau paragraf. (sama sekali)

Maaf:

Artikel ini hanya dimaksudkan untuk memandu proses belajar anak.

Sebelum melihat pemeriksaan jawabannya, siswa sebaiknya menjawab sendiri pertanyaannya terlebih dahulu dan kemudian menggunakan artikel ini untuk mengoreksi pekerjaan siswa.

(Tribunnews.com, Widya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *