Pengembangan SDM Digencarkan Industri dan Akademisi untuk Majukan Sektor Pertanian Hortikultura

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pengembangan sumber daya manusia (SDM) di berbagai bidang terus dilakukan oleh industri dan akademisi, termasuk bidang perbenihan hortikultura.

Dalam hal ini, PT East West Seed Indonesia (Ewindo) dan Sekolah Tinggi Institut Pertanian Bogor (IPB) menjalin kerjasama di bidang pendidikan untuk penyelenggaraan khusus Program Magister Pemuliaan Tanaman dan Bioteknologi (Program Magister PBT).

Direktur Penelitian dan Pengembangan PT East West Seed Indonesia Fathu Rohman mengatakan proses seleksi tanaman memegang peranan penting dalam menghasilkan benih berkualitas.

Oleh karena itu pengembangan tenaga profesi peternak menjadi relevan, ujarnya, ditulis Rabu (7/3/2024).

Menurutnya, program ini juga merupakan wujud Ewindo Academy sebagai wadah pengembangan diri pegawai yang salah satu pilarnya adalah peningkatan pendidikan.

“Kami berharap kerjasama ini dapat berkontribusi dalam pengembangan varietas tanaman terbaik untuk pada akhirnya mengembangkan pertanian dan hortikultura Indonesia,” ujarnya.

Dekan Sekolah Pascasarjana IPB Dodik Rido Nurrokhmat mengatakan program magister PBT mempunyai visi menjadi center of excelence bertaraf internasional dalam pengembangan sumber daya manusia yang mampu melakukan penelitian di bidang pemuliaan tanaman tropis dan bioteknologi.

“Kami sangat senang menandatangani kerjasama ini dan berharap program pelatihan PS Master PBT dapat menunjang para lansia dengan keterampilan profesional di era pertanian 4.0,” jelasnya.

Kerja sama tersebut meliputi penyelenggaraan program magister PBT bagi staf Litbang Ewindo tahun ajaran 2024/2025 hingga 2025/2026 untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mendukung pertanian modern dan berkelanjutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *