Proksi AS di Suriah Cemas atas Kemungkinan Rekonsiliasi Suriah dan Turki

Agen AS di Suriah Khawatir Tentang Kemungkinan Penyelesaian Antara Suriah dan Turki

TRIBUNNEWS.COM – Proksi AS di Suriah khawatir dengan kemungkinan rekonsiliasi antara Damaskus dan Ankara.

Meskipun ada ketegangan yang sudah berlangsung lama dengan Damaskus, kelompok Kurdi yang didukung AS telah mengisyaratkan kesediaan mereka untuk berkoordinasi dengan Suriah melawan Turki.

Pemerintahan Otonomi di Suriah Utara dan Timur (AANES) yang dipimpin Kurdi telah menyatakan keprihatinan tentang kemungkinan kemajuan dalam rekonsiliasi antara Damaskus dan Ankara.

“Kerusuhan baru-baru ini di Afrin, Al-Bab, Al-Rai, dan Azaz adalah akibat langsung dari kedekatan Turki dengan Damaskus, yang menginginkan Turki menarik diri dari seluruh wilayah Suriah,” Fathullah Husseini, perwakilan AANES di Kurdistan Irak utara. wilayah tersebut, kata New Arab pada 3 Juli.

Dia mengatakan pembicaraan antara Damaskus dan Ankara melemahkan komitmen Turki untuk melindungi kelompok oposisi bersenjata, yaitu kelompok Tentara Nasional Suriah (SNA) koalisi Turki.

Husseini mengatakan Pasukan Demokratik Suriah (SDF), milisi Kurdi dukungan AS yang terkait dengan AANES, “tidak memiliki rencana militer” yang menargetkan kota Afrin di timur laut Suriah dan berkomitmen pada perjanjian “pertahanan diri dan kontra terorisme.” ” dengan pendudukan ilegal pasukan AS di negara tersebut.

“Setiap perjanjian Turki-Suriah di barat laut Suriah akan berdampak negatif terhadap suku Kurdi, termasuk ANANAS dan Wilayah Kurdistan di Irak, tempat Turki meningkatkan operasi terhadap pusat-pusat Partai “operasi Kurdi (PKK),” memperingatkan Husseini.

Dia juga mengkritik terbatasnya komitmen Damaskus terhadap pembicaraan antara AANES dan pemerintah Suriah.

Ketegangan telah lama terjadi antara negara-negara Arab dan pasukan Kurdi yang didukung AS di Suriah utara.

Tahun lalu, suku-suku Arab bersatu dalam pemberontakan bersenjata melawan SDF di beberapa wilayah, termasuk Deir Ezzor di timur laut.

Beberapa bulan lalu, perwakilan AANES dan SDF melakukan kontak dengan pemerintah Suriah.

Meskipun ada ketegangan antara Damaskus dan Kurdi mengenai aspirasi kemerdekaan dan otonomi Suriah, SDF mengatakan pihaknya bersedia berkoordinasi dengan Suriah melawan pendudukan Turki.

Wakil ketua Dewan Eksekutif AANES Hassan Kocher mengatakan kepada kantor berita Hawar pada hari Rabu bahwa pemerintah otonom siap untuk melakukan pembicaraan dengan Damaskus dan untuk “membebaskan wilayah pendudukan [Turki] bersama dengan tentara Suriah.”

Dia memperingatkan bahwa Ankara mengambil keuntungan dari kedua belah pihak untuk memajukan agendanya dan bahwa Damaskus tidak boleh “terperdaya dalam penipuan ini.” “

“Pemerintah Damaskus harus tahu bahwa jika mereka membentuk aliansi dengan Turki, mereka akan kehilangan Suriah, dan jika mereka mendukung dialog atau perjanjian apa pun, kami siap.”

Dia mengatakan bahwa dialog antara Suriah dan AANES sedang berlangsung, dengan tujuan “mencapai kesepakatan dan solusi apa pun yang akan mencapai stabilitas kawasan dan negara.”

Dia menambahkan bahwa pemerintah harus “meninggalkan” gagasan bahwa AANES adalah ancaman bagi Suriah.

“Kami bukan ancaman bagi pihak mana pun dan kami bukan musuh pihak mana pun. Kami berusaha untuk mengembangkan Suriah dan menjaga kedaulatan wilayah negara. “Kami selalu mengatakan bahwa kami siap untuk membebaskan wilayah Suriah dalam kemitraan dengan tentara Suriah,” kata Kocher.

Pada tanggal 2 Juli, pemimpin SDF yang didukung AS, Mazloum Abdi, mengomentari kerusuhan terbaru di Suriah utara.

“Tidak peduli seberapa besar perbedaan kita, masalah kehormatan nasional dan kemerdekaan Suriah adalah tujuan utama yang menyatukan kita semua,” kata pemimpin SDF itu sambil “menjangkau warga Suriah” di wilayah yang dikuasai milisinya. , menganggap mereka “di antara saudara-saudaranya”.

Beberapa jam sebelumnya, Dewan Demokratik Suriah (SDC), sayap politik SDF, menyerukan dialog antara kelompok Kurdi dan kekuatan oposisi Suriah. SDC menegaskan kembali dukungannya terhadap protes anti-Turki baru-baru ini di Suriah utara.

Turki menutup penyeberangan Bab al-Hawa di perbatasan utara Suriah pada 1 Juli, di tengah bentrokan antara pasukan pendudukan Turki dan demonstran bersenjata, dan protes terhadap kehadiran Turki di Suriah utara menyusul serangan massal terhadap pengungsi Suriah di tengah-tengah Turki.

Serangan terhadap bisnis dan properti warga Suriah di kota Kayseri, Turki tengah, terjadi setelah beredar rumor bahwa seorang pengungsi Suriah telah melakukan pelecehan seksual terhadap kerabatnya yang berusia tujuh tahun.

Penyeberangan perbatasan Bab al-Salam, Al-Rai dan Jarablus juga ditutup.

Setidaknya empat warga Suriah tewas dalam bentrokan antara pengunjuk rasa dan pasukan Turki di Afrin dan Jarablus di timur laut Suriah, dan 20 lainnya terluka.

Dalam sebuah video yang beredar di media sosial, seorang pria Suriah yang marah terdengar meneriaki seorang tentara Turki, menuduh Ankara “menjual kami kepada Bashar,” yang menyiratkan bahwa protes tersebut juga terkait dengan kepuasan Suriah terhadap potensi perundingan rekonsiliasi antara kedua negara. Suriah dan Turki.

Damaskus telah berulang kali berjanji selama berbulan-bulan bahwa perundingan tidak akan dimulai kecuali Turki berjanji menarik pasukannya dari Suriah dan mengakhiri dukungan terhadap kelompok pemberontak, yang merupakan kelompok CRS.

Diperkirakan akan segera ada pembicaraan antara Suriah dan Turki di Bagdad.

SUMBER: CRADLE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *