Bangun Kebiasaan Sehat dari keluarga, Orangtua dan Anak Bisa Olahraga Bareng, Ini Manfaatnya

Laporan dari Willem Jonata dari Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Salah satu cara menjaga pola hidup sehat adalah dengan berolahraga.

Sebab rutin berolahraga dapat membantu membangun dan menjaga kesehatan tulang, otot, dan persendian.

Selain itu, membantu menjaga indeks massa tubuh yang sehat dan mengurangi risiko diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung di kemudian hari. 

Dan alangkah baiknya bagi Anda untuk menari sejak usia muda. Peran orang tua sangat penting dalam membentuk kebiasaan tersebut.

Menurut American Academy of Pediatrics, orang dewasa harus melakukan aktivitas fisik intensitas sedang setidaknya 150 menit per minggu.

Sementara itu, anak usia 6 hingga 17 tahun sebaiknya melakukan aktivitas fisik sedang hingga berat selama 60 menit setiap hari.

Jadi berolahraga bersama sebagai sebuah keluarga dapat membantu anak-anak dan orang tua memenuhi target aktivitas harian yang direkomendasikan. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk menghabiskan waktu bersama, baik itu pergi ke gym, berenang, bersepeda, fitnes, atau aktivitas menyenangkan lainnya.

Ada beberapa manfaat senam keluarga.

1. Mempererat ikatan antara orang tua dan anak

Penelitian menunjukkan bahwa menghabiskan waktu berkualitas bersama sebagai sebuah keluarga dapat meningkatkan hubungan orang tua-anak dan meningkatkan rasa memiliki, mendukung komunikasi, dan meningkatkan keterampilan sosial.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Health Promotion menunjukkan bahwa interaksi sehari-hari yang bermakna berkontribusi pada banyak hasil positif, termasuk perasaan kesepian, hubungan dan kehidupan keluarga yang lebih baik, serta kesehatan fisik dan mental.

2. Ciptakan kebiasaan sehat

Menjadikan aktivitas fisik sebagai prioritas keluarga sejak usia dini memberikan landasan yang kuat bagi kehidupan, menurut American Academy of Pediatrics.

Aktivitas fisik yang teratur dapat mencegah masalah kesehatan seperti obesitas, penyakit jantung, dan diabetes, sekaligus meningkatkan indeks massa tubuh (BMI) yang sehat, otot dan tulang yang kuat, serta umur yang lebih panjang.

Kondisi yang sudah ada sebelumnya seperti obesitas, penyakit jantung, dan diabetes juga dapat membuat seseorang berisiko lebih besar terkena komplikasi serius dari penyakit lain, seperti COVID-19.

3. Waktu tanpa layar gadget

Antara sekolah dan pekerjaan virtual, keluarga menghabiskan lebih banyak waktu di depan perangkat atau layar TV.

Terlalu banyak waktu menatap layar tidak hanya buruk bagi penglihatan Anda, tetapi juga dapat berdampak negatif terhadap kesehatan fisik dan mental Anda akibat menonton TV dan perangkat lainnya.

Hal ini juga dapat mengganggu tidur teratur. Lihatlah daftar aktivitas tanpa layar untuk seluruh keluarga yang juga meningkatkan kebugaran.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Olahraga teratur merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan jantung keluarga Anda.

Tetap aktif membantu mencegah penyakit jantung, penyebab utama kematian di Amerika Serikat, dan membantu menurunkan tekanan darah serta mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Sebaiknya perhatikan kesehatan jantung jika ada riwayat penyakit jantung dalam keluarga.

Kini pusat kebugaran keluarga mulai bermunculan. Salah satunya adalah RockStar Academy yang baru saja membuka akademi terbesarnya di Plaza Gajah Mada, Jakarta dan dikenal dengan nama Pusat Latihan Nasional (RockOlympic Training Center).

Sebelumnya, pusat kebugaran dirancang untuk anak-anak. Namun, sekarang terbuka untuk orang dewasa, sehingga seluruh keluarga bisa berlatih bersama.

Inisiatif inovatif ini dirancang untuk mempromosikan pengalaman keluarga yang lengkap di mana orang tua dapat terlibat dalam berbagai olahraga dan aktivitas bersama anak-anak mereka.

Ada banyak peluang olahraga. Terdapat lapangan basket standar NBA, futsal, kolam renang sedalam 5 meter dan pemandangan kota.

Ditambah lagi, studio senam ukuran olimpiade, delapan lapangan tenis/pickball, ruang kelas prasekolah dan taman kanak-kanak, studio serbaguna dan masih banyak lagi.

“Kami memiliki kelas gratis sehingga anak-anak dapat bermain dengan orang tuanya. Tujuannya adalah untuk mendorong partisipasi keluarga, menginspirasi gaya hidup sehat dan memperkuat ikatan melalui pengalaman olahraga bersama,” kata Chebotar Elena, Group Activity & Marketing Manager RockStar Academy.

Orang tua dan anak-anak dapat menikmati aktivitas seperti tenis, bola acar, pingpong bersama-sama.

“Kami memahami bahwa orang tua juga mempunyai ketertarikan atau ketertarikan ketika melihat anaknya melakukan suatu kegiatan, sehingga ingin segera merasakannya. Kami berpikir mengapa tidak melibatkan orang tua dalam kegiatan ini juga. Jadi ketika mereka menjemput anak-anak mereka, mereka dapat melakukan: program yang sama atau program lain,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *