Pembicaraan HAM antara EU dan Vietnam Banjir Kecaman

Uni Eropa mendapat kecaman karena terus mengadakan pembicaraan mengenai hak asasi manusia dengan beberapa pemerintah otoriter di Asia Tenggara.

Beberapa kelompok hak asasi manusia pekan ini meminta Brussel untuk mengakhiri pembicaraan normal dengan pemerintah komunis Vietnam.

Pejabat Komisi Eropa dan Parlemen Eropa mengatakan kepada DW bahwa mereka prihatin dengan memburuknya hak asasi manusia di Vietnam dan percaya bahwa perundingan formal adalah cara penting untuk memperbaiki situasi.

Uni Eropa dan Vietnam telah membahas isu-isu hak asasi manusia sejak tahun 1990an dan telah mengadakan setidaknya 20 sesi dialog hak asasi manusia formal sejak tahun 2002. Putaran terakhir perundingan hak asasi manusia dimulai pada 4 Juli di Brussels.

Ayo daftar untuk buletin mingguan Wednesday Beat gratis kami. Tingkatkan pengetahuan tengah minggu Anda untuk membuat topik percakapan lebih menarik!

Selama periode ini dikatakan bahwa “Vietnam belum mencapai kemajuan apa pun dalam isu-isu yang diangkat oleh para pejabat Vietnam”, dan sejak Perjanjian Perdagangan Bebas UE-Vietnam (EUFTA) mulai berlaku pada tahun 2020, tindakan keras di Vietnam semakin intensif.

Menurut data yang dikumpulkan oleh kelompok hak asasi manusia 88Project, saat ini terdapat 192 aktivis di Vietnam, dan 400 lainnya berisiko dipenjara. Haruskah dialog hak asasi manusia antara UE dan Vietnam diakhiri?

Mengingat memburuknya hak asasi manusia dalam beberapa tahun terakhir, Human Rights Watch bulan ini mendesak UE “untuk tidak mengulangi dialog yang tidak efektif mengenai hak asasi manusia dan menciptakan ilusi tentang pelanggaran hak asasi manusia di Vietnam.”

Direktur Proyek 88 Ben Swanton mengatakan kepada DW bahwa kebijakan resmi mempertanyakan tujuan mengadakan pembicaraan hak asasi manusia dengan pemerintah yang melanggar hak asasi manusia. Menurutnya, hal itu sama sekali tidak ada hubungannya.

Sebaliknya, Swanton mengatakan Brussel harus segera mengupayakan pencabutan Directive 24, sebuah dokumen yang menyerukan tindakan keras yang lebih besar terhadap kelompok masyarakat sipil dibandingkan Politbiro Partai Komunis Vietnam. Dia juga meminta UE untuk memberikan sanksi kepada Hanoi daripada mengakhiri pelanggaran hak asasi manusia melalui pembicaraan eksekutif.

Selain itu, Human Rights Watch meminta Brussel untuk mengancam akan menangguhkan Perjanjian Kemitraan dan Kerjasama UE-Vietnam (PCA) dan EVFTA, dengan alasan pentingnya “penghormatan terhadap prinsip-prinsip demokrasi dan hak asasi manusia” dalam Pasal 1 SAA. elemen kontrak. Ekonomi mengalahkan nilai-nilai hak asasi manusia

Sumber yang berbicara kepada DW tidak menentang komitmen Uni Eropa terhadap hak asasi manusia dan tidak percaya bahwa Brussels menggunakan negosiasi hak asasi manusia untuk mempengaruhi negara-negara otoriter.

Brussels mengancam janji Hanoi untuk meningkatkan hak-hak pekerja dan memberikan lebih banyak kebebasan kepada aktivis lingkungan hidup sebagai bagian dari EUFTA, kata sumber DW.

Salah satu syarat perjanjian tersebut adalah mengizinkan Hanoi untuk mengoperasikan serikat pekerja independen. Pemerintah juga berjanji awal tahun ini untuk meratifikasi Konvensi 87 Organisasi Perburuhan Internasional PBB, yang menyerukan pembentukan organisasi buruh independen.

Seperti yang dilaporkan DW awal tahun ini, Undang-Undang Ketenagakerjaan Vietnam, yang mulai berlaku pada Januari 2021, mengizinkan adanya “organisasi buruh independen”, tetapi pekerjaan mereka lebih terbatas dibandingkan dengan serikat pekerja.

Selain itu, menurut dokumen Petunjuk 24 yang bocor, pemerintah Vietnam bertujuan untuk melenyapkan “kekuatan yang bermusuhan dan reaksioner” yang mencoba “membubarkan” negara tersebut.

Sebagai bagian dari EUFTA, Hanoi diharapkan mendukung pembentukan kelompok penasihat domestik (DAG), di mana perwakilan bisnis Vietnam dan kelompok masyarakat sipil dapat secara terbuka mendiskusikan implementasi perjanjian perdagangan tersebut, khususnya bagian perdagangan dan pembangunan berkelanjutan.

Namun, pihak berwenang Vietnam melarang banyak aktivis dari kelompok penasihat internal dan menangkap beberapa anggota senior jaringan VNGO-EVFTA, tujuh organisasi masyarakat sipil Vietnam yang melobi DAG mengenai isu-isu pembangunan dan lingkungan hidup.

Dalam sebuah wawancara dengan DV, Isabel Santos, anggota Dewan Hak Asasi Manusia Parlemen Eropa, mengatakan dalam sebuah wawancara dengan DV bahwa Vietnam menentang ratifikasi EUFTA karena “pelanggaran hak asasi manusia yang terus-menerus” dan “kurangnya kejelasan mengenai hal ini.” tanda-tanda bahwa segala sesuatunya sedang berubah.” sekitar.” Pembicaraan UE-Vietnam akan terus berlanjut

Setiap perwakilan UE sepakat bahwa hak asasi manusia di Vietnam belum membaik.

“Kami mempunyai keprihatinan yang sama dengan masyarakat sipil mengenai situasi hak asasi manusia di Vietnam,” kata juru bicara Komisi Eropa kepada DV.

Terlepas dari kekhawatiran tersebut, juru bicara UE mengatakan: “Kami yakin UE harus terus berhubungan dengan pihak berwenang di negara ini dan di lapangan.”

Udo Bulmann, ketua Komite Hak Asasi Manusia Parlemen Eropa, melontarkan kritik serupa terhadap situasi di Vietnam.

“Kami melihat adanya peningkatan dalam hubungan ekonomi dengan Vietnam. Namun sayangnya, yang terjadi justru sebaliknya jika menyangkut hak asasi manusia. “Yang mengkritik pemerintah ditangkap, hak-hak pekerja diabaikan dan tidak ada serikat pekerja yang independen,” katanya. DV.

“Perjanjian perdagangan bebas dengan Vietnam diratifikasi dengan harapan bahwa situasi hak asasi manusia akan membaik. Kami kecewa hal ini tidak terjadi.

“Negosiasi hak asasi manusia tetap menjadi alat utama” dalam kebijakan luar negeri UE, katanya, namun “kita perlu memastikan bahwa hal ini memberikan hasil yang nyata dan kita tidak boleh puas hanya dengan negosiasi saja.” (ae/sel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *