Dua BUMN Kolaborasi Dorong Peternak Sapi Lokal Genjot Produksi Susu Dalam Negeri

TRIBUNNEWS.COM, CIMAHI – Permintaan susu dalam negeri diperkirakan akan meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk dan kesadaran gizi masyarakat. Sementara persentase produksi susu dalam negeri untuk konsumsi susu nasional hanya 30 persen.

Potensi tersebut mendorong baik BUMN, PNM maupun Antam untuk melaksanakan program bersama untuk meningkatkan produktivitas dan populasi sapi perah di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Salah satunya diwujudkan melalui Program Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) yang memberikan peningkatan kapasitas.

Program tersebut meliputi pelatihan untuk meningkatkan kualitas unit usaha dan menjaga kualitas produksi susu serta pengolahan produk olahannya. ANTAM berkolaborasi dengan PNM berhasil meningkatkan kualitas mitranya.

Melalui cabang Cimahi, PNM merupakan pihak yang memberikan pelatihan peningkatan kapasitas kepada Cipeusing Mandiri dan Sugih Mukti, mitra PT Antam di Cimahi Utara.

CEO PNM Sunar Basuki menyambut baik kerjasama tersebut dan menyatakan kesediaan PNM untuk memberikan pelatihan kepada para pelaku UMK untuk memberikan nilai tambah dan meningkatkan pengetahuan mereka mengenai bisnis susu sehingga dapat membantu menjamin produksi susu dalam negeri. Negara.

“Kualitas produk dan kapasitas peternak lokal harus terus ditingkatkan guna meningkatkan konsumsi susu dalam negeri sehingga kedepannya peternak lokal dapat berperan lebih besar dan memenuhi kebutuhan para peternak,” jelas Sunar. jelas Sunar, Selasa (06/08/2024).

Antam juga mendorong mitranya untuk tetap produktif dan meningkatkan potensi usahanya. Penyelenggara acara pelatihan ini dilengkapi dengan sarana prasarana untuk kebutuhan para peternak sapi perah yang didukungnya.

Di sisi lain, Dinas Peternakan Negeri Aryani Vidyawati Bandung Barat memuji kerja sama antara PNM dan Antam. Pihaknya dihadiri dengan penyuluhan tata cara beternak sapi perah yang baik dan sehat, serta pengendalian mutu susu untuk diadopsi di industri susu.

Artikel tersebut dimuat di WartaKotalive.com dengan judul “Sinergi PNM dan ANTAM Dorong Peternak Sapi Lokal Tingkatkan Pasokan Susu Lokal”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *