Dion Wiyoko Ditunjuk Jadi Duta Kampanye “Generasi Bersih Sehat”

Laporan reporter Tribunnews.com Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Aktor Dion Wiyoko ditunjuk menjadi duta kampanye Generasi Sehat Sehat.

Ia menghimbau para orang tua di Indonesia untuk terus menerapkan upaya B3ST (pakaian bersih, tangan bersih, badan bersih, serta kesehatan dan perlindungan).

“Kepada para orang tua Indonesia, mohon terus semangat untuk melakukan langkah-langkah B3ST, pakaian bersih, tangan bersih dan badan bersih, tetap sehat dan terlindungi sehingga tercipta generasi yang bersih dan sehat,” ujarnya di Soklin dan Wings for Unicef. kegiatan di Gunawarman, Jakarta Selatan, pada Kamis (13/06/2024).

Ia mengaku senang dipercaya mendidik anak dan orang tua di Aceh, Sulawesi Selatan, dan daerah lainnya. 

“Dalam mengumumkan kampanye ini saya tidak sendirian, saya didampingi oleh tiga orang teman yaitu Soni, Novi dan Hepi yang mengajak masyarakat untuk mempraktekkan langkah-langkah B3ST dimanapun berada, terutama dengan pakaian yang bersih dan lingkungan yang terlindungi dengan baik. SoKlin,” kata Dion.

Program “Generasi Sehat Bersih” mendukung kecukupan layanan air, sanitasi, dan higiene (WASH) di sekolah sebagai upaya Indonesia Emas 2045.

Berdasarkan data Profil Sanitasi Sekolah Tahun 2022 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Kemendikbudristek), 71 persen fasilitas pendidikan di Indonesia melayani 27 juta anak, dan hanya 28 persen yang mendapat layanan cuci dasar.

Pakar Unicef ​​​​Indonesia Muhammad Zainal mengatakan sanitasi sekolah merupakan langkah awal dalam menciptakan lingkungan belajar yang sehat dan aman serta erat kaitannya dengan kesehatan anak. 

“Terbukti perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah menurunkan angka ketidakhadiran hingga 50 persen. Oleh karena itu, peralatan dan layanan kebersihan sekolah harus memenuhi standar sarana teknis, bersih, memberikan privasi bagi siswa dan didukung dengan PHBS di sekolah,” kata Zainal.

Manajer Pemasaran SoKlin Joanna Elizabeth Samuel mengatakan, pihaknya menunjukkan pentingnya memulai dengan bersih. 

“Karena dengan bersih-bersih, anak-anak bisa mencapai segala keinginannya dan menjadi generasi yang bersih dan sehat, generasi pemenang yang bisa maju tanpa batas,” kata Joanna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *