Prabowo Temui Presiden Ukraina Zelenskyy Bahas Kerja Sama hingga Situasi Gaza

Laporan reporter Tribunnews.com Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, SINGAPURA – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyi di sela-sela rangkaian talkshow IISS Shangri-La Dialogue 2024 di Singapura pada Sabtu (06/01/2024).

Pertemuan antara Prabowo dan Zelenskyy membahas berbagai isu, termasuk kerja sama pertahanan dan situasi warga Palestina di Gaza.

Kementerian Pertahanan mengatakan tujuan pertemuan antara Prabowo dan Zelensky adalah untuk memperkuat kerja sama pertahanan dan mengatasi masalah internasional yang mendesak.

Saya mengucapkan selamat yang sebesar-besarnya kepada Presiden Ukraina yang telah mengambil inisiatif pada pertemuan hari ini, khususnya terkait pembahasan masalah pertahanan, kata Prabowo dalam keterangan resmi Kementerian Pertahanan, Minggu, 2 Juni 2024.

Kedua belah pihak menekankan pentingnya menjaga perdamaian dan keamanan internasional di tengah banyaknya konflik dan ancaman teroris, di tengah tantangan keamanan global dan regional.

Selain itu, kedua negara juga sepakat bahwa masalah tersebut harus diselesaikan melalui dialog damai dan upaya diplomasi.

Masalah kemanusiaan, khususnya situasi di Gaza, juga menjadi agenda.

Kementerian Pertahanan mengatakan baik Indonesia maupun Ukraina memprioritaskan bantuan kemanusiaan yang mendesak dan memastikan akses terhadap penduduk yang tinggal di zona konflik.

Setelah itu, kedua negara juga membuka peluang kerja sama melalui transfer teknologi di bidang industri pertahanan, yang menunjukkan keterbukaan untuk memperluas kerja sama antara Indonesia dan Ukraina.

Di akhir pertemuan, Prabowo juga menyatakan akan memperkuat komitmen Indonesia dalam membangun hubungan pertahanan yang kuat dan saling menguntungkan dengan Ukraina.

Temui Menteri Pertahanan AS dan Perdana Menteri Singapura

Prabowo dan Lloyd J. Austin III. Menteri Pertahanan AS juga bertemu pada IISS Shangri-La Dialogue 2024 di Singapura pada Sabtu (06/01/2024).

Kementerian Pertahanan Nasional mengatakan pertemuan itu diadakan untuk mendorong kerja sama jangka panjang kedua negara dan membahas masalah-masalah yang menjadi kepentingan bersama.

Prabowo juga mengapresiasi dukungan AS terhadap modernisasi alutsista Indonesia agar sesuai dengan kekuatan TNI.

Kedua negara menyadari pentingnya kerja sama bilateral di bidang modernisasi pertahanan, dalam pengembangan kemampuan untuk memerangi berbagai ancaman secara efektif.

Saya mengapresiasi dukungan Amerika Serikat dalam melakukan modernisasi alutsista Indonesia. Hal ini penting untuk memenuhi kekuatan utama TNI, kata Prabowo.

Di hari yang sama, Prabowo bertemu dengan Perdana Menteri Singapura, H.E. Lawrence Wong, di Istana, Singapura usai menghadiri resepsi pembukaan Dialog IISS Shangri-La edisi ke-21 di Singapura.

Kementerian Pertahanan Nasional mengumumkan bahwa pertemuan tersebut diadakan dalam rangka memperkuat kerja sama pertahanan kedua negara.

Prabowo mengucapkan terima kasih kepada Lawrence Wong atas sambutan hangat dan keramahtamahannya pada Dialog Shangri-La 2024.

Ia juga mendapat kehormatan untuk berpidato di forum tersebut guna mendorong dialog regional guna mengatasi tantangan keamanan dan membangun kepercayaan antar negara di kawasan Asia-Pasifik.

Ia juga menyatakan komitmennya untuk memperkuat hubungan bilateral dengan Singapura.

“Indonesia berkomitmen untuk memperkuat hubungan bilateral dengan Singapura. Kementerian Pertahanan RI siap memperkuat kerja sama pertahanan, terutama setelah berlakunya Perjanjian Kerja Sama Pertahanan (DCA), termasuk program pelatihan bersama, keamanan maritim, dan pertukaran pendidikan.” ujar Prabowo. .

Dialog Shangri-La 2024 sebelumnya dibuka oleh Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr pada Jumat (31/05/2024).

Saat itu, Marcos Jr berbicara tentang perdamaian, ketenangan dan keamanan masyarakat internasional yang mendukung supremasi hukum dan memungkinkan pembangunan semua negara.

Menteri Pertahanan Belanda Kajsa Ollongren, Menteri Pertahanan Swedia Pal Jonson dan Wakil Perdana Menteri/Menteri Pertahanan Australia juga berpartisipasi dalam upacara pembukaan. Richard Marles dan Menteri Pertahanan Nasional Kanada. Bill Blair, PC. Ayo, anggota parlemen. dan Menteri Pertahanan AS. Lloyd J.Austin III.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *