Presiden Jerman Mohon Pengampunan di Peringatan Pemberontakan Warsawa

Pada Rabu (31 Juli), Presiden Frank-Walter Steinmeier dari Jerman Bertemu dengan banyak orang yang selamat dari Pemberontakan Warsawa tahun 1944 dan berbicara pada upacara peringatan di Warsawa.

Perlawanan gerakan bawah tanah Polandia terhadap pengusiran penjajah Nazi dari Warsawa dimulai pada tanggal 1 Agustus 1944 dan berlangsung selama 63 hari sebelum ditumpas secara brutal oleh tentara Jerman.

“Pemberontakan Warsawa adalah salah satu babak paling berdarah dalam sejarah panjang yang dihadapi kedua negara kita, Polandia dan Jerman. Dan ini adalah salah satu babak paling berani dalam sejarah Polandia,” kata Steinmeier.

Steinmeier adalah presiden Jerman kedua setelah Roman Herzog yang diundang untuk berbicara pada upacara peringatan bersejarah di Polandia pada tahun 1994. Steinmeier diundang oleh Presiden Polandia Andrzej Duda dan Walikota Warsawa Rafal Trzaskowski.

Presiden Jerman berbicara langsung. “Terutama para veteran. Pahlawan Pemberontakan Warsawa yang duduk di depanku,” mengatakan bahwa tidak ada kata-kata Itu bisa menggambarkan kengerian yang terjadi di Warsawa selama dua bulan perlawanan.

“Saya ingin mengatakan satu kalimat saja. Tapi satu kalimat yang datang dari hati dan sangat serius. Saya mohon maaf di sini dan saat ini,” katanya.

“Kalian orang Polandia. Jangan pernah lupakan Pemberontakan Warsawa. dan tidak akan pernah melupakannya dan kami orang Jerman yang saya mendapat kehormatan untuk menyampaikannya kepada Anda hari ini. Kita juga tidak boleh melupakannya,” lanjut Steinmeier.

Presiden Jerman juga mengakui bahwa rekonsiliasi Jerman-Polandia merupakan proses yang sulit bagi kedua belah pihak. Khusus untuk Polandia

“Saya senang bahwa kami, orang Jerman dan Polandia, adalah tetangga yang baik. Ini merupakan perjalanan yang panjang dan tidak pernah mudah bagi kedua belah pihak. Mengingat semua yang telah kita lalui Ini hampir merupakan keajaiban,” katanya.

Steinmeier juga berharap demikian Berkat pemerintahan yang relatif baru di Polandia yang dipimpin oleh Perdana Menteri Donald Tusk, akan ada kemajuan dalam topik kontroversial reparasi atau reparasi dari Jerman.

Setelah bertahun-tahun dikuasai oleh partai nasionalis PiS, Jerman dan Polandia menghadapi masalah reparasi. Polandia menuntut agar kompensasi finansial dibayarkan langsung kepada pemerintah Polandia. Sementara itu, pemerintah Jerman menegaskan permasalahan tersebut telah diselesaikan secara hukum dalam perjanjian sebelumnya.

Selama kunjungannya baru-baru ini ke Jerman Donald Tusk Kedua pemerintah mempresentasikan rencana untuk membangun rumah Jerman-Polandia di Berlin. dan sebuah forum untuk memperingati penderitaan dan pengorbanan Polandia dalam Perang Dunia II sebagai bagian dari tatanan sejarah.

“Ada banyak upaya lain, termasuk yang selamat dari pendudukan Jerman. Kedua pemerintah kami bekerja sama erat dalam masalah ini,” kata Steinmeier.

Presiden Jerman juga menyebut pertempuran di Ukraina sebagai perbandingan sejarah: “Saat ini, tidak ada seorang pun di Eropa yang berperang dengan berani dan heroik seperti rakyat Ukraina. Mereka berjuang untuk kebebasan dan kemerdekaan. Mereka memerangi penjajah yang brutal. Kami, Polandia dan Jerman berdiri dalam solidaritas dengan rakyat Ukraina. dan akan terus melakukannya,” kata Steinmeier.

Frank-Walter Steinmeier akan tetap berada di Polandia pada hari Kamis. Acara ini menandai peringatan pecahnya Pemberontakan Warsawa 80 tahun lalu dan akan menampilkan diskusi dengan Presiden Polandia Andrzej Duda.

Ac/hp (dpa, afp, kna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *