Nasib Benjamin Netanyahu di Ujung Tanduk, Puluhan Ribu Warga Israel Unjuk Rasa Tuntut Pemilu Darurat

Reporter Tribunnews.com Namira Yunia melaporkan

TRIBUNNEWS.

Protes mingguan pertama diadakan di Jalan Kaplan di Tel Aviv, sebuah kota besar yang dibangun di atas reruntuhan Jaffa, tetapi puluhan ribu orang segera turun ke jalan untuk memprotes pemerintah setiap minggunya.

Tidak hanya di Tel Aviv, menurut Times of Israel, pengunjuk rasa juga berdemonstrasi di lingkungan Rehovot untuk menuntut Knesset mengadakan pemilihan umum dini.

Sambil meneriakkan slogan-slogan menentang pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, masyarakat dan keluarga tahanan di Gaza mengibarkan bendera Israel dan menyerukan pemilihan umum dini untuk menggantikan Netanyahu.

Langkah tersebut dilakukan sebagai protes terhadap apa yang dianggap Netanyahu dan pemerintah sayap kanan sebagai kegagalan memenuhi tanggung jawab mereka karena gagal mencapai kesepakatan dengan Hamas dan mengamankan pembebasan 121 tersangka di Gaza, termasuk jenazah 37 tentara yang tewas .

“Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, kami telah melihat bagaimana Anda melanggar perjanjian berkali-kali di masa-masa sulit. Jangan berani-berani Anda mematahkan hati kami lagi,” kata seorang pengunjuk rasa.

Serangkaian alasan ini telah membuat marah ribuan pengunjuk rasa, yang menyerukan pemilihan umum dini untuk segera menggulingkan Netanyahu sebagai perdana menteri.

Sayangnya, protes hari Sabtu berakhir dengan banyak pengunjuk rasa terluka akibat tembakan polisi. Popularitas Netanyahu di Israel sedang menurun

Sejak protes dimulai, jajak pendapat yang dilakukan oleh Channel 12 Israel menunjukkan bahwa sebagian besar warga Israel memandang kinerja Netanyahu, Menteri Keuangan Bezalel Smotrich, dan Menteri Keamanan Yoav Gallant lemah selama perang.

Karena itu, popularitas Netanyahu di Israel mulai menurun.

Dalam jajak pendapat yang dilakukan majalah Maariv pada 18-19 Oktober, Benjamin Netanyahu kalah kompetitif dibandingkan mantan menteri pertahanan Benny Gantz.

“Netanyahu akan meninggalkan kekuasaan. Begitu pula dengan perwira senior militer, intelijen, dan GSS (badan intelijen). Karena mereka gagal.” Surat kabar harian Israel Hayom.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *