Daftar Tim Lolos Semifinal Euro 2024: Spanyol Kalah Tradisi, Jerman Hapus Rapor Merah 36 Tahun Silam

TRIBUNNEWS.COM – Usai babak penyisihan 4 laga terakhir antara Spanyol dan Jerman, terungkap daftar tim yang lolos ke babak semifinal Euro 2024. Timnas Jerman berpotensi menjadi tim pertama yang lolos ke babak semifinal -final Euro 2024.

Laga super akbar perempat final Euro 2024 antara Spanyol kontra Jerman berlangsung pada Jumat (7/5/2024) pukul 23.00 WIB di MHPArena.

Baik La Furia Roja maupun Der Panzer memiliki peluang yang sama untuk melaju ke babak selanjutnya. 

Pasalnya, tim Spanyol yang dilatih Luis de la Fuente itu kurang memiliki catatan bagus saat menghadapi tim yang berstatus tuan rumah turnamen besar empat tahunan tersebut. Bek Spanyol no. 03 Robin Le Normand mengoper bola melewati bek Georgia no. 04 Guram Kashia dan kiper no. 25 Giorgi Mamardashvili saat pertandingan sepak bola babak 16 besar UEFA Euro 2024 antara Spanyol dan Georgia di Stadion Cologne di Cologne pada 30 Juni 2024. (Foto oleh Alberto PIZZOLI / AFP) (AFP/ALBERTO PIZZOLI )

Dirangkum dari laman Sportsmole, ada lagi rekor buruk yang diciptakan Spanyol di Euro. The Red Fury tidak pernah menang melawan tim tuan rumah dan gagal mencetak gol.

Spanyol hanya bermain imbang 0-0 melawan Italia di Euro 1980. Laga berlangsung di babak penyisihan grup dan Spanyol finis di posisi terbawah.

Empat tahun kemudian, Spanyol mencapai final melawan tuan rumah Prancis. Spanyol kalah 0-2.

Spanyol bermain melawan Jerman Barat di babak penyisihan grup Euro 1988. Spanyol kalah 2-0 dan kembali absen di babak sistem gugur.

Pada Euro 1996, Spanyol menjamu Inggris. Spanyol kalah adu penalti setelah 0-0 di perpanjangan waktu.

Terakhir kali Spanyol berhadapan dengan tuan rumah adalah pada Piala Eropa 2004. Spanyol kalah 0-1 dari Portugal di babak penyisihan grup dan gagal melaju ke babak gugur.

Nah, Spanyol memenangkan Kejuaraan Eropa tiga kali. Dia memenangkan satu saat dia menjadi tuan rumah dan dua lainnya saat dia tidak bertemu tuan rumah.

Kondisi ini juga sangat luar biasa bagi Spanyol. Jika berhasil, Cemal Musiala dkk.

Di sisi lain, meski Jerman diuntungkan dengan statistik Spanyol yang kecil. Meski demikian, tim besutan Julian Nagelsmann juga harus berhati-hati.

Meski begitu, Timnas Jerman diketahui punya tantangan setiap kali menghadapi Spanyol di turnamen penting seperti Piala Eropa.

Dari segi rekor head-to-head, Timnas Jerman unggul tipis atas Spanyol dalam rekor head-to-head.

Spanyol dan Jerman bertemu 26 kali. Hasilnya, Jerman menang 9 kali, imbang 9 kali, dan kalah 8 kali.

Namun jika berbicara di turnamen besar, baik Piala Dunia maupun Euro, Der Panzer belum pernah mengalahkan Spanyol selama 36 tahun.

Terakhir kali Spanyol tumbang di kaki Der Panzer adalah pada babak semifinal Piala Eropa pada tahun 1988.

Praktis sejak itu, Jerman selalu kalah setiap menghadapi Spanyol di turnamen resmi. Der Panzer kalah dari Spanyol di semifinal Piala Dunia 2010 dan final Euro 2008. 

Jerman juga kalah 6-0 dari La Fúria Roja di Nations League empat tahun lalu.  Kalender perempat final Euro 2024

Jumat, 5 Juli 2024

23.00 WIB – Spanyol vs Jerman

Sabtu, 6 Juli 2024

02.00 WIB – Portugal vs Prancis 23.00 WIB – Inggris vs Swiss

Minggu, 7 Juli 2024

02.00 WIB – Belanda vs Turki

(Tribunnews.com/Giri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *