Peretasan PDNS Jadi Momentum Penting Bagi Indonesia untuk Berbenah, Beradaptasi dan Berinovasi

Laporan reporter Tribunnews.com Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Juru Bicara Jaringan ’98 Ricky Tamba mengatakan peretasan Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) merupakan momen penting bagi Indonesia untuk berbenah, beradaptasi, dan berinovasi.

Ia menilai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi sudah berada pada jalur yang tepat dengan berbagai program kementerian tingkat lanjut serta kerja sama dengan berbagai negara besar dan perusahaan digital global seperti Google, Microsoft, X (Twitter) dan lain sebagainya. .

Ricky juga mengatakan, sepanjang tahun ini, Budi Arie Setiadi berhasil memberikan semangat dan angin segar tidak hanya kepada para pelaku usaha digital, tetapi juga membuka ruang kreativitas generasi muda serta Usaha Kecil Menengah dan Mikro (UMKM).

“Pasti ada dinamika pro dan kontra, apalagi pasca peretasan PDNS yang pondasinya sudah dibangun di masa menteri sebelumnya. Nah rupanya sekarang harus ‘cuci piring dan bersih-bersih banyak’,” kata Ricky kepada wartawan, Selasa (7/2/2024).

Terkait kebijakan pemberantasan perjudian online (judol) dan pinjaman online (pinjol) ilegal, Network ’98 menilai perintah Presiden Joko Widodo melalui Menteri Komunikasi dan Informatika sangat strategis.

Sebab perjudian online dan pinjol ilegal dengan daya rusaknya dapat melemahkan ketahanan dan kedaulatan bangsa.

Bahkan menurut data resmi, jutaan orang terjebak dalam perputaran uang hingga ratusan triliun rupee, akibat iming-iming mendapatkan uang dari jalan pintas.

“Perang modern bukan hanya perang finansial dan cyber, tetapi juga perang kulit kayu, dimana kekuatan asing mempengaruhi pemikiran dan mentalitas suatu bangsa, sehingga mereka dapat dengan mudah ditundukkan dan didominasi.”

“Diduga perjudian online dan pinjol ilegal juga ikut menjadi bagiannya. Karena jika generasi muda sudah kecanduan, menjadi malas dan mudah mengambil jalan pintas hingga tidak produktif, maka bangsa Indonesia akan lebih mudah mengaturnya,” Ricky ditambahkan.

Ia pun berharap Budi Arie terus bekerja keras membangun ekosistem digital Indonesia yang semakin andal sebagai bagian dari mewujudkan kedaulatan dan kemajuan bangsa.

Cara-cara yang komprehensif, kreatif dan inovatif harus diterapkan agar mampu merangsang seluruh potensi khususnya di kalangan generasi muda.

“Dialog dan literasi digital harus semakin digencarkan, dan juga harus menyambut banyak generasi muda yang cerdas di bidang digital dan teknologi, yang sering disebut bajak laut cracker, agar menjadi bagian dari kekuatan digital yang tangguh,” pungkas Ricky. .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *