Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid Sebut 70 Persen Program Kerja Utama dalam Munas VIII Terselesaikan

Laporan jurnalis Tribunnews.com Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) semakin menonjolkan posisinya sebagai induk organisasi dunia usaha, sekaligus mitra pemerintah dalam pembangunan ekonomi.

Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan, lebih dari 70 persen program kerja pokok yang dirumuskan pada Munas VIII tahun 2021 telah selesai.

Hasil evaluasi tahun pertama menunjukkan program Rapimnas tahun 2021 sudah terpenuhi lebih dari 50 persen.

“Tahun 2022 angkanya meningkat menjadi lebih dari 65 persen, dan dalam waktu setengah tahun pada tahun 2023, implementasinya mencapai lebih dari 70 persen,” kata Arsjad dalam keterangannya, Selasa (16 Juli 2024).

Arsjad Rasjid menambahkan, Kadin Indonesia merupakan satu-satunya organisasi induk di dunia industri dan niaga, serta mitra strategis pemerintah yang pembentukannya berdasarkan Undang-Undang (UU), yakni Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2019. 1987 tentang Kamar Dagang.

Kedudukan tersebut diperkuat dengan Keputusan Presiden Nomor 18 Tahun 2022 tentang Perubahan Anggaran Dasar dan Anggaran Dasar (AD/ART) Kadin Indonesia, kata Ketua Umum Kadin Indonesia periode tersebut. 2021-2026.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Yukki Nugrahawan Hanafi Koordinator Organisasi, Hukum dan Komunikasi mengatakan tahun 2021 penuh tantangan bagi Indonesia akibat pandemi Covid-19.

“Kadin Indonesia juga mendukung penguatan perekonomian melalui berbagai inisiatif, antara lain membantu pelaksanaan vaksin gotong royong yang telah berhasil mencapai lebih dari 4,2 juta dosis, dan pendirian Rumah Oksigen, produk antara pertama. . fasilitas kesehatan permanen di Indonesia,” kata Yukki.

Pada tahun 2022, Kadin akan memperkuat organisasi internalnya melalui penyempurnaan AD/ART yang secara resmi mengukuhkan posisi Kadin sebagai satu-satunya payung dunia usaha di Indonesia yang telah disahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo dalam bentuk Perpres 18/2022.

“Penguatan organisasi Kadın juga membawa semangat baru untuk terus berkontribusi terhadap pembangunan perekonomian nasional.

“Beberapa langkah konkrit telah dilakukan, antara lain gerakan kemitraan UMKM untuk meningkatkan dan meluncurkan Wiki Kewirausahaan untuk meningkatkan jumlah wirausaha dan pelaku UMKM,” ujarnya.

Melalui program ini, lebih dari 600 UMKM telah mendapatkan pelatihan peningkatan kapasitas dan lebih dari 200 UMKM telah mendapatkan pelatihan ekspor bersertifikat.

“Kadin Indonesia juga turut serta dalam World Economic Forum 2022 yang diadakan di Davos, Swiss, serta mengikuti ajang B20 yang berhasil mendatangkan 69 delegasi dari negara-negara; dan lebih dari 3.000 pemimpin dunia usaha,” kata Wakil Ketua KADIN Indonesia, Koordinator Umum Bidang Maritim, Investasi dan Urusan Eksternal, Shinta W. Kamdani.

Selain itu, pada tahun 2023, Kadin Indonesia meluncurkan buku Peta Jalan Emas Indonesia 2045 dan menyerahkannya langsung kepada Presiden Joko Widodo di Ibu Kota Negara (IKN).

Wakil Ketua Umum Koordinator Umum Peningkatan Kualitas Manusia, Ristek, dan Teknologi Carmelita Hartoto mengatakan Kadin juga sedang menyiapkan white paper yang berisi saran dan masukan dari pengusaha, investor, dan akademisi.

“Menjawab isu-isu strategis yang menjadi tantangan perekonomian Indonesia. Kadin berharap white paper ini dapat memperkuat pembangunan dan program pemerintah tahun 2024-2029,” ujarnya.

Ke depan, Kadin Indonesia akan terus memperkuat posisinya sebagai organisasi bisnis yang inklusif dan kolaboratif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *