Universitas Internasional Jepang Ajak Pengusaha Indonesia Ikut Program Master dan Doktor di Jepang

Laporan Richard Susilo dari Tribunnews.com dari Jepang

TRIBUNNEWS.

“Kami punya berbagai beasiswa, dan kalau siswanya pintar, mereka bisa mendapat dana 100 persen dari kami,” kata Akira Kimura, Direktur Jenderal organisasi internasional itu, siang tadi (17/7/2024).

Sebelumnya, pada 11 Juli, Japan International University yang berkantor pusat di Prefektur Niigata memberikan kesempatan pelatihan bagi anggota Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) dan pejabat pemerintah Indonesia.

Sejak dibuka pada tahun 1982, universitas ini memiliki jumlah mahasiswa asing asal Indonesia terbanyak.

“Lulusan magister dan doktoral IUJ saat ini berjumlah 622 orang yang berkewarganegaraan Indonesia dan mahasiswa Indonesia di IUJ saat ini berjumlah 12 orang,” lanjutnya.

Sekitar 130 orang dari instansi pemerintah menghadiri pertemuan dengan perempuan tersebut, dimana pejabat dari Japan International University memberikan informasi tentang universitas tersebut dan alumni Indonesia menjelaskan apa yang terjadi pada pertemuan tersebut melalui Zoom.

Japan International University adalah sekolah pascasarjana dengan dua divisi: Sekolah Pascasarjana Hubungan Internasional dan Sekolah Manajemen Internasional. Untuk pelajar internasional, semua mata kuliah kecuali mata kuliah bahasa Jepang diajarkan dalam bahasa Inggris.

Per Mei 2024, terdapat 374 mahasiswa internasional. Sebanyak 5.193 siswa dari 143 negara dan wilayah telah menyelesaikan program ini sejak awal. Pada tahun 1983 hingga 2023, terdapat 622 lulusan Indonesia yang berasal dari pegawai negeri sipil dan calon eksekutif di perusahaan milik negara. Negara ini mempunyai jumlah pelajar asing dan pelajar internasional lainnya tertinggi kedua setelah Jepang dengan 1,662 pelajar.

Saat ini jumlah mahasiswa asal Indonesia hanya terbatas pada pencari kerja dan eksekutif perusahaan Indonesia, namun Akira Kimura mengaku ingin melihat para eksekutif perusahaan Jepang yang berbisnis di Indonesia berasal dari Jepang yang memiliki ijazah, khususnya lulusan IUJ. para ahli. jembatan untuk dua negara.

Japan International University Foundation didirikan pada 17 Maret 1976. Rapat umum pertama Universitas Internasional Jepang diadakan. Perwakilan International University of Japan pada saat itu adalah sebagai berikut:

– Tadashi Sasaki, Presiden, Asosiasi Bisnis Jepang – Toshio Doko, Presiden, Asosiasi Bisnis Jepang – Sohei Nakayama, Konsultan, Industrial Bank of Japan, Ltd. – Shigeo Nagano, Presiden, Kamar Dagang dan Industri Jepang – Tatsuzo Mizukami, Ketua, Dewan Perdagangan Luar Negeri Jepang, Inc.

Pada tanggal 16 Maret 1979, Piagam Yayasan Universitas Internasional Jepang diterbitkan.

16 Januari 1982 Piagam Yayasan Universitas Internasional Jepang disetujui. Universitas Internasional Jepang dan Sekolah Hubungan Internasional didirikan. Pada hari itu, Kementerian Pendidikan mengakui dan mengesahkan IUJ dan GSIR sebagai universitas swasta Jepang di bawah yurisdiksinya.

Pada tanggal 1 April 1982, Sekolah Pascasarjana Hubungan Internasional diresmikan.

Pada tanggal 1 April 1983, mahasiswa Pascasarjana Internasional diterima.

Pada tahun 1985, Pusat Hubungan Jepang-AS dan Pusat Studi Timur Tengah dibuka

Pada tanggal 23 Maret 1988, Sekolah Pascasarjana Manajemen Internasional didirikan dengan persetujuan penuh dan izin dari Kementerian Pendidikan Jepang.

Pada tanggal 1 April 1988, Sekolah Pascasarjana Manajemen Internasional diluncurkan.

Pada tanggal 1 Juni 1988, Perpustakaan dan Pusat Informasi Matsushita didirikan.

Pada tanggal 1 Agustus 1988, Institut Studi Manajemen Internasional didirikan.

1 September 1988 Mahasiswa Pascasarjana Manajemen Internasional diterima.

Pada tanggal 1 April 1991, Institut Studi Pembangunan Asia dan Jaringan Internasional didirikan.

Pada tanggal 1 September 1995, Sekolah Pascasarjana Hubungan Internasional menyusun kurikulumnya menjadi dua program; Program Hubungan Internasional dan Program Pembangunan Internasional.

Pada tanggal 1 April 1997, Institut Hubungan Jepang-Amerika, Institut Studi Timur Tengah, Institut Manajemen Internasional, dan Institut Studi Pembangunan Asia bergabung. (Lembaga Penelitian IUJ didirikan.)

1 September 2001 Siswa pertama diterima di Sekolah Pascasarjana Internasional Manajemen E-Bisnis (Program Magister Satu Tahun).

1 September 2005 Program Studi Perdamaian Internasional (IPSP) Sekolah Pascasarjana Hubungan Internasional dimulai.

1 September 2009 Program Studi Administrasi Publik dan Kebijakan Publik (PMPP) Sekolah Pascasarjana Hubungan Internasional dimulai.

1 September 2010 Program Studi Perdamaian Internasional (IPSP) Sekolah Pascasarjana Hubungan Internasional bergabung dengan Program Hubungan Internasional (IRP).

Pada tanggal 31 Januari 2013, IUJ menandatangani perjanjian dengan Meiji Univ. Tentang Kamar Dagang

1 September 2013 Program MBA satu tahun International School of Management dimulai.

Pada tanggal 30 Oktober 2014, pendirian program PhD Sekolah Pascasarjana Hubungan Internasional telah disetujui.

Pada tanggal 1 September 2015, mahasiswa pertama program PhD Sekolah Pascasarjana Hubungan Internasional diterima.

September 2018 Japan Development Program (JDP) di School of International Affairs (GSIR) dan Graduate School of International Management dimulai.

Sementara itu, jika berminat untuk berpameran di Tokyo, silakan kirim pesan gratis ke grup WhatsApp UKM Hands and Japan Lovers Loapon Lovers: [email protected] Subject: WAG Japan Lovers. Masukkan nama, alamat dan nomor WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *