392 Atlet Mahasiswa Indonesia Ikuti ASEAN University Games 2024 di Jawa Timur

TRIBUNNEWS.COM – Tahun ini Indonesia kembali dijadwalkan menjadi tuan rumah ASEAN University Games (AUG) 2024, sebuah pesta olahraga antar universitas ASEAN yang digelar pada 25 Juni hingga 6 Juli 2024 di Surabaya dan Malang, Jawa Timur. Sebanyak 392 atlet pelajar Indonesia dari 140 universitas se-Indonesia berpartisipasi pada Agustus 2024.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Suharti, berpesan kepada para pelajar-atlet Tanah Air yang ikut serta pada Agustus 2024 nanti, agar sebagai satu kesatuan Indonesia tidak hanya membawa nama baik universitas dan kampung halaman. daerah, namun juga mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

“Saya tahu jalan menuju ASEAN University Games tidaklah mudah. ​​Banyak dari kalian yang telah mengorbankan waktu, tenaga, bahkan mungkin momen-momen penting dalam hidup kalian untuk berlatih dan mempersiapkan diri,” kata Suharti, Selasa (25/6).

Sekjen Suharti pun menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya atas dedikasi dan komitmen para atlet pelajar Indonesia.

“Ingat, kerja keras dan kedisiplinan kalian adalah investasi masa depan yang baik, tidak hanya di bidang olahraga tapi juga kehidupan kalian secara umum,” ujarnya.

Selain itu, Suharti menyampaikan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada para pelatih dan lembaga yang mendukung dan membina atlet pelajar Indonesia selama masa persiapan.

“Tanpa bimbingan, dukungan, dan kesabaran kalian, mustahil kami bisa mengirimkan skuad yang paling siap bertanding. Saya yakin dengan motivasi tinggi dan kerja keras yang kalian berikan, kami akan meraih hasil yang luar biasa,” tandasnya. .Suharti. . .

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Pusat Prestasi Nasional Maria Veronica Irene Herdjiono mengatakan pemusatan latihan atlet telah dilaksanakan di daerahnya hampir sebulan terakhir.

“Pimpinan masing-masing universitas dan cabang olah raga memberikan fasilitas dan pembinaan yang terbaik agar para atlet dapat tampil maksimal. Fokus utama pemusatan latihan ini meliputi peningkatan kemampuan teknik dan taktik serta pemahaman nilai-nilai sportivitas. dan etika olahraga,” kata Irene.

Agustus 2024 akan mempertandingkan 21 cabang olahraga antara lain futsal, petanque, voli, tenis, renang, sport climbing, basket 3×3, judo, handball, wushu, bridge, catur, atletik, basket, badminton, menembak, voli pantai, sepak takraw, taekwondo. Pencak silat dan karate.

Sementara itu, Suhardi, Pelatih Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indonesia yang merupakan salah satu pengurus kesatuan Indonesia berharap para atlet dapat menunjukkan prestasi terbaiknya sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. “Kami berharap harapan kami dapat dipenuhi oleh para atlet yang dibekali dengan kemampuan yang diperlukan untuk meraih medali sebanyak-banyaknya dan tampil maksimal,” kata Suhardi.

Di sisi lain, salah satu atlet pelajar basket 3×3 Dewa Ayo Madi Sriartha mengatakan persiapan yang dilakukan pelatih sangat baik.

“Dari segi taktik dan strategi, tim sudah matang, jadi para pemain tinggal menerapkan apa yang diberikan pelatih dalam permainan. Kami siap berjuang,” kata mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *