Perkuat Infrastruktur Sanitasi, Pilar: 2.400 Tangki Septik sudah Dibangun di Tangsel

Reporter Tribunnews.com Eric Senaga melaporkan 

TRIBUNNEWS.COM, TANGSEL – Pemerintah Kota Tangsel (Tangsel) melalui Dinas Cipta Karya dan Perencanaan Daerah berhasil membangun 2.400 tangki septik untuk masyarakat pada periode 2023-2024.

Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Achsan menginformasikan langsung kepada masyarakat pada Rabu (31/1/19) terkait pembangunan septic tank di Pondok Keb Alir dan Pondok Keb Udik, Kecamatan Pamulang, Tangsel, Buntin. 7/2024).

“Program septic tank ini sebenarnya sudah dijalankan dari tahun lalu hingga tahun ini, sudah dibangun 2.400 unit septic tank swasta. Hari ini, kami meresmikan 18 unit septic tank sebagai bagian dari program wajib perbaikan sanitasi ini,” kata Pilar.

Peeler menjelaskan, pembangunan septic tank merupakan bagian dari upaya mewujudkan kota sehat.

Selain pembangunan infrastruktur jalan, penerangan jalan umum (PJU), dan drainase, Pilar menekankan pentingnya pembangunan septic tank sebagai langkah menjaga kesehatan lingkungan dan permukiman. 

“Kita membangun desa kita, pemukiman kita, rumah kita, mungkin selain jalan, penerangan jalan umum (PJU) atau membangun drainase, kita tidak lupa membangun septic tank,” imbuhnya.

Pilar juga mengucapkan terima kasih kepada para kader yang membantu mencari dan menemukan warga yang rumahnya tidak memiliki septic tank pribadi. 

Menurutnya, septic tank swasta sangat bermanfaat dalam mencegah penyakit akibat pembuangan limbah rumah tangga ke saluran air atau selokan.

“Apa kelebihan septic tank pribadi ini? Iya, tadi kata penerima, sampah rumah tangganya tentu tidak langsung dibuang ke saluran.

Jika dibuang ke saluran pembuangan akan menimbulkan penyakit. Siapa yang terkena penyakit ini? Keluarga yang terkena dampak termasuk dan mungkin ada di sekitar. “Nah, penyakit bisa menular di lingkungan kita dan gejala lainnya adalah rumah kita tidak sehat, tidak bersih,” jelasnya.

Meski demikian, Pilar mengingatkan warga yang mendapatkan septic tank agar tetap menjaga dan membersihkannya secara rutin agar tetap dapat berfungsi.

“Saya kembalikan kepada penerima bagaimana sebenarnya septic tank itu digunakan untuk merawatnya agar septic tank bisa berfungsi,” ujarnya.

Dengan adanya program pembangunan septic tank ini diharapkan masyarakat Tangsel menjadi lebih sehat dan kota menjadi lebih maju, cerdas dan modern. Tidak ada lagi sampah rumah tangga yang dibuang ke sungai atau selokan, sehingga lingkungan menjadi lebih bersih dan sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *