Netanyahu Dilepas dengan Aksi Demo Warga Israel di Tel Aviv Disambut dengan Rencana Demo Besar di AS

Netanyahu Dibebaskan dalam Protes Warga Israel di Tel Aviv Menyambut Baik Rencana Demonstrasi Besar-besaran di AS

TRIBUNNEWS.COMM- Benjamin Netanyahu terus menghadapi tekanan baik dari warga domestik Israel maupun warga internasional.

Saat dia hendak pergi, ribuan warga Israel berdemonstrasi menentang kepergiannya dari Amerika Serikat sebelum situasi penyanderaan berakhir.

Selama di Amerika, ribuan aktivis berencana mengepungnya saat berkunjung ke gedung Capitol.

Sebelum meninggalkan Tel Aviv pada hari Sabtu, ribuan demonstran berkumpul pada Sabtu malam untuk menuntut Netanyahu menandatangani perjanjian penyanderaan menjelang kunjungannya ke AS.

Saat Netanyahu bersiap terbang ke Washington untuk berpidato di Kongres, Forum Keluarga, sebuah kelompok anti-pemerintah, menuntut agar dia tetap tinggal untuk menyelesaikan kesepakatan; Protes juga direncanakan di bandara.

Ribuan warga Israel berunjuk rasa di Tel Aviv dan tempat lain di negara itu pada Sabtu malam, mendesak Perdana Menteri Benjamin Netanyahu untuk tidak terbang ke Amerika Serikat karena kesepakatan penyanderaan sudah dekat.

Netanyahu berangkat ke Washington pada Minggu malam, di mana ia akan berpidato di sidang gabungan Kongres AS pada hari Rabu.

Perdana Menteri juga akan bertemu dengan Presiden AS Joe Biden, meskipun nasib pertemuan tersebut tidak jelas karena Biden sedang menjalani isolasi di rumahnya di Delaware setelah didiagnosis mengidap COVID-19.

Forum untuk Sandera dan Keluarga Hilang meluncurkan kampanye yang menuntut agar Netanyahu tetap berada di Israel untuk melanjutkan negosiasi dengan Hamas mengenai gencatan senjata di Gaza dan pembebasan para sandera.

Pada Jumat malam, anggota forum mengadakan makan malam Sabat tradisional di luar Rumah Perdana Menteri di Kaisarea.

“Jika Anda menerima kesepakatan tersebut, ini bisa menjadi hari Sabtu terakhir mereka ditahan,” tulis Forum X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

“Amerika bisa menunggu – 120 sandera tidak bisa,” tulis forum tersebut dalam sebuah postingan yang mengumumkan unjuk rasa Sabtu malam di Lapangan Penyanderaan Tel Aviv. “Buatlah kesepakatan dulu, baru beritahu!”

Di antara mereka yang berbicara pada rapat umum hari Sabtu adalah sandera Meirav Tal yang dibebaskan; Aviram Shaul, saudara laki-laki Oron Shaul, yang tewas dalam perang Gaza tahun 2014 dan jenazahnya masih disimpan; Nadav Rudaef, putra Lior Rudaef; dan Izhar Lifshitz, putra Yocheved Lifshitz, seorang tawanan yang dibebaskan, dan Oded Lifshitz, ditahan oleh Hamas.

Mantan Duta Besar AS untuk Israel Tom Nides juga akan memberikan pidato pada rapat umum tersebut.

Perundingan gencatan senjata penyanderaan telah memicu optimisme yang meningkat dalam beberapa hari terakhir. Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken mengatakan pada hari Jumat bahwa “kita berada dalam jarak 10 yard” dari kesepakatan.

Peserta unjuk rasa anti-pemerintah yang menuntut pemilu baru juga berpartisipasi dalam kampanye penyanderaan keluarga.

“Yang lebih penting daripada berbicara dengan Kongres dalam perjalanan ini adalah mencapai kesepakatan yang akan memulangkan sandera kami,” tulis Brothers in Arms, kelompok protes cadangan X.

“Turun ke jalan! Kuat! Kami punya satu misi: membawa mereka pulang,” tulis kelompok itu. Selain demonstrasi mingguan di Jalan Kaplan Tel Aviv dan di depan kediaman Netanyahu di Yerusalem, kelompok tersebut mengatakan akan mengadakan demonstrasi Minggu malam di Bandara Ben Gurion untuk memprotes kepergian perdana menteri.

Sebuah unjuk rasa kecil mendahului unjuk rasa Sabtu malam di Jalan Kaplan

Kelompok anti-pemerintah Israel yang bersatu pada awal tahun 2023 untuk memprotes perombakan peradilan yang dilakukan pemerintah telah mengadakan demonstrasi mingguan bersamaan dengan unjuk rasa di Hostage Square mengenai perang yang sedang berlangsung.

Negosiasi gagal mencapai kesepakatan yang ditengahi oleh Mesir, Qatar dan Amerika Serikat untuk membebaskan para sandera setelah gencatan senjata selama seminggu pada bulan November, ketika Hamas membebaskan 105 sandera dengan imbalan 240 tahanan Palestina.

Putaran perundingan saat ini didasarkan pada proposal Israel yang diumumkan Biden dalam pidatonya pada tanggal 31 Mei.

Di tengah optimisme baru seputar perundingan tersebut, Netanyahu dituduh menggagalkan kesepakatan dengan tuntutan pada menit-menit terakhir untuk mempertahankan kendali Israel atas Koridor Philadelphia, yang memisahkan Jalur Gaza dari Mesir.

Media berbahasa Ibrani melaporkan pada hari Jumat bahwa Menteri Pertahanan Yoav Galant sedang mempertimbangkan untuk menyatakan kesepakatan itu “dapat dicapai” untuk meningkatkan tekanan pada Netanyahu agar menerimanya. Namun, mitra koalisi sayap kanan perdana menteri mengancam akan membubarkan pemerintah jika kesepakatan tersebut tetap dilaksanakan.

Pada tanggal 7 Oktober, diperkirakan 116 sandera masih berada di Gaza – tidak semuanya hidup – setelah 105 warga sipil dibebaskan dari tawanan Hamas selama gencatan senjata selama seminggu pada akhir November, dan empat sandera dibebaskan sebelumnya.

Para prajurit menyelamatkan tujuh sandera hidup-hidup dan juga menemukan 19 mayat sandera, termasuk tiga orang yang secara keliru dibunuh oleh tentara Israel. IDF mengkonfirmasi kematian 42 sandera, mengutip informasi intelijen baru dan temuan dari pasukan yang beroperasi di Gaza. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (kanan) bersama istrinya Sara Netanyahu (kiri) saat wawancara media sebelum menaiki pesawat di Washington, Senin (22/7/2024). (X/@netanyahu) Gedung Capitol Hill dalam pengamanan yang ditingkatkan

Gedung Capitol sedang dipersiapkan untuk pidato Netanyahu

Penutupan dan peningkatan keamanan diperkirakan terjadi saat para aktivis bersiap untuk melakukan protes.

Sebagian besar kampus Capitol akan ditutup untuk umum pada hari Rabu karena ribuan orang diperkirakan akan turun ke Capitol Hill untuk memprotes kunjungan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Pusat Pengunjung Capitol dan Perpustakaan Kongres akan ditutup untuk wisatawan, dan Kebun Raya AS akan ditutup karena pecinta tanaman menikmati bunga bangkai yang ikonik. Polisi Capitol AS sedang mempersiapkan demonstrasi besar-besaran.

“Untuk alasan keamanan, kami tidak pernah memberikan rincian keamanan spesifik, namun secara umum, kami dapat mengatakan bahwa rencana kami mencakup petugas tambahan – termasuk beberapa dari lembaga luar – berbagi intelijen yang kuat dengan mitra kami dan memastikan kami memiliki sumber daya yang cukup untuk tim kami – kata perwakilan Polisi Capitol.

Departemen tersebut telah “beroperasi di tengah ancaman yang meningkat selama beberapa bulan” dan bekerja sama dengan “mitra federal, negara bagian, dan lokal” menjelang kunjungan Netanyahu, kata juru bicara tersebut. Netanyahu dipanggil oleh pimpinan Kongres dan Senat pada bulan Mei, yang membuat khawatir banyak aktivis dan Demokrat progresif.

Menurut Kementerian Kesehatan Gaza, militer Israel membunuh 40.000 warga Palestina.

Konflik tersebut telah menuai kecaman internasional, memecah belah Partai Demokrat dan memicu serangkaian protes di dalam dan sekitar Capitol sejak Oktober lalu, yang puncaknya dapat terjadi pada kemunculan Netanyahu pada hari Rabu.

Pada Selasa malam, anggota Forum Sandera dan Keluarga Hilang dan keluarga sandera Israel akan berkumpul di dekat Capitol untuk meminta Netanyahu membawa pulang orang yang mereka cintai.

Pada Rabu pagi, Gereja-Gereja untuk Perdamaian Timur Tengah, sebuah koalisi denominasi dan organisasi keagamaan, akan mengadakan acara doa di dekat Capitol.

Sore harinya, beberapa kelompok mengumumkan rencana untuk memprotes pidato Netanyahu, yang dijadwalkan pada pukul 14.00.

CODEPINK, sebuah kelompok yang secara permanen hadir di gedung perkantoran Capitol sejak dimulainya perang, mengatakan bahwa mereka akan bergabung dengan kelompok lain untuk “mengepung” Capitol dan mengeluarkan pemberitahuan “penangkapan warga atas kejahatan terhadap kemanusiaan yang dilakukan Benjamin Netanyahu.”

“Kunjungan Netanyahu ke Kongres dan Amerika Serikat menegaskan apa yang telah kita ketahui: Amerika Serikat secara finansial dan moral mendukung pembantaian warga Palestina yang sedang berlangsung di Gaza,” kata Nour Jagama, Koordinator Kampanye Palestina CODEPINK, dalam sebuah pernyataan.

Staf penyelenggara kongres untuk Gencatan Senjata Sekarang, sebuah kelompok bawah tanah yang terdiri dari para pembantu DPR, membenarkan bahwa kelompok tersebut “akan mengadakan demonstrasi minggu ini untuk memprotes tindakan humas Netanyahu di kongres.”

Para anggota parlemen dari Partai Demokrat bungkam mengenai rencana pasti mereka pada hari Rabu, meskipun ada pembicaraan tentang boikot, program tandingan, dan demonstrasi dari dalam majelis. Beberapa mengatakan mereka tidak akan menghadiri pidato tersebut, termasuk Senator Demokrat Patty Murray dari Washington dan Brian Schatz dari Hawaii serta Senator independen. Bernie Sanders dari Vermont.

“Netanyahu tidak boleh mendapat tepuk tangan dari Kongres Amerika Serikat. Sebaliknya, kebijakannya di Gaza dan Tepi Barat serta penolakannya untuk mendukung solusi dua negara harus dikecam sekeras-kerasnya,” kata Sanders dalam sebuah pernyataan.

Reputasi. Maxwell Frost dari Florida, anggota kaukus kongres progresif yang menyerukan gencatan senjata, mengatakan gencatan senjata “mungkin tidak akan hilang begitu saja” tetapi tidak yakin berapa banyak anggota DPR dari Partai Demokrat yang akan memboikot gencatan senjata tersebut.

Lebih dari 50 anggota Partai Demokrat memilih untuk tidak menghadiri konvensi Netanyahu terakhir pada tahun 2015. Menugaskan seorang sersan tambahan

Sementara itu, Ketua DPR Mike Johnson mengeluarkan ancaman mengerikan terhadap anggota DPR yang mengganggu pidato Netanyahu.

“Ada beberapa anggota Partai Demokrat di DPR yang mengatakan mereka akan memboikot acara tersebut. Dan banyak lainnya akan keberatan,” kata juru bicara tersebut pada sebuah acara yang diselenggarakan oleh Koalisi Yahudi Partai Republik selama Konvensi Nasional Partai Republik pekan lalu. “Kami akan menempatkan sersan tambahan di gedung pengadilan. Jika ada yang bertindak di luar kendali… kami akan menangkap orang jika perlu.”

Kantornya menolak berkomentar pada hari Senin ketika ditanya apakah dia mendukung pernyataan itu.

Dalam surat dari Rekan-rekan yang Terhormat yang dirilis pada hari Jumat, Sersan Mayor DPR William P. Melalui McFarland dan diperoleh Roll Call, mengatakan penegak hukum mengharapkan “aktivitas demonstrasi yang signifikan sepanjang hari” dan Arsitek Capitol akan membangun pagar anti-skala “mirip dengan itu.” Mengenai banding baru-baru ini.”

Departemen Kepolisian Metropolitan telah mengumumkan pembatasan parkir di dekat kampus Capitol mulai jam 5 pagi. sampai jam 6 sore. Rabu dan mengatakan masyarakat harus bersiap menghadapi “penutupan jalan yang sewaktu-waktu dan kemacetan lalu lintas.” Akan terjadi kekacauan nyata di Capitol Hill

Pidato Netanyahu di depan Kongres terjadi pada saat yang sulit dalam politik Amerika.

Sudah lebih dari seminggu sejak seorang pria bersenjata berusaha membunuh calon presiden dari Partai Republik Donald Trump pada rapat umum di Pennsylvania.

Dan Presiden Joe Biden, calon calon dari Partai Demokrat, mengundurkan diri dari pencalonan pada hari Minggu setelah berminggu-minggu tekanan yang meningkat.

Seorang asisten senior Partai Republik, yang berbicara tanpa menyebut nama karena dia tidak berwenang untuk berbicara kepada pers, mengatakan akan ada “kekacauan nyata” di Capitol Hill tetapi yakin bahwa Polisi Capitol dan Sersan. Kampus Capitol.”

“Namun, saya merasa ironis bahwa sebagian besar kekhawatiran keamanan datang dari staf Partai Demokrat setelah atasan mereka memberikan suara mendukung rancangan undang-undang yang akan mendanai USCP dan SAA,” kata ajudan tersebut, merujuk pada undang-undang yang akan membatalkan badan-badan tersebut. Bertanggung jawab atas keamanan Kongres. Rancangan undang-undang untuk membelanjakan tahun fiskal legislatif telah disetujui parlemen awal bulan ini.

Kombinasi kejadian-kejadian menjelang kunjungan Netanyahu kembali memburuk.

“Banyak pegawai yang masih bekerja di rumah yang ada di sini pada 6 Januari,” kata salah satu pegawai Partai Demokrat, mengingat adanya serangan massa pada tahun 2021 yang bertujuan untuk menghalangi kemenangan Biden dalam pemilihan presiden.

“Setiap hari yang meningkatkan keamanan lingkungan, baik itu kedatangan presiden atau pejabat asing lainnya, selalu ada rasa aman.

Meskipun dia telah mendengar laporan tentang kantor yang meminta karyawannya untuk bekerja jarak jauh pada hari pidatonya, dia mengatakan dia tidak mengetahui ada kantor yang secara resmi mengajukan permintaan tersebut.

“Khusus mengenai masalah Israel/Palestina, ada lebih banyak alasan bagi karyawan untuk mempertimbangkan keselamatan mereka sendiri, terutama karena kelompok luar datang ke Capitol dan melecehkan karyawan dan anggota saat mereka melintasi gedung,” katanya.

Perwakilan Gerald E. Connol, Demokrat dari Virginia, tidak mengkonfirmasi apakah pidato Netanyahu terdengar di ruang sidang. Ketika ditanya tentang keselamatan, dia prihatin dengan keselamatan karyawan dan anggota parlemen.

“Saya selalu peduli dengan keamanan,” kata Connol, yang kantor distriknya diserang oleh pemilik kelelawar tahun lalu.

“Tentu saja, setelah mendengar ini, kita semua perlu menjaga keamanan,” kata anggota parlemen Partai Demokrat Florida Jared Moscow pada hari Senin, ketika dia keluar dari ruang sidang di Rayburn House.

Di dalam, anggota Komite Pengawasan dan Akuntabilitas DPR diberi ucapan selamat oleh Direktur Dinas Rahasia Kimberly A. Chitles atas keamanan di rapat umum di Pennsylvania, yang berujung pada upaya pembunuhan terhadap Trump.

“Saya pikir Kepolisian Capitol dan semua orang sekarang memiliki keamanan yang lebih baik berdasarkan kegagalan minggu lalu,” kata Moskow. Tekanan meningkat seiring berakhirnya Perang Gaza

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengunjungi Amerika Serikat pada pekan ini untuk mengakhiri perang di Jalur Gaza, baik dari Israel maupun Amerika Serikat.

Bagaimana pergolakan politik di Washington akan mempengaruhi perjalanan dan hubungan di masa depan?

Netanyahu akan bertemu dengan Joe Biden – jika presiden telah pulih dari Covid -19 – dan memberikan pidato di sesi gabungan kongres, satu-satunya pemimpin asing yang melakukan hal tersebut untuk keempat kalinya.

Perjalanan ini memungkinkan dia untuk memulihkan hubungan dengan Washington setelah strategi perangnya yang keras, dan kesempatan untuk meyakinkan Israel bahwa dia tidak merusak hubungan mereka dengan sekutu terpenting mereka.

Namun, hal tersebut dibayangi oleh keputusan Presiden Biden untuk tidak mencalonkan diri kembali, yang menggarisbawahi ketidakpastian politik mengenai mitra Israel berikutnya di Gedung Putih dan mungkin membayangi kunjungan Netanyahu.

Perdana Menteri memiliki banyak perhatian yang tidak diinginkan pada Israel sebelum naik pesawat.

Ritme aksi protes diminta untuk tetap berada di rumah dan fokus pada gencatan senjata di Hama untuk membebaskan sandera Israel.

“Sampai dia menandatangani kontrak, saya tidak mengerti bagaimana dia akan terbang melintasi Samudera Atlantik untuk menyelesaikan kekacauan politik Amerika,” kata Lee Sigal, anggota keluarga demonstran. Adik perempuannya, Kitty, yang berusia 65 tahun, adalah seorang tahanan di Gaza.

Dia menambahkan bahwa perjalanan ini adalah langkah politik, jika Netanyahu tidak berhenti menghadapi “hambatan” dan tidak menandatangani perjanjian gencatan senjata.

Tindakan Netanyahu mencerminkan anggapan luas bahwa Netanyahu memperlambat proses karena alasan politiknya sendiri, sehingga membuat marah para perundingnya ketika ia hanya memperkenalkan syarat-syarat baru dalam perundingan yang tampaknya mengalami kemajuan.

Perdana Menteri dituduh mendapat tekanan dari dua menteri sayap kanan yang mengancam akan menggulingkan pemerintah jika dia membuat konsesi di Hama.

Pandangan ini memperkuat kekecewaan terhadap Gedung Putih yang mengumumkan formula baru perundingan dan menyatakan optimisme kesepakatan dapat dicapai.

Presiden Joe Biden tetap menjadi salah satu presiden yang paling pro-Israel, duduk di kantor berbentuk oval, memproklamirkan diri sebagai Zionis dan pujian atas dukungan dan simpatinya terhadap Israel, diperkuat dengan terbang ke Israel beberapa hari setelah serangan Hamas pada 7 Oktober.

Namun sejak itu, ia mulai memikirkan tuntutan Netanyahu untuk “kemenangan total” melawan Hamas di Gaza.

Pemerintah frustrasi dengan Perdana Menteri Israel karena dia menolak keputusan pasca perang yang mencakup pembentukan negara Palestina.

Mereka membencinya karena menolak seruan tersebut, berbuat lebih banyak untuk melindungi warga sipil Palestina, dan meningkatkan bantuan kepada mereka.

Ketika jumlah orang yang terbunuh di Gaza meningkat, mereka mendapat reaksi keras dari dalam negeri. Dan mereka khawatir konflik tersebut akan menyebar ke wilayah tersebut juga.

Ketika kepemimpinan Joe Biden melemah dibandingkan kemampuannya, para analis mengatakan dia mungkin memiliki lebih sedikit ruang untuk terus menekan Perdana Menteri Israel.

Namun, keputusan Biden untuk mundur dari pemilu sebenarnya bisa memperkuat posisinya, kata Ehud Barrack, mantan Perdana Menteri Israel dan kritikus Netanyahu.

“Dia tidak cacat dalam hal kebijakan luar negeri, sampai batas tertentu dia lebih independen (karena) dia tidak boleh mempengaruhi pemilih,” kata Barak kepada BBC.

Terkait dengan Israel, dia mungkin lebih bebas melakukan apa yang sebenarnya dilakukan.

Ehud Barack yakin Kongres diundang oleh Netanyahu, dan mengatakan bahwa banyak warga Israel yang menyalahkan dia karena tidak memenuhi kebijakan, yang memungkinkan serangan Hamas dilakukan dan tiga dari empat orang ingin mengundurkan diri,” ujarnya.

“Dia telah kehilangan kepercayaan masyarakat Israel… dan hal ini mengirimkan sinyal yang salah kepada bangsa Israel;

Terlepas dari kebijakan tersebut, Netanyahu berpendapat bahwa tekanan militer harus terus berlanjut, karena tekanan militer telah melemahkan Hamas secara signifikan setelah serangkaian serangan terhadap kepemimpinan militernya.

Sebelum meninggalkan Israel, dia mengindikasikan hal itu akan menjadi nada pertemuannya dengan Presiden Biden.

“Ini juga merupakan kesempatan untuk mempertimbangkan cara mencapai tujuan yang penting bagi negara kita dalam beberapa bulan mendatang,” katanya, “untuk membebaskan semua tawanan kita, untuk mengalahkan Hamas, untuk menghadapi Iran di rumah mereka di utara dan selatan. .

Ia diperkirakan akan memberikan pesan serupa kepada Kongres, “untuk memperkuat Israel dengan dukungan bipartisan yang penting.”

Faktanya, kebijakan Netanyahu telah memecah dukungan kedua partai. Partai Republik mendukungnya, namun Partai Demokrat melontarkan kritik.

Chuck Sumer, pemimpin mayoritas Demokrat di Senat, baru-baru ini menyebabkan gempa kecil di Washington ketika dia berdiri di ruang duduk dan mengatakan bahwa Netanyahu adalah salah satu penghalang menuju Palestina.

“Saya berharap Perdana Menteri memahami kekhawatiran banyak anggota kongres dan menanggapinya,” kata mantan duta besar AS untuk Israel Thomas Nide kepada BBC pada akhir pekan.

Dia berbicara di salah satu demonstrasi yang menuntut pembebasan para sandera.

Hal ini termasuk “membahas isu-isu kemanusiaan dan menyatakan bahwa perjuangan ini bukan melawan rakyat Palestina tetapi melawan Hama.”

Ini adalah pesan yang akan diulangi oleh Kamala Harris jika dia menjadi calon presiden yang demokratis. Kebijakan AS tidak akan berubah: kesetiaan keamanan Israel terhadap konflik di Sektor Gaza dan rencana hari berikutnya, yang akan melibatkan perdamaian regional di negara-negara Arab.

Namun mungkin ada perbedaan nada.

Kamala Harris tidak memiliki sejarah dan hubungan emosional yang panjang dengan Israel seperti Joe Biden.

Pernyataan ini berasal dari generasi lain dan “mungkin lebih sesuai dengan sentimen elemen muda Partai Demokrat,” kata Mick Malroio, mantan asisten wakil Menteri Pertahanan di Timur Tengah.

“Ini adalah posisi yang mungkin mencakup pembatasan senjata dan amunisi Amerika Serikat di Gaza,” katanya.

Netanyahu dapat memanfaatkan kunjungan dari konfrontasi sektor Gaza dengan ancaman Iran, sebuah topik yang lebih dia ketahui, terutama setelah meningkatnya eskalasi Houts di Yaman baru-baru ini.

Namun, audiens utamanya adalah internal, kata Tal Shalev, koresponden diplomatik Israel Walla News.

Dia ingin memulihkan citranya sebagai “Tuan Amerika,” katanya, orang yang paling bisa mewakili Israel di mata Amerika Serikat dan memulihkan citra yang rusak akibat serangan 7 Oktober.

“Ketika dia pergi ke Amerika Serikat dan berpidato di kongres dan [memimpin] pertemuan di Gedung Putih, ke basis pemilihnya, dia masih tampil sebagai Bibi yang lama,” katanya kepada Perdana Menteri dengan nama panggilannya.

“Ini bukan Bibi yang gagal, yang bertanggung jawab atas peristiwa 7 Oktober. Ini adalah Bibi lama yang datang ke Kongres dan diikuti tepuk tangan.”

Hal ini juga memungkinkan dia untuk menjalin hubungan dengan mantan Presiden Donald Trump pada saat terjadi perubahan politik yang signifikan di Washington.

Netanyahu ingin Presiden Trump menang, dan dia ingin memastikan dia dan Presiden Trump memiliki hubungan yang baik sebelum pemilu.

Netanyahu diyakini mengulur waktu dan berharap kemenangan Trump akan mengurangi tekanan dari pemerintahan Biden.

“Ada gagasan yang hampir universal bahwa Netanyahu ingin Trump menang, untuk menunjukkan bahwa dia bisa melakukan apa yang dia inginkan,” tulis Michael Coplow dari forum kebijakan Israel.

“Tidak ada tekanan dari Biden untuk melakukan gencatan senjata atau kekerasan di pemukiman dan komunitas di pantai barat… Ada banyak alasan untuk meragukan pertanyaan tentang lanskap di bawah restorasi Trump, tetapi Netanyahu kemungkinan besar akan setuju.”

Masih diragukan apakah Biden akan mengurangi tekanan setelah keluar dari pemilihan presiden, atau apakah ia akan menggunakan sisa waktu untuk fokus mengakhiri perang di Gaza.

Sumber: The Times of Israel, Roll Call, BBC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *