NasDem Usung Anies Baswedan Jadi Cagub Jakarta, PDIP Pilih Tidak Mau Terburu-buru 

Laporan jurnalis Tribunnews.com Fersianus Waku

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Juru Bicara PDIP Aryo Seno Bagaskoro mengatakan partainya tak mau terburu-buru mengusung calon gubernur (cagub) yang akan diusung pada Pilkada Jakarta 2024.

Hal ini merespons keputusan Partai NasDem yang mengusung Anies Baswedan sebagai calon gubernur Jakarta pada 2024.

Seno menegaskan, Jakarta merupakan kawasan yang sangat strategis dan merupakan etalase kepemimpinan nasional.

“Jakarta itu kawasan yang sangat strategis. Secara nasional, ini adalah unjuk gigi kepemimpinan politik dan ekonomi. Jadi tentu kita harus hati-hati,” kata Seno kepada Tribunnews.com, Selasa 23 Juli 2024.

Dia menjelaskan, sebagai partai politik (partai politik), PDIP mempunyai tanggung jawab konstitusional untuk memenuhi fungsi kepegawaiannya, yakni mendorong daya saing personel internal.

Artinya, demokrasi kita sehat. Kritik masyarakat Jakarta kuat dan banyak pilihan calon pemimpin, kata Seno.

Seno juga menyoroti kemungkinan kuat terpilihnya Ketua DPP PDIP Basuki Tjahaj Purnam alias Ahok dalam hasil penelitian dan pengembangan Kompas.

“Namun kemunculan nama Pak Ahok dalam survei penelitian dan pengembangan terbaru Kompas tentu sangat menarik. Dia relatif jarang berbicara tentang politik dalam beberapa tahun terakhir dibandingkan kandidat lainnya, tetapi namanya adalah pemilu yang sangat kompetitif,” ujarnya.

Ia menilai kemunculan nama Ahok menunjukkan adanya ingatan kolektif masyarakat Jakarta terhadap kepemimpinan teknokratis dan antikorupsi yang tegas.

“Oleh karena itu, masih ada cukup waktu untuk mematangkan berbagai aspirasi dan kontribusi,” kata Šeno.

Šeno menambahkan, prinsipnya pemilu adalah perayaan kedaulatan nasional dan bukan ajang konsensus elit.

Oleh karena itu, seluruh parpol harus bertanggung jawab secara hati-hati. Kita berada pada posisi ini untuk menentukan waktu yang tepat untuk pengumuman calon, tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *