Palestina Tolak Usulan Israel, Tak Ingin Pasukan Asing Terlibat dalam Pemerintahan Gaza

TRIBUNNEVS.COM – Otoritas Palestina hari ini (30/06/2024) merilis pernyataan terkait usulan Israel agar pasukan asing memimpin pemerintahan di Gaza pasca perang.

Juru bicara resmi Istana Kepresidenan, Nabil Abu Rudayneh menegaskan, hanya warga sipil Palestina yang bisa menentukan pemerintahan di Gaza, bukan asing.

Nabil Abu Rudeineh, dikutip Al-Maiadeen, mengatakan: “Tidak ada legitimasi atas kehadiran negara asing di wilayah Palestina, dan hanya rakyat Palestina yang dapat memutuskan siapa yang memerintah dan menjalankan urusan mereka.”

Penolakan terhadap Abu Rudeineh tidak hanya terjadi di Jalur Gaza, tapi juga di Tepi Barat Sungai Yordan.

Dia menambahkan: “Kami tidak akan menerima atau mengizinkan kehadiran orang asing di negara kami, baik di Tepi Barat dan Sungai Yordan atau di Jalur Gaza.”

Abu Rudeineh juga menekankan bahwa pemerintah Gaza tidak tunduk pada bantuan kemanusiaan.

“Masalah Palestina adalah isu internasional, bukan isu bantuan kemanusiaan, ini isu sakral dan isu besar bagi bangsa Arab,” ujarnya.

Pernyataan Abu Rudeineh ini menanggapi komentar pejabat keamanan Israel yang mengatakan pasukan keamanan Israel akan tetap berada di Gaza sampai pasukan asing mengambil alih pemerintahan Jalur Gaza. Sebuah program yang gagah berani pada masa transisi perang di Gaza

Sebuah artikel di Washington Post mengungkap rincian rencana Menteri Pertahanan Israel Yoav Galant untuk menyerahkan kekuasaan setelah perang Gaza.

Dalam kunjungan Gallant baru-baru ini ke Amerika Serikat, dia mengatakan bahwa selama peralihan kekuasaan setelah perang, banyak pasukan internasional akan memantau Jalur Gaza.

Pasukan dari Mesir, Yordania, Uni Emirat Arab dan Maroko akan berada di sana sebagai pasukan pengamat.

Sementara militer AS akan membantu menyediakan logistik.

Kemudian Mesir akan menguasai Gaza.

Otoritas Palestina akan mengawasi keamanan dalam negeri.

Namun dalam diskusinya, Gallant dan pejabat AS mengatakan pasukan keamanan Palestina harus mendapat pelatihan.

Artikel tersebut menyatakan: “Pasukan keamanan Palestina ini kemungkinan besar akan dilatih di bawah program bantuan keamanan Otoritas Palestina, yang dijalankan oleh Letjen Michael Fenzel, kepala keamanan nasional Israel dan badan-badan Israel.” ‘Ila. Netanyahu tidak menginginkan campur tangan Otoritas Palestina di Gaza

Pada 7 Juni 2023, Netanyahu menyatakan tidak setuju dengan posisi Otoritas Palestina di Gaza.

Terutama terkait dengan penyeberangan Rafah.

Namun, tidak ada keraguan bahwa perkataan Netanyahu bertentangan dengan kabinet perang.

Beberapa hari yang lalu, kabinet perang negara itu sepakat bahwa Israel akan mengizinkan lembaga pemerintah selain pemerintah Gaza untuk mengelola penyeberangan Rafah.

Namun karena takut rencananya gagal, Netanyahu menolak menerima penyerahan kekuasaan kepada Otoritas Palestina atau pembentukan negara Palestina. Konflik antara Palestina dan Israel

Israel memulai serangan mematikan di Jalur Gaza pada 7 Oktober 2023.

Israel juga mengabaikan resolusi Dewan Keamanan PBB mengenai gencatan senjata dan terus melakukan serangan kekerasan di Gaza.

Sejauh ini, 37.900 warga Palestina telah tewas dalam serangan Israel.

Kebanyakan korbannya adalah perempuan dan anak-anak.

Setidaknya 87.060 orang terluka dalam serangan yang sedang berlangsung.

(Tribunnews.com/Farrah Putri)

Beberapa berita terkait konflik Palestina dan Israel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *