Microsoft Gangguan, Layanan Penerbangan di Bandara Changi Terganggu, Penumpang Frustasi

TRIBUNNEWS.COM – Shutdown global Microsoft akibat gangguan juga berdampak pada layanan penerbangan di Bandara Changi Singapura pada Jumat (19/7/2024).

Seperti dilansir Channel NewsAsia, terjadi antrian panjang dan penumpang frustrasi di Bandara Changi.

Gangguan teknologi global berdampak pada penerbangan, perbankan, dan operasional perusahaan di negara-negara termasuk Singapura, Amerika Serikat, Inggris, India, dan Australia.

Di Terminal 1 Bandara Changi, terlihat antrean panjang melewati ruang keberangkatan.

Petugas Bandara Changi berada di lokasi untuk menawarkan makanan ringan dan air kemasan kepada penumpang saat mereka mengantri untuk check-in penerbangan mereka.

Seorang pejabat mengatakan kepada CNA bahwa mesin registrasi mandiri tidak berfungsi, dan menambahkan bahwa registrasi harus dilakukan di loket.

Dari waktu ke waktu, pengumuman dari bandara terdengar melalui interkom: “Kami mengalami masalah dengan sistem registrasi Scott. Kami mencoba memulihkan sistem sesegera mungkin. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.”

Dalam postingan Facebooknya, Bandara Changi menyebutkan proses check-in beberapa maskapai ditangani secara manual.

“Karena penutupan global yang mempengaruhi sistem TI di banyak organisasi, proses check-in untuk beberapa maskapai penerbangan di Bandara Changi ditangani secara manual.”

Staf Bandara Changi membantu penumpang, terutama yang sedang dalam perjalanan, dan meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi.

Penumpang Tang Ronxin, yang penerbangannya berangkat ke Hangzhou pada pukul 16.30 waktu setempat, mengaku khawatir ketinggalan pesawat.

“Mereka menyuruh saya menunggu dan mungkin seseorang akan memberi tahu saya,” kata Tang, yang telah mengantri lebih dari satu jam ketika CNA berbicara dengannya pada pukul 15.45.

“Mereka bilang saya akan sampai ke pesawat tepat waktu, tapi saya tidak tahu apakah saya bisa,” kata warga negara Tiongkok itu.

Penumpang lain, Nicole Lane, yang penerbangannya ke Kuala Lumpur berangkat pukul 17.00, mengatakan dia melihat beberapa berita utama tentang kerusuhan dalam perjalanan ke bandara. Namun dia tidak terlalu khawatir karena penerbangannya masih beberapa jam lagi.

“Saya tidak terlalu stres karena sudah check in online, jadi saya ambil boarding pass dan tag bagasi,” kata pria berusia 27 tahun itu.

“Tetapi saya pikir kita harus menunggu dan melihat karena kemajuannya sangat lambat,” tambahnya.

Microsoft menyebutkan, gangguan tersebut dimulai pada Kamis (18/7/2024) pukul 18.00 waktu setempat. Microsoft menjelaskan bahwa kesalahan tersebut disebabkan oleh pembaruan CrowdStrike baru-baru ini.

Gangguan TI yang meluas menyebabkan komputer Windows mati secara tiba-tiba, saluran TV, bandara, dan bank menjadi offline di berbagai belahan dunia, lapor Telegraph. Pengguna layanan publik online melaporkan bahwa mereka mengalami masalah di berbagai belahan dunia.

Negara-negara tersebut termasuk Australia, Selandia Baru, India dan Jepang, yang sayangnya berdampak pada Inggris. Insinyur keamanan siber telah mengidentifikasi masalah pada Crowdstrike, perangkat lunak antivirus yang digunakan di banyak sistem Microsoft, yang tampaknya menyebabkan komputer mogok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *