Kompetisi Audio Mobil ASC 2024 Gunakan Regulasi International Berstandar IASCA

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG – Kompetisi audio mobil bertajuk Amoplus Sound Competition (ASC) National Champion 2024 di Kota Semarang menggunakan regulasi internasional sesuai standar IASCA atau International Auto Sound Challenge Association, asosiasi suara mobil pertama dan tertua di Amerika. . dunia yang berbasis di Amerika Serikat dan telah ada sejak tahun 1989.

Lomba yang diadakan di parkiran Transmart Setiabudi Semarang pada hari Sabtu tanggal 13 Juli 2024 ini berhadiah di setiap kelasnya mencapai puluhan juta rupiah.

Kegiatan kompetisi meliputi kelas Sound Quality (SQ) dan Sound Quality Loud (SQL) yang diikuti peserta dari berbagai daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur seperti Solo, Yogyakarta, Jepara dan Gresik, serta Semarang sendiri.

Pada kelas Kualitas Suara (SQ), juri duduk berdampingan di kursi depan di sisi kiri dan kanan dan memerlukan penyetelan yang baik untuk memastikan penilaian yang optimal.

“Dibutuhkan kreatifitas peserta dalam mempersiapkan sistem audio mobilnya agar dapat memberikan hasil yang terbaik. Komposisi IASCA lebih bagus di sektor tonal dominan, walaupun ada juga beberapa komposisi teknis, tantangan bagi peserta adalah mengoptimalkan sistem mixing yang tepat sambil mengatasi regulasi, kami memiliki asosiasi IASCA,” kata Anton dari Dreamsound, Solo, Jawa Tengah .

SQL yang mengejutkan

Tak kalah serunya adalah persaingan pada kategori Sound Quality Loud (SQL). Ada dua kelas yang dipertandingkan pada ajang ASC di Semarang kali ini, yaitu SQL Two Subwoofers dan SQL Unlimited yang merupakan kelas gratis.

Aturan IASCA memiliki keajaiban dalam mekanisme penilaian di kelas ini. Pada musim kompetisi 2024, ASC selaku penyelenggara meluncurkan dua kelas kompetisi SQL, hanya menggunakan tonal grading tanpa pengukuran desibel.

Hal ini untuk menjadi wadah bagi para penggemar SQL di Indonesia, khususnya bagi para newbie yang ingin merasakan kompetisi tersebut.

Proses penilaiannya juga unik, dengan menggunakan dua orang juri yang jarak sidangnya minimal 5 meter dari bumper belakang mobil.

Sebelum evaluasi dimulai, mobil peserta dilakukan pengukuran tingkat SPL menggunakan alat ukur dengan parameter 80 dB sampai dengan 90 dB (desibel), sehingga mobil peserta memiliki volume yang memadai saat masuk evaluasi.

“Secara teknis, jumlah dB (desibel) di lingkungan ditingkatkan hingga kisaran dB maksimal 80-90 dB. “Jika di bawah 80dB maka volumenya akan bertambah, sebaliknya jika di atas 90dB maka volumenya akan mengecil,” jelas juri ASC Sudi Hamzah.

Peluncuran ASC 2024 mendapat dukungan dari para pelaku industri audio otomotif seperti Venom Audio, Bewith, Micro Precision, Brax, Helix, Audio Circle, Performa, Diosdela Musica, MB Quart, Match, Rockford Fosgate, Morel, TPR, Zevox, Nanotec Systems , Intersys dan lain-lain.

Kompetisi ASC 2024 akan dilanjutkan pada bulan Agustus/September 2024 di kota Surabaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *