Kondisi Tak Ideal 3 Pemain Abroad Timnas Indonesia Tatap Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

TRIBUNNEWS.COM – Situasi kurang ideal bagi tiga pemain utama timnas Indonesia jelang musim baru 2024/2025, termasuk babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2016 zona Asia. Ada Kerugian di Timnas Indonesia!

Sejumlah pemain Timnas Indonesia di Eropa seperti Elkan Baggott, Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, dan Sandy Walsh sedang melakukan pemanasan menyambut musim baru.

Nama-nama di atas pun mendapat menit bermain dari klubnya di sejumlah laga pramusim.

Dengan pengecualian Jay Idzes, Elkan Baggott, Nathan Tjoe-A-On dan Sandy Walsh, pasangan ini memulai sebagai pemain pengganti dalam beberapa uji coba.

Apa yang dilakukan para aktor ulung ini dinilai masih “lebih baik” dibandingkan tiga sineas nasional Indonesia lainnya, yakni Marselino Ferdinand, Thom Haye, dan Ragnar Oratmangoen. Pesepakbola nasional Indonesia Jay Idzes diwawancarai usai menjalani sesi latihan di Stadion Madya, Senayan, Batavia, Minggu (9/6/2024), jelang laga melawan Filipina. (Tribunnews.com/Abdul Majid)

Ferdinand selama ini diketahui Marcelino belum memiliki klub atau berstatus bebas transfer. Sekadar informasi dari situs Transfer, Marcelino Ferdinand resmi bergabung dari KSMK Deinze, mulai 1 Juli.

Beberapa pemberitaan menyebutkan bahwa Marcelino akan bergabung dengan klub Inggris, Oxford di Inggris. Tapi itu belum selesai.

Nasib serupa juga dialami Thomas Haye. Maestro lini tengah Timnas Indonesia itu tanpa klub setelah SC Heerenven tak memperpanjang kontrak.

Sejumlah rumor pun beredar, AZ Alkmaar menjadi pelabuhan panggilan baru bagi pemain yang pernah berkarier di Italia bersama Lecce. Sayangnya hingga saat ini belum ada pengumuman resmi dari AZ Alkamar terkait penandatanganan Thom Haye.

Nasib Raja Oratmangoen sedikit lebih baik. Ia masih terikat kontrak dengan klub Eredivisie FC Groningen hingga Juni 2015.

Hanya saja Ragnar pada musim 2024/2025 tidak masuk dalam rencana permainan FC Groningen. Jadi dia senang mencari klub baru.

Sempat beredar kabar bahwa tim Segunda (kasta kedua Liga Spanyol), Gades, akan mendatangkan Ragnar Oratmangoen. Namun persoalan itu seolah ditelan bumi, karena tidak segera terungkap.

Sangat disayangkan ketiga pemain tersebut tidak mendapat kesempatan bermain di laga pramusim, seperti rekan senegaranya yang punya prestasi di Eropa.

Thom Haye dan Marcelino Ferdinand jelas tak bisa diuji di pramusim karena keduanya belum terikat dengan klub mana pun.

Sementara itu, Ragner beberapa kali tampil meragukan untuk FC Groningen, pasalnya saat bermain imbang 4-4 ​​melawan Dender dan menang 2-0 melawan FC Emmen, nama Ragnar Oratmangoen tidak masuk dalam daftar pemain.

Ini bukanlah situasi yang terbaik, apalagi bagi Timnas Indonesia yang pada awal September ini harus berlaga di babak ketiga Kualifikasi Dunia 2016 zona Asia.

Bermain kurang lebih di pertandingan pramusim akan sangat berbeda dalam persiapan, fisik dan visi pertandingan sepak bola.

Apa yang dialami Thom Haye, Marcelino dan Regnar saat melawan Jay Idzes dan Elkan Baggott.

Keduanya kerap mendapat menit bermain di klub masing-masing. terutama Jay Idzes, yang perannya di Venesia sangat diperlukan.

Bahkan Nathan Tjoe-A-On, yang mendapat penghargaan bersama SC Heerenven pada musim lalu, perlahan-lahan tiba sepuluh menit setelah pertandingan pra-musim tim sepak bola Swansea.

Pertanyaan besarnya kemudian adalah bagaimana Thomas Haye dan Marcelinus Ferdinand akan menemukan klub baru pada khususnya.

Pasalnya, Timnas Indonesia sangat membutuhkan kekuatan keduanya untuk bertarung di grup neraka kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Jika skenario terburuknya adalah Marceng dan Thom Haye tak mendapatkan klub, sedikit banyak hal itu akan mempengaruhi pola bermain skuad asuhan Shin Tae-yong.

(Tribunnews.com/Giri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *