Jepang Imbangi Pengaruh Cina di Kepulauan Pasifik

Belum lama ini, 18 kepala negara dan pemerintahan berpartisipasi dalam Forum Kepulauan Pasifik (PIF) yang berlangsung selama tiga hari di Tokyo, Jepang. Perubahan iklim dan stabilitas regional di Oseania menjadi agenda utama diskusi.

Forum yang diadakan setiap tiga tahun sekali ini merupakan ajang diplomasi Jepang untuk memposisikan diri sebagai mitra regional.

Penerapannya dimaksudkan untuk memastikan “kawasan Blue Pacific yang damai, aman dan terlindungi yang berkontribusi terhadap perdamaian dan keamanan global,” menurut teks deklarasi bersama, Kamis (18/7).

Deklarasi tersebut menyerukan Jepang untuk memberikan dukungan dan kerja sama yang lebih besar dalam bidang perubahan iklim, keamanan dan pertahanan maritim, serta pembangunan ekonomi.

“Jepang telah lama aktif menjangkau negara-negara berkembang, khususnya negara-negara Pasifik yang mengalami kehancuran besar selama Perang Dunia II,” kata Ryo Hinata-Yamaguchi, asisten profesor hubungan internasional di Universitas Tokyo.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, Tiongkok telah memperluas lingkup pengaruhnya di Pasifik, misalnya melalui proyek infrastruktur dan perjanjian keamanan.

“Beijing berusaha membangun pengaruh yang lebih besar di kawasan ini, yang sepenuhnya bertentangan dengan kepentingan Jepang di Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” kata Hinata-Yamaguchi kepada DW.

“Jepang tidak bisa mengambil negara-negara ini dari Tiongkok, tapi Jepang bisa memberikan alternatif yang layak.” Pengaruh Tiongkok di Pasifik

Merupakan kejutan besar bagi Jepang, Amerika Serikat, dan negara-negara regional lainnya ketika pemerintah Kepulauan Solomon memutuskan hubungan diplomatik dengan Taiwan pada tahun 2019 dan mengalihkan pengakuan diplomatiknya ke Tiongkok.

Sebagai imbalannya, Beijing setuju untuk membiayai pembangunan stadion olahraga baru di ibu kota, Honiara, bersama dengan fasilitas medis canggih, peralatan telepon seluler, jalan, jembatan, dan infrastruktur lainnya.

Pada tanggal 17 Juli, Beijing mengumumkan bahwa mereka akan menyuntikkan dana tambahan sebesar US$20 juta ke Kep. Solomon, untuk membantu menutupi biaya perluasan bandara internasional.

Kedua negara juga menandatangani perjanjian keamanan pada tahun 2022. Meskipun rinciannya dirahasiakan, informasi yang bocor ke publik mencakup klausul yang mengizinkan Tiongkok untuk mengerahkan personel militer ke negara kepulauan tersebut, menggunakan pangkalan militer seperti pangkalan pengawasan udara di Kepulauan Pasifik. dan Australia, antara lain.

Tiongkok juga aktif melobi Vanuatu, misalnya dengan menyumbangkan istana kepresidenan senilai $31 juta. Ada laporan bahwa pemerintah di Port Vila sedang mempertimbangkan izin bagi Tiongkok untuk membangun pangkalan militer dan fasilitas angkatan laut.

Negara kecil di Pasifik lainnya, Nauru, juga memutuskan hubungan dengan Taiwan pada Januari 2024 dan menandatangani perjanjian diplomatik baru dengan Beijing pada minggu berikutnya. Nilai strategis kepulauan Pasifik

“Tiongkok ingin meningkatkan pengaruh diplomatiknya di banyak negara kepulauan kecil di Pasifik,” kata Hiromi Murakami, profesor ilmu politik di kampus Temple University di Tokyo.

“Tidak masalah jika negara-negara ini secara geografis sangat kecil dan memiliki perekonomian yang kecil,” katanya kepada DW. “Mereka menguasai wilayah laut yang luas di Samudera Pasifik, berlokasi strategis dan membatasi hubungan mereka dengan Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru. atau negara lain akan mendapat manfaat besar dari Beijing.”

Deklarasi bersama Tokyo, tanpa secara spesifik menyebut Tiongkok, menyerukan “pentingnya tatanan internasional yang bebas dan terbuka berdasarkan prinsip-prinsip yang konsisten dengan hukum internasional.”

Komunike tersebut juga menentang “upaya sepihak untuk mengubah status quo melalui ancaman atau penggunaan kekuatan atau paksaan.”

Tak lama setelah KTT di Tokyo, menteri luar negeri Tiongkok meminta Jepang dan negara-negara Pasifik lainnya untuk “membantu mendorong perdamaian, stabilitas, dan pembangunan” di kawasan daripada mengkritik Beijing.

Surat kabar Global Times yang dikelola pemerintah Tiongkok juga menuduh Jepang memanfaatkan pertemuan puncak tersebut untuk “menggoda komitmen ekonomi” sambil “memberikan tekanan politik dan militer” pada negara-negara Pasifik agar selaras dengan kepentingan Tokyo. Bersaing untuk mendapatkan pengaruh melalui soft power

KTT PIF tahun ini membahas upaya mengurangi dampak kenaikan permukaan laut akibat perubahan iklim, yang disebut-sebut merupakan ancaman terbesar bagi kelangsungan hidup banyak negara di Pasifik.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan partainya akan “memobilisasi sumber daya teknologi, ilmu pengetahuan dan keuangan” untuk membantu kepulauan Pasifik dalam upaya menyelamatkan negara.

Negara-negara PIF juga menyetujui kunjungan berkala militer Jepang ke negara-negara Pasifik untuk meningkatkan kerja sama pelatihan dan pertahanan.

Pertemuan bilateral di sela-sela KTT juga memberikan dukungan yang lebih konkrit. Jepang antara lain setuju menyumbang US$31,5 juta untuk membangun kembali gedung terminal di bandara Kepulauan Marshall.

Tokyo juga telah menyumbangkan kapal penelitian perikanan ke Kepulauan Marshall, Mikronesia, Papua Nugini, dan Vanuatu untuk membantu pejabat setempat memantau sumber daya perikanan.

“Jepang juga suka menggunakan soft power. Pendekatan seperti ini lebih baik dibandingkan yang dilakukan banyak negara lain,” kata Hinata-Yamaguchi.

“Tokyo tahu bahwa lebih baik berbicara dengan negara-negara kecil di Pasifik daripada mengabaikannya,” tambahnya.

Rzn/as

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *