Suara Lantang Pilihan Luca Marini di MotoGP 2025: Toprak No, Mir Yes

TRIBUNNEWS.COM – Toprak Razgatlioglu ditolak keras oleh Luca Marini untuk menggantikan Joan Miro di Repsol Honda pada MotoGP 2025. 

Toprak dikabarkan ingin pindah ke MotoGP. Sejumlah tim dikabarkan tertarik memanfaatkan jasa pembalap asal Turki tersebut, termasuk Honda.

Kontrak World Superbike (WSBK) dengan BMW ini akan berakhir pada 2025 dan bisa berpindah ke MotoGP jika BMW memberi lampu hijau.

Beberapa tim MotoGP sudah menjalin komunikasi dengan Toprak. Salah satunya adalah Repsol Honda yang dikabarkan tertarik mendatangkan pebalap asal Turki tersebut sebagai pengganti Joan Miro. Pembalap Repsol Honda asal Italia, Luca Marini saat balapan MotoGP 2024 (Instagram @lucamarini10)

Kontrak Miro dengan Repsol Honda akan berakhir pada 2025.

Sejauh ini belum ada kesepakatan mengenai perpanjangan kontrak juara MotoGP 2020 itu.

Manajer Toprak, Kenan Sofuoglu, mendukung penuh pebalapnya bergabung dengan tim pabrikan MotoGP seperti Repsol Honda. Pendapat berbeda diutarakan salah satu pebalap Honda, Luca Marini.

Adik tiri Valentino Rossi yang baru saja “memecahkan telur” dengan mencetak poin di MotoGP Jerman 2024, mengatakan Toprak akan kesulitan berbuat banyak untuk Honda jika datang ke Honda.

Marini menepis spekulasi perpindahan Toprak ke Repsol Honda. Menurutnya, tim saat ini membutuhkan pembalap yang lebih berpengalaman dibandingkan Toprak yang belum punya pengalaman di MotoGP.

“Saya bilang tidak. Kalau ada pembalap yang datang, akan sangat menarik kalau datang dari Aprilia atau KTM, orang yang mau membawa ilmu,” kata Marini kepada GPOne.

Misalnya ada yang datang dari Ducati. Kalau ada pembalap baru datang, dia harus jadi teknisi, bisa berbagi informasi dan memberi masukan yang bisa dimengerti, lanjutnya.

“Saya juga ingin bilang bahwa saya punya hubungan yang baik dengan Joan. Dia sosok yang baik dan saya berharap dia bertahan di tim,” kata Mir tentang Joan.

Marini lantas mencontohkan Jorge Lorenzo, juara dunia tiga kali bersama Yamaha di era Rossi.

“Lorenzo adalah talenta yang luar biasa, jika bertahan di Ducati dia bisa menambah dua gelar juara dunia. Tapi ketika dia tiba di Honda dia gagal memberikan apa yang diharapkan semua orang,” ucapnya.

Repsol Honda saat ini sedang mengalami musim terburuknya di MotoGP. Pabrikan asal Jepang itu duduk di posisi terbawah klasemen tim dan tak satu pun dari kedua pembalapnya yang finis di sepuluh besar dalam sembilan seri yang mereka ikuti. Daftar pembalap MotoGP terbaru tahun 2025

Aprilia Racing (Aprilia) -Jorge Martin (kontrak tahun jamak) -Marco Bezzecchi (kontrak tahun jamak)

Tim Ducati Lenovo (Ducati) – Pecco Bagnaia (2026) – Marc Marquez (2026)

Monster Energy Yamaha (Yamaha)-Fabio Quartararo (2026) Kandidat pebalap kedua: Alex Rins

Red Bull KTM Factory Racing (KTM) -Pedro Acosta (multi-tahun) -Brad Binder (2026)

Repsol Honda (Honda)-Luca Marini (2025) Kandidat pembalap kedua: Joan Mir, Jack Miller

Gresini Racing (Ducati)-Alex Marquez (2026) Kandidat: Fermin Aldeguer, Jack Miller, Joan Mir

Red Bull KTM Tech 3 (KTM) -Maverick Vinales (abadi) -Enea Bastianini (abadi)

LCR Honda Idemitsu-Castrol (Honda)-Johann Zarco (2025) Kandidat pembalap lainnya: Takaaki Nakagami, Ai Ogura

Kandidat Trackhouse Racing (Aprilia): Joe Roberts, Raul Fernandez, Joan Mir, Miguel Oliveira

Kandidat Prima Pramac Racing (Yamaha): Franco Morbidelli, Andrea Iannone, Miguel Oliveira

Tim Balap Pertamina Enduro VR46 (Ducati)

Kandidat: Franco Morbidelli, Fabio di Giannantonio

(Tribunnews.com/Giri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *