Sah Jadi Presiden Baru Iran, Masoud Pezeshkian Banjir Ucapan Selamat dari Para Pemimpin Dunia

Laporan jurnalis Tribunnews.com Namira Yuni

TRIBUNNEWS.COM, TEHRAN – Setelah lolos putaran kedua pemilihan presiden (Pilpres), Masoud Pezeshkian akhirnya sah menjadi presiden Iran terpilih kesembilan pada tahun 2024, menggantikan Presiden Ebrahim Raisi yang tewas dalam kecelakaan helikopter pada Mei lalu.

Masoud Pezeshkian dinyatakan sebagai pemenang pemilu presiden Iran setelah berhasil mengalahkan rival utamanya Saeed Jalili. Mengutip Al Jazeera, pada pemilu presiden putaran kedua, Masoud Pezeshkian berhasil memperoleh 53,7 persen. suara, yaitu 16,3 juta dari lebih dari 30 juta suara yang diberikan.

Hasil ini jauh lebih tinggi dibandingkan lawannya dari kubu konservatif, Saeed Jalili, yang hanya memperoleh 44,3% atau 13,5 juta suara pada pemilu putaran kedua yang digelar 5 Juli 2024.

Setelah berita kemenangan Masoud Pezeshkian tersiar, beberapa pemimpin dunia mulai berkumpul untuk mengucapkan selamat kepada presiden baru Iran.

Beberapa pemimpin dunia meyakini sosok Masoud Pezeshkian mampu menetralisir ketegangan di Timur Tengah terkait perang antara Israel dan Hamas di Gaza serta Hizbullah di Lebanon.

Berikut daftar pemimpin negara yang antusias menyambut kemenangan Masoud Pezeshkian sebagai presiden baru Iran pada tahun 2024, menurut beberapa sumber.

1. Presiden Rusia

Presiden Rusia Vladimir Putin dalam keterangan resminya mengucapkan selamat kepada Pezeshkian atas kemenangannya dalam pemilihan presiden Iran. Putin berharap hal ini akan meningkatkan hubungan antara Rusia dan Iran.

Saya berharap masa jabatannya sebagai presiden akan berkontribusi pada penguatan kerja sama bilateral yang konstruktif antara negara-negara sahabat, kata Putin.

2. Presiden Tiongkok

Presiden Tiongkok Xi Jinping juga menyampaikan ucapan selamat; Pemimpin negara tersebut merayakan keberhasilan Masoud Pezeshkian pada putaran kedua pemilihan presiden dari balik tirai bambu.

“Saya sangat mementingkan perkembangan hubungan Tiongkok-Iran dan siap bekerja sama dengan presiden untuk memimpin kemitraan strategis komprehensif Tiongkok-Iran menuju kemajuan yang lebih dalam,” kata Xi, menurut kantor berita negara Xinhua.

“Dalam menghadapi situasi regional dan internasional yang kompleks, Tiongkok dan Iran selalu saling mendukung, bekerja sama, dan terus memperkuat kepercayaan strategis bersama,” tambahnya.

Perdana Menteri India ke-3

Mengikuti yang lain, Narendra Modi melalui halaman media sosial X untuk memberi selamat kepada Pezeshkian.

Dalam kesempatan tersebut, beliau juga mengatakan bahwa New Delhi berharap dapat bekerja sama dengan presiden baru untuk memperkuat hubungan bilateral yang bermanfaat bagi masyarakat dan negara kedua negara.

“Saya berharap dapat bekerja sama dengan Anda untuk lebih memperkuat hubungan bilateral kita yang hangat dan telah lama terjalin demi kepentingan rakyat kita dan kawasan ini,” tulis Modi di platform media sosial X.

5. Sekretaris Pers Jepang

Sekretaris Pers Jepang Kitamura Toshihiro mengatakan Tokyo berharap Iran akan memainkan “peran konstruktif” dalam meredakan ketegangan dan menstabilkan situasi di kawasan Timur Tengah.

“Jepang akan melanjutkan upaya diplomatik proaktifnya untuk meredakan ketegangan dan menstabilkan situasi di kawasan Timur Tengah berdasarkan hubungan persahabatan tradisional dengan Iran, sekaligus memperkuat dialog dengan pemerintahan baru Iran yang dipimpin oleh Presiden Pezeshkian,” kata pernyataan itu.

6. Perdana Menteri Malaysia

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim mengatakan hasil pemilu mencerminkan semangat demokrasi di Iran dan menunjukkan masa depan yang menjanjikan bagi Teheran.

“Potensi hubungan Malaysia dan Iran sangat besar dan menjanjikan. “Kami berharap dapat memperkuat mekanisme bilateral untuk memperdalam dan memperluas kerja sama kedua negara,” kata Perdana Menteri Ibrahim.

“Kami ingin memastikan, dengan cara apa pun, pemulihan keadilan dan keamanan. Saya menantikan kedatangan Dr. Pezeshkian ke Malaysia secepatnya,” tambahnya.

19. PM Pakistan

Diketahui, Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif mengirimkan ucapan selamat kepada presiden baru Iran dan menyatakan bahwa ia berharap dapat bekerja sama dengan Pezeshkian untuk lebih memperkuat hubungan bilateral dan mendorong perdamaian dan stabilitas di kawasan.

“Sebagai negara bertetangga, Pakistan dan Iran memiliki hubungan yang erat dan bersejarah. “Kita harus memastikan masa depan cerah bagi kedua negara melalui kerja sama yang saling menguntungkan,” tulis Sharif kepada X.

8. Menteri Luar Negeri Venezuela

Menteri Luar Negeri Venezuela Yvan Gil kemudian berbicara dan mengucapkan selamat kepada Iran atas komitmennya terhadap demokrasi selama dua putaran pemilihan presiden.

“Venezuela menyatakan keyakinannya bahwa keputusan yang diambil oleh rakyat Iran akan memberikan kontribusi terhadap kemakmuran bangsa serta konsolidasinya sebagai kekuatan baru di dunia multipolar yang sedang berkembang,” kata Gil dalam pernyataannya.

9.Presiden Uni Emirat Arab

Presiden Uni Emirat Arab, Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan, mendoakan yang terbaik bagi Pezeshkian dan berharap dapat bekerja sama untuk lebih memperkuat hubungan antara UEA dan Iran demi kepentingan negara dan warga negara.

Presiden Uni Emirat Arab menyampaikan ucapan selamat atas terjalinnya hubungan perdagangan dengan Teheran yang terus menguat dalam beberapa dekade terakhir.

10. Presiden Irak

Presiden Abdul Latif Rashid mengucapkan selamat kepada Iran dan presiden terpilih, “semoga dia sukses dalam melaksanakan tugas resminya dan mewujudkan ambisi dan aspirasi rakyat Iran.”

“Kami menegaskan kembali keinginan kami untuk memperkuat hubungan antara Irak dan Iran dengan cara yang memenuhi kepentingan kedua negara dan negara tetangga,” kata Rashid di X.

11. Presiden Suriah

Presiden Bashar al-Assad mengatakan Iran adalah “salah satu negara terpenting yang ingin kami pastikan mencapai puncak hubungan.”

“Hubungan ini dibangun atas dasar rasa saling menghormati, saling pengertian, dan prinsip-prinsip kuat yang selalu dihormati oleh Suriah dan Iran selama beberapa dekade,” kata al-Assad.

“Kami akan bekerja sama dengan Anda untuk meningkatkan hubungan strategis antara Suriah dan Iran dan membuka cakrawala baru yang menjanjikan dalam kerja sama bilateral, karena perlawanan akan tetap menjadi pendekatan keseluruhan yang kami terapkan untuk melindungi harga diri negara kami dan membela kepentingan warga negaranya,” ujarnya. ditambahkan. .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *