Iklim Tropis Indonesia dan Kelembaban yang Tinggi Berdampak pada Kesehatan Kucing

Laporan jurnalis Tribunnews.com Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Memiliki hewan peliharaan merupakan salah satu olah raga dan aktivitas yang menyehatkan.

Dari jenis-jenis tersebut, kucing merupakan jenis yang paling banyak dimiliki masyarakat Indonesia, disusul burung, ikan, dan anjing.

Berdasarkan hasil survei, kepemilikan masyarakat Indonesia terhadap kucing mencapai 47 persen, hal ini sejalan dengan penelitian ini dan temuan Litbang Kompas pada Januari 2020.

Kucing mempunyai tingkah laku yang menggemaskan dan penampilannya yang lucu membuat hewan ini semakin menggemaskan.

Faktanya, banyak peternak yang membiakkan dan mengadopsi kucing peliharaan karena mereka sangat lucu dan merawatnya dengan baik.

Menurut Federasi Internasional untuk Kesehatan Hewan Eropa (IFAH), populasi kucing domestik di seluruh dunia berjumlah sekitar 220 juta.

Selain perawatan di rumah, pemilik hewan peliharaan yang ingin mengajak bayinya jalan-jalan dan mengajaknya ke pusat perbelanjaan seperti mall juga sedang menjadi tren saat ini.

“Juga semakin banyak mal ramah hewan peliharaan yang menyediakan fasilitas seperti area taman luar ruangan untuk anak kucing berjalan-jalan,” kata pemilik Bridge PetCare, Jerry Xu, saat peluncuran tiga produk terbaru Daily Care, Nature. Rambut & Kulit Terbanyak, Kencing, & Ibu & Bayi di Batavia, Kamis (25/7/2024).

Fakta ini membuktikan bahwa pertumbuhan pecinta hewan peliharaan di Indonesia semakin meningkat, sehingga bisnis hewan peliharaan menjadi peluang yang semakin besar seiring dengan banyaknya pecinta hewan peliharaan di Indonesia.

Namun di sisi lain, terkadang kucing menghadapi masalah kesehatan.

Apalagi dengan iklim tropis dan kelembaban udara yang tinggi di Indonesia, ditambah dengan sifat kucing yang tidak suka minum, hal ini dapat menimbulkan gangguan kesehatan, kata Jerry.

Ia mengatakan, berdasarkan survei internal yang dilakukan di kalangan dokter hewan Indonesia, tidak ada penyakit kulit, kulit, dan saluran kemih yang sering ditemui kucing.

Hal ini pula yang mendorong NaturaBridge untuk memperkenalkan seri Daily Care terbarunya, yaitu layanan makanan hewan harian yang menggunakan teknologi pengeringan beku yang membekukan makanan asli pada suhu -380°C selama 26 jam.

“Kami berharap pemilik hewan peliharaan dan hewan kesayangannya dapat hidup lebih sehat, bahagia, dan menua bersama,” tegas Jerry. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *