Pemerintah Pastikan Tanggung Semua Kebutuhan Dasar Pengungsi Terdampak Erupsi Gunungapi Ibu

Laporan reporter Tribunnews.com Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto meninjau fasilitas memasak dan dapur umum bencana letusan Gunung Ibu di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, China (30/05 /2024).

Suharyanto mengunjungi Pos Pengungsi Desa Gam Ici untuk memastikan rencana darurat berjalan dengan baik.

Ia mengatakan, kunjungannya dikirim langsung oleh Presiden Joko Widodo untuk mengecek kondisi warga terlantar di Kabupaten Halmahera Barat yang saat ini harus mengungsi akibat erupsi Gunung Ibu.

Ia juga mengatakan, melihat dan menganalisis apa yang terjadi dalam pengelolaan Gunung Ibu melalui laporan tim BNPB di Halmahera Barat untuk memberikan dukungan kepada pemerintah daerah setiap harinya.

Suharyanto mengaku selalu berusaha mengisi kekosongan berdasarkan laporan tersebut.

“Atas nama pemerintah pusat, saya ulangi, perempuan dan laki-laki tidak sendirian, artinya kami di pemerintah pusat tidak akan tinggal diam. Maka BNPB datang ke sini dan terus memberikan bantuan,” kata Suharyanto di BNPB. Empat. (31/05/2024).

“Tidak perlu khawatir. Kebutuhan awal keluar akan ditanggung pemerintah,” lanjutnya.

Berdasarkan pengamatan Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), aktivitas Gunung Ibu mulai berkurang meski dalam beberapa hari terakhir masih terus meletus.

Ia mengatakan gunung ini lebih bagus dibandingkan gunung yang meletus pada Mei 2024 lalu.

Meski aktivitas kembali meningkat pada empat hari lalu, namun menurutnya belum setinggi saat ledakan pertama terjadi.

“Artinya sudah terjadi penurunan. Kita sepakat gunung ini tidak akan bisa kita turunkan, kita lihat minggu depan, kalau PVMBG bilang tidak sampai level 3, pengungsi bisa kembali ke tempatnya masing-masing, tapi. kita harus tetap waspada,” ujarnya.

Dia mengatakan pemerintah daerah dan daerah akan menyediakan peralatan pengganti dan mata pencaharian kepada masyarakat yang terkena dampak ledakan.

Terhadap barang milik masyarakat yang rusak, pemerintah pusat mempunyai mekanisme perbaikan dan penggantian.

“Yang 15 juta dolar untuk rumah rusak ringan, 30 juta dolar untuk kerusakan sedang, dan 60 juta dolar untuk kerusakan berat. Terkait korban jiwa akibat bencana tersebut, BNPB akan bekerja sama dengan lembaga atau organisasi terkait dan pemerintah daerah,” ujarnya. dia berkata.

Ia mengatakan, BNPB juga memberikan peluang kepada pemerintah daerah apabila dianggap perlu untuk merelokasi masyarakat yang tinggal di daerah berbahaya untuk pindah ke daerah yang lebih aman.

Masyarakat yang takut dan tertekan bisa dimanfaatkan oleh Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat.

“Ada catatannya, kalau harus pindah, harus pindah dan mungkin punya kavling di suatu tempat, di luar kawasan terlarang, tidak apa-apa. Rumahnya akan dibangun pemerintah pusat,” ujarnya. Ribuan orang mengungsi

Hingga Rabu (29/05/2024) atau hari ketiga belas masa tanggap darurat penanganan bencana akibat letusan Gunung Ibu di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, BNPB mencatat ada 2.011 orang yang mengungsi.

Direktur Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Ph.D. katanya ada lima tempat pengungsian.

Kelima titik tersebut adalah: Gedung Serbaguna, Desa Tongute, Ternate, Asal informasi 959 orang, Lapangan Desa Gam Ici 417 orang, Gereja Desa Tongute Sungi sebanyak 357 orang, SMP 3 Desa Tongute Sungi sebanyak 00 orang dan empat orang. dua. , Kantor Desa Tongute Sungi, ada 45 orang, masih terdata sebanyak 191 orang karena data terfragmentasi.

Selain itu, 3.883 hektare perkebunan kelapa, 866 hektare perkebunan kacang tanah, 208 hektare perkebunan cengkeh, dan 368 hektare perkebunan kakao terkena dampak ledakan tersebut.

Bahan dan perbekalan pangan dan non pangan masih tersedia di Gudang Logistik Posko Penanggulangan Bencana di kantor PMI Halmahera Barat.

“Bagi yang ingin menerima bantuan ini harus mengikuti pedoman yang telah ditetapkan, yaitu atas permintaan dewan atau kelurahan yang memerlukan, dan disetujui oleh Komandan Kodimu selaku koordinator penanganan bencana ini. , kemudian tim transportasi membawa mereka ke lokasi pengungsian,” kata Abdul Muhari.

BNPB juga akan memberikan bantuan lapis kedua dan dukungan tambahan untuk operasi manajemen darurat.

Bantuan tersebut berupa penyiapan sumber daya (DSP) dan bantuan penggunaan peralatan antara lain paket sembako, selimut, kasur, rompi, tenda, perlengkapan kebersihan, masker, makanan siap saji, senter, pakaian, dan air mineral.

“Sejak PVMBG masih menetapkan tingkat penindakan Gunung IV menjadi Level IV (Siaga) dan hasil penyelidikan tim BNPB di lapangan,” ujarnya. ISPA telah dikompromikan

Tim medis, kata Abdul Muhari, telah merawat lebih dari 1.000 pasien.

Dokter dan obat suportif disediakan untuk pelayanan kesehatan sehari-hari.

Penyakit yang paling banyak diderita adalah Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

“Dua pasien dibawa ke RSUD Jailolo karena memerlukan perawatan lebih lanjut,” kata Pak Abdul Muhari.

Ia juga mengatakan, dapur umum juga telah didirikan agar para pengungsi ini bisa mendapatkan makanan.

Fasilitas kamar mandi, toilet, dan air bersih juga tersedia di resor.

Pembersihan lingkungan juga dilakukan setiap hari untuk menjamin kebersihan dan kenyamanan para pengungsi.

Kini, untuk mengurangi kebosanan dan membahagiakan para pengungsi, sekelompok anak-anak yang menjadi relawan ilmu sosial mengadakan kelompok lanjutan sebagai upaya pemulihan dari segi psikologis, katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *