Israel Menghadapi Kecaman Internasional atas Serangan ke Rafah, Israel Tidak Dapat Dibenarkan Lagi

Israel tidak bisa lagi membenarkan dirinya sendiri, Israel menghadapi kecaman internasional atas serangan terhadap Rafah

TRIBUNNEWS.COM- Akibat brutalnya serangan yang dilakukan Israel terhadap tenda pengungsi di Rafah, Israel mendapat kecaman dari dunia internasional.

“Tidak dapat lagi dibenarkan” bahwa Israel menghadapi kecaman internasional atas serangan terhadap Rafah, media Israel, Times of Israel, mengumumkan.

Otoritas Palestina dan Mesir menuduh Israel sengaja menargetkan warga sipil di kamp-kamp pengungsi, sementara Qatar mengatakan serangan itu dapat menggagalkan perundingan mengenai kesepakatan penyanderaan.

Israel menghadapi kecaman internasional yang luas pada Senin (27/5/2024) setelah serangan udara di kota Rafah di Gaza selatan menewaskan sedikitnya 45 orang, sebagian besar warga sipil, di sebuah pusat pengungsi pada Minggu malam.

Militer Israel mengatakan serangan itu menargetkan dua pejabat senior Hamas.

Namun penyerangan tersebut rupanya juga terjadi di kawasan Tell Al-Sultan Rafah, Rafah Barat, tempat ribuan pengungsi mengungsi, sehingga mengakibatkan pengungsi yang sebagian besar adalah anak-anak dan perempuan, dibakar hidup-hidup dan beberapa tenda serta shelter ikut dilalap api. .

Pada Senin sore, kementerian kesehatan yang dikelola Hamas mengatakan jumlah korban tewas meningkat menjadi 45 orang, dan 60 orang terluka.

Otoritas Palestina dan kepresidenan Mesir pada Senin pagi menuduh Israel melakukan serangan yang disengaja terhadap pusat-pusat pengungsi.

“Tindakan pembantaian keji yang dilakukan pasukan pendudukan Israel ini menantang semua resolusi legitimasi internasional,” kata Kepresidenan Palestina dalam sebuah pernyataan, dan menuduh pasukan Israel “sengaja menargetkan” kamp-kamp pengungsi. Mesir menuduh Israel sengaja membom pengungsi

Kementerian Luar Negeri Mesir mengeluarkan pernyataan yang menuduh Israel dengan sengaja “membom” pusat-pusat pengungsi dan menyerukan “implementasi tindakan yang diperintahkan oleh Mahkamah Internasional (ICJ) mengenai penghentian segera operasi militer” di Rafah.

Perwakilan Tinggi PBB untuk Urusan Luar Negeri Joseph Borrell menegaskan kembali seruan agar Israel mematuhi perintah Mahkamah Internasional pada hari Jumat bahwa Israel menangguhkan operasinya di Rafah.

“Sungguh dilema bagaimana masyarakat internasional dapat… melaksanakan keputusan tersebut,” katanya.

Para pejabat Israel mengatakan mereka mempertimbangkan perintah ICJ untuk memberikan ruang bagi beberapa operasi di Rafah dan menolak penafsiran bahwa keputusan pengadilan mengharuskan Israel untuk menghentikan serangan sama sekali.

Sementara itu, Hamas mengatakan pada Minggu malam bahwa warga Palestina harus “berdiri dan berbaris” melawan “pembantaian” yang dilakukan oleh militer Israel (DF) di Rafah.

“Mengingat pembantaian mengerikan yang dilakukan oleh para penjahat Zionis di kamp-kamp pengungsi malam ini, kami menyerukan kepada masyarakat kami di Tepi Barat, di Yerusalem, di wilayah-wilayah pendudukan dan di luar negeri untuk bangkit dan berdemonstrasi dengan kemarahan. menentang pembantaian Zionis yang sedang berlangsung terhadap rakyat kami di sektor ini,” kata para pejuang Palestina dalam sebuah pernyataan.

Badan pengungsi Palestina PBB, UNRWA, mengatakan pada hari Senin bahwa laporan serangan terhadap keluarga yang mencari suaka di Rafah “mengerikan”.

“Informasi yang keluar dari Rafah mengenai serangan baru terhadap keluarga pencari suaka sangat mengerikan,” tulis UNRWA di X.

“Ada laporan mengenai korban massal, termasuk anak-anak dan perempuan di antara mereka yang tewas.” Gaza adalah neraka di bumi. Foto-foto tadi malam adalah bukti lebih lanjut dari hal itu.” Qatar: Serangan terhadap Rafah dapat berdampak diplomatis

Qatar menambahkan bahwa serangan itu dapat mempunyai konsekuensi diplomatik dan mengatakan hal itu dapat menggagalkan pembicaraan mengenai gencatan senjata dan kesepakatan untuk membebaskan sandera.

Kementerian Luar Negeri menyatakan “kekhawatiran bahwa pemboman tersebut akan mempersulit upaya mediasi yang sedang berlangsung dan menghalangi tercapainya kesepakatan mengenai gencatan senjata yang segera dan permanen”. Presiden Prancis marah atas penyerangan terhadap Rafa

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengaku marah atas serangan Israel terhadap kamp pengungsi Rafah

Presiden Prancis Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan dia “marah” dengan serangan itu.

“Marah atas serangan Israel yang menewaskan banyak pengungsi di Rafah,” tulisnya di X.

“Operasi ini harus dihentikan. Tidak ada zona aman bagi warga sipil Palestina di Rafah. “Saya menyerukan penghormatan penuh terhadap hukum internasional dan gencatan senjata segera,” katanya.

“Saya menyerukan penghormatan penuh terhadap hukum internasional dan gencatan senjata segera,” tambah Macron. Italia: Serangan terhadap warga sipil Palestina tidak bisa dibenarkan

Italia mengatakan pada hari Senin bahwa serangan Israel terhadap warga sipil Palestina di Gaza tidak lagi dibenarkan, yang merupakan salah satu kritik paling tajam Roma terhadap kampanye Israel.

“Ada situasi yang semakin sulit di mana rakyat Palestina dieksploitasi tanpa menghormati hak-hak pria, wanita, dan anak-anak tidak bersalah yang tidak ada hubungannya dengan Hamas, dan hal ini tidak dapat lagi dibenarkan,” kata Menteri Pertahanan Italia Guido The Croise. . TV SkyTG24.

“Kami melihat posisi Arab Saudi dan Turki dalam situasi ini

Arab Saudi juga mengutuk serangan Israel terhadap Rafah, “yang terbaru menargetkan tenda pengungsi Palestina di dekat gudang UNRWA di barat laut Rafah,” kata Kementerian Luar Negeri dalam sebuah pernyataan pada hari Senin.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan negaranya berupaya untuk meminta pertanggungjawaban Israel.

“Kami akan melakukan segala kemungkinan untuk mengadili orang-orang barbar dan pembunuh yang tidak ada hubungannya dengan kemanusiaan,” kata Erdogan.

Pasukan Pertahanan Israel mengkonfirmasi Minggu malam bahwa mereka telah melakukan serangan udara di Rafah malam itu, namun mengatakan mereka menargetkan kompleks Hamas tempat para pejabat senior berkumpul.

“Serangan itu dilakukan terhadap Hamas sebagai sasaran serangan, sesuai dengan hukum internasional, menggunakan amunisi presisi dan berdasarkan intelijen yang menunjukkan bahwa Hamas menggunakan wilayah tersebut,” kata ISIS dalam pernyataannya pada Minggu malam.

Pada hari Senin, kepala jaksa IDF mengakui bahwa ini adalah insiden yang “sangat serius”.

“Rincian insiden tersebut masih dalam penyelidikan dan kami berkomitmen untuk melakukan penyelidikan semaksimal mungkin,” kata Mayor Jenderal Yifat Tomer Yerushalmi pada konferensi yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pengacara Israel pada hari Senin. “IDF menyesali semua kerugian yang diderita oleh non-kombatan selama perang.”

Secara khusus, jumlah korban tewas dilaporkan oleh Kementerian Kesehatan yang dikelola Hamas di Gaza.

Operasi ISIS di Rafah dianggap sebagai salah satu tahap akhir perang melawan Hamas, yang dimulai pada 7 Oktober.

Setelah melenyapkan sebagian besar batalyon Hamas di Gaza utara dan tengah, IDF mengalihkan perhatiannya ke wilayah selatan, yang menurut mereka masih tersisa empat batalyon.

Namun, Israel menghadapi tekanan internasional yang besar untuk tidak melancarkan operasi di Rafah, karena sebagian besar pengungsi dari wilayah utara dan tengah mencari perlindungan di selatan.

Mahkamah Internasional memerintahkan Israel untuk menghentikan serangan tersebut berdasarkan petisi yang diajukan oleh Afrika Selatan.

(Sumber: Zaman Israel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *