Mengapa konstitusi AS mengizinkan terpidana mencalonkan diri sebagai presiden dan siapa saja yang melakukannya?

Dalam momen yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam politik AS, Donald Trump menjadi mantan atau presiden AS pertama yang dinyatakan bersalah melakukan kejahatan.

Dalam putusan Kamis (30/05) di pengadilan Manhattan, sebagian besar ahli sepakat bahwa Trump kemungkinan besar tidak akan menghadapi hukuman penjara atas 34 dakwaan yang dilakukannya.

Dia diperkirakan akan mengajukan banding atas keputusan tersebut – sebuah proses yang kemungkinan akan dilakukan setelah pemilihan presiden pada bulan November – dan bahkan jika keputusan tersebut ditegakkan, pilihan hukuman yang lebih mungkin bagi Trump adalah denda, masa percobaan atau pengawasan.

Namun, bahkan dalam skenario terburuk – hukuman penjara – Trump dapat melanjutkan pencalonannya – dan bahkan mungkin menjabat sebagai presiden Amerika Serikat dari penjara. Bagaimana seorang penjahat bisa mencalonkan diri sebagai presiden Amerika Serikat?

Persyaratan hukum bagi calon presiden tidak berubah sejak George Washington menjadi presiden pertama Amerika Serikat pada tahun 1789.

Profesor Evan Morgan, profesor sejarah AS di University College London, mengungkapkan ada persyaratan calon presiden AS harus lahir di Amerika Serikat.

“Itulah sebabnya banyak orang khawatir mengenai apakah [mantan presiden AS Barack] Obama benar-benar warga negara Amerika,” kata Profesor Evan Morgan kepada BBC, seraya menambahkan bahwa para kandidat harus berusia di atas 35 tahun.

Pelamar harus sudah tinggal di AS selama 14 tahun – sebuah persyaratan yang ditambahkan setelah Perang Saudara untuk melarang “orang yang terlibat dalam pemberontakan melawan Amerika Serikat”, kata Profesor Morgan.

Namun, penjahat tidak dilarang mencalonkan diri sebagai Presiden Amerika Serikat.

Alasannya berasal dari negara asal, kata Profesor Morgan.

“Amerika Serikat lahir dari sebuah revolusi, dan siapa pun yang masuk penjara karena ikut serta dalam gerakan anti-monarki—Amerika Serikat saat itu masih merupakan koloni [Inggris]—kemungkinan besar akan didiskualifikasi dari pencalonan presiden. .”

Tak satu pun dari para founding fathers AS – anggota konvensi yang merancang Konstitusi AS pada tahun 1787 – benar-benar dipenjarakan oleh Inggris, namun “[beberapa dari mereka] hampir pasti dipenjarakan,” kata Prof. kata Morgan.

“Jika revolusi gagal, mereka [akan] dinyatakan bersalah melakukan pengkhianatan.”

Itu sebabnya para perumus konstitusi tidak mau membatasi siapa yang bisa menjadi presiden, kebijakan yang memperbolehkan tiga calon presiden berkampanye dari sel penjara. Eugene W.Debs

“Kandidat paling penting untuk mencalonkan diri di penjara federal adalah Eugene Debs pada tahun 1920,” kata Profesor Morgan.

Debs pertama kali masuk penjara pada tahun 1894 ketika dia memimpin pemogokan terhadap perusahaan kereta api sebagai pejabat serikat pekerja. Dia dinyatakan bersalah menghalangi pengiriman surat.

Militer AS kemudian mengakhiri pemogokan dan memenjarakan Debs selama enam bulan, sebuah pengalaman yang sangat mempengaruhi pandangan politiknya.

“Dia menjadi anggota Partai Sosialis Amerika yang sangat terkemuka di awal abad ke-20. “Dia mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 1904, 1908, 1912, dan 1920,” jelas Profesor Morgan.

Debs juga sebelumnya mencalonkan diri sebagai kandidat Partai Sosial Demokrat pada tahun 1900.

“Pada tahun 1912, Debs tampil baik dalam perlombaan yang mencakup kandidat Demokrat Woodrow Wilson, kandidat Partai Republik William Howard Taft, kandidat Partai Progresif, dan mantan Presiden Theodore Roosevelt.”

Dia menerima hampir satu juta suara, 6% dari total suara, “persentase tertinggi yang pernah dimenangkan oleh kandidat Partai Sosialis di Amerika.”

Namun, dia menempati posisi kedua di Florida, tetapi tidak memenangkan suara elektoral.

Namun, Profesor Morgan mengatakan bahwa perang yang akan terjadi di tahun-tahun mendatang – Perang Dunia I – akan menjadi krisis besar bagi kaum sosialis Amerika.

“Apakah kita mendukungnya karena patriotisme, atau kita menentangnya sebagai perang kapitalis?”

Debs sangat menentang perang tersebut dan berusaha mencegah orang Amerika berpartisipasi di dalamnya.

“Pada awal musim gugur tahun 1918 – saat perang hampir berakhir – dia memberikan pidato di Canton, Ohio, mendesak Amerika untuk menolak rancangan undang-undang tersebut,” kata Profesor Morgan.

Pada bulan April 1919, Debs didakwa melakukan pengkhianatan dan dipenjarakan di Lembaga Pemasyarakatan Federal Atlanta.

Dia masih di sana untuk pemilihan umum tahun depan, dan Partai Sosialis Amerika sengaja mencalonkannya sebagai calon mereka.

Debs menerima lebih banyak suara dibandingkan tahun 1912 – 914.191 suara pada tahun 1920 dibandingkan dengan 901.551 pada tahun 1912.

Sayangnya, suaranya hanya 3% dari total suara karena perempuan kini punya hak pilih.

Namun, kondisi penjara di Atlanta sangat berbeda dengan apa yang mungkin dihadapi pekerja kerah putih di AS saat ini, dan penjara berdampak buruk pada Debs.

Dia dibebaskan setelah hampir tiga tahun penjara, tetapi kesehatannya tidak pernah pulih dan dia meninggal pada tahun 1926.

Partai-partai sosialis di AS tidak memiliki pengaruh sebesar ini dalam pemilu AS sejak Debs. Lyndon LaRouche

Kandidat presiden yang berkampanye dari penjara karena berbagai alasan adalah Lyndon LaRouche, yang memiliki rekor upaya terbanyak yang dilakukan seorang calon presiden.

“Dia terkadang berkampanye sebagai seorang Demokrat, seringkali sebagai kandidat dari pihak ketiga, dan namanya selalu ada dalam surat suara di setiap pemilu dari tahun 1976 hingga 2008. Itu hobinya,” kata Prof. Morgan berkomentar.

LaRouche aktif dalam politik sayap kiri pada tahun 1940-an, namun pada tahun 1970-an orientasi politiknya bergeser “jauh ke kanan”.

“Hubungan antara Partai Demokrat dan Republik adalah bahwa dia adalah seorang konspirator. “Orang ini punya teori konspirasi yang luar biasa – dia yakin Ratu Elizabeth berusaha menggulingkannya,” kata Profesor Morgan.

Namun, LaRouche menciptakan gerakan politik berdasarkan pandangan dunianya yang eksentrik dan kebijakan populis seperti pajak yang rendah dan memastikan bahwa pemerintah tidak memata-matai warganya sendiri.

Prof. Menurut Morgan, gerakan tersebut tidak pernah memiliki lebih dari 2.000 anggota, tetapi pada tahun 1986 kandidat yang didukung oleh LaRouche memenangkan nominasi Partai Demokrat untuk peran utama di Illinois.

Salah satu dari mereka, Janice A. Hart, mengancam akan membawa tank ke jalan dan, mungkin yang lebih penting, mengumpulkan banyak uang.

“Kita tidak pernah tahu berapa jumlahnya, namun beberapa perkiraan memperkirakan jumlahnya mencapai $200 juta,” kata Profesor Morgan.

“Dia menggunakannya untuk mendanai kandidat yang dia dukung dalam pemilu lokal, negara bagian, dan kongres – namun hanya sedikit yang berhasil.”

Pada tahun 1989, dia masuk penjara karena penipuan surat dan menjalani hukuman 15 tahun.

“Ketika pemilu tahun 1992 semakin dekat, LaRouche memutuskan untuk mencalonkan diri,” kata Prof. Morgan mengatakan, “Dia terdaftar dalam daftar pemilih di beberapa negara bagian, namun dia hanya mendapat 27.000 suara, hanya 0,1% dari total.”

Hukuman LaRouche diringankan dan dia dibebaskan dari penjara pada tahun 1994. Dia kemudian mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 1996, 2000, 2004 dan 2008.

Meskipun penggalangan dana dan kampanye terus-menerus, Prof.

“Lyndon LaRouche hanyalah catatan kaki kecil dalam sejarah.”

LaRouche meninggal pada tahun 2019. Joseph Smith

Joseph Smith mendirikan Mormonisme pada tahun 1830, sebuah agama yang berpusat pada Kristus dengan perbedaan besar dari gereja Katolik, Protestan, dan Ortodoks.

Dalam Mormonisme, dia memperkenalkan poligami kepada orang-orang terdekatnya.

“Hal itu dipandang sebagai ancaman terhadap nilai-nilai inti Amerika. Poligami dipandang sebagai kejahatan terburuk dan Smith memiliki 20 istri,” kata Profesor Morgan.

Smith berasal dari Massachusetts, tetapi pencariannya akan rumah yang aman bagi para pengikutnya membawa mereka ke barat menuju Illinois.

Di sana, orang Mormon membangun kota mereka sendiri, Nauvoo, di tepi Sungai Mississippi pada awal tahun 1840-an, tempat mereka ingin tinggal dan beribadah di dunia.

Smith kemudian terpilih sebagai walikota dan milisi Mormon dibentuk.

“Praktik poligaminya menimbulkan permusuhan dari orang Mormon lain yang istrinya dia curi.”

Smith memerintahkan pasukannya untuk menghancurkan mesin cetak surat kabar anti-Smith, yang akhirnya menyebabkan dia dipenjara di Carthage, Illinois.

Dia mencalonkan diri sebagai kandidat Partai Reformasi pada pemilihan presiden tahun 1844, berharap partainya yang berbasis Mormon akan menguasai pemerintahan, sehingga mempromosikan poligami mereka dan pandangan Smith bahwa setiap manusia adalah Tuhan.

Namun, keyakinan partai terhadap pembebasan perbudakan secara bertahap meningkatkan permusuhan terhadap mereka.

“Abolisionisme tidak terlalu populer di India Utara pada saat itu; “Bahkan para abolisionis non-Mormon mempertaruhkan nyawa mereka untuk mengadvokasi penghapusan perbudakan,” kata Profesor Morgan.

Massa berkumpul di luar penjaranya di Carthage dan menembak dia serta tahanan lainnya di gedung tempat mereka berlindung.

“Regu tembak dadakan dibentuk untuk menembak lebih banyak mayat,” tambah Profesor Morgan.

Pada pemilihan umum tahun 1844, Partai Reformasi tidak mengajukan calon alternatif.

Jadi ada tiga calon presiden lagi yang bersaing untuk menduduki jabatan tertinggi di penjara tersebut, dan calon presiden keempat mungkin akan muncul ketika Joseph Maldonado-Passage mencalonkan diri pada bulan November.

Bintang film dokumenter Netflix tahun 2020 The Tiger King, juga dikenal sebagai Joe Exotic, telah mengumumkan minatnya untuk mencalonkan diri sebagai presiden dari Partai Demokrat.

Dia saat ini menjalani hukuman lebih dari 20 tahun penjara atas tuduhan kekejaman terhadap hewan dan konspirasi untuk membunuh pemilik kebun binatang saingannya.

Jika dia masuk penjara, posisi Trump sebagai kandidat tidak akan unik, tapi dia akan menjadi orang paling penting untuk mencalonkan diri sebagai presiden dari penjara.

Bahkan jika ia menghindari hukuman penjara, seperti yang ditunjukkan oleh koresponden BBC Amerika Utara John Sudworth, sebuah negara yang terbagi menjadi dua akan memiliki seorang penjahat yang terbukti mencalonkan diri sebagai presiden.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *