Jerman Catat Kasus Pelecehan Pada Anak Meningkat

Jumlah kasus pelecehan seksual terhadap anak-anak dan remaja di Jerman meningkat secara signifikan tahun lalu, menurut laporan polisi yang diterbitkan pada Senin (7 Agustus).

Kantor Polisi Kriminal Federal (BKA) Jerman melaporkan bahwa kasus produksi dan distribusi gambar yang menyinggung meningkat lebih dari tiga kali lipat dalam lima tahun terakhir. Bagaimana rincian angka-angka tersebut?

Jumlah kasus pelecehan seksual terhadap anak yang terdaftar akan meningkat sebesar 5,5% menjadi 16.375 kasus pada tahun 2023 dibandingkan tahun sebelumnya.

Dari jumlah tersebut, 18.497 orang adalah korban pelecehan seksual terhadap anak-anak, dan sekitar tiga perempatnya adalah perempuan. Lebih dari separuh korban diketahui memiliki hubungan sebelumnya dengan tersangka.

Dari 11.900 orang yang terdaftar sebagai tersangka dalam kasus tersebut, 94% adalah laki-laki.

Pada periode yang sama, terdapat 1.200 pelanggaran yang melibatkan remaja berusia 14-17 tahun yang pernah mengalami pelecehan seksual. Jumlah ini meningkat 5,7% dibandingkan tahun 2022.

Tingginya jumlah tersangka anak-anak atau remaja, lagi-lagi sekitar 30%, sungguh luar biasa, kata BKA.

Sebagian besar kasus telah dilaporkan di negara-negara berpenduduk padat dengan wilayah metropolitan yang luas.

Namun polisi mengatakan peningkatan kasus setiap tahunnya tidak perlu dikhawatirkan. Menurut polisi, karena banyak kasus pelanggaran jenis ini tidak dilaporkan, namun jumlah kasus yang terdeteksi, jumlah ini kemungkinan besar mencerminkan peningkatan pengawasan dan investigasi. Namun, mereka juga menunjukkan bahwa banyak kasus yang mungkin masih belum dilaporkan.

Sementara itu, jumlah kasus eksploitasi visual terkait pelecehan seksual terhadap anak meningkat sebesar 7,4% menjadi sekitar 45.000 kasus.

Tercatat pada tahun 2019 hingga 2023, jumlah kasus meningkat lebih dari tiga kali lipat, yaitu dari 12.268 menjadi 45.191.

Polisi sebagian besar mengaitkan hal ini dengan peningkatan perilaku dan komunikasi online, serta peningkatan kewenangan polisi untuk mengadili aktivitas tersebut. Bagaimana reaksi pemerintah Jerman?

“Setiap hari, 54 anak-anak dan remaja di Jerman menjadi korban pelecehan seksual,” kata Menteri Dalam Negeri Federal Nancy Faeser saat presentasi laporan tersebut.

“Ini adalah tindakan mengerikan yang sangat mempengaruhi kami dan membuat kami tidak bisa berkata-kata. Kebanyakan korban mengetahui pelakunya karena mereka adalah anggota keluarga, teman atau kenalan.”

Dia berbicara tentang tindakan keji yang membuat orang tidak bisa berkata-kata dan menyerukan perdebatan tentang penyimpanan data online.

“Pelanggar seharusnya tidak merasa aman di mana pun. Itu sebabnya kami juga mewajibkan penyedia untuk menyimpan alamat IP,” kata Faeser.

BKA mengatakan dalam laporannya bahwa jumlah kasus pelecehan anak yang terdeteksi berkaitan erat dengan aktivitas pemantauan polisi dan laporan perilaku.

“Karena meningkatnya jumlah prosedur dan meningkatnya jumlah kasus, kami telah memperkuat kemampuan analitis dan kerja sama dengan kepolisian negara bagian dan akan terus memperluas kemampuan teknis kami untuk mengidentifikasi penjahat dengan lebih cepat dan efektif,” kata Wakil Presiden BKA Martina Link .

Rs/pkp (dpa, epd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *