Tata Cara Mengisi Perencanaan Kinerja Guru Periode Juli-Desember 2024 di PMM

TRIBUNNEWS.COM – Berikut tata cara penyusunan perencanaan kegiatan guru periode Juli-Desember 2024 di platform Merdeka Mengajar.

Saat ini guru sudah bisa melakukan manajemen kinerja pada platform Merdeka Mengajar (PMM) pada Juli-Desember 2024.

Seperti pada era sebelumnya, salah satu fitur yang ada pada PMM adalah manajemen kinerja yang digunakan untuk menyusun perencanaan kegiatan guru.

Rencana kinerja harus diselesaikan setiap awal bulan semester atau sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Melengkapi rencana kinerja berarti memudahkan guru berdiskusi dengan pengawas atau kepala sekolah, serta melakukan evaluasi dan koreksi yang lebih efektif.

Mengutip dari Pusatbesar.guru.kemdikbud.go.id, tata cara pengisian jadwal kegiatan guru bulan Juli-Desember 2024 di PMM, Senin (22/7/2024):

1. Sign in/masuk menggunakan akun email Belajar.id sekolah asal Anda untuk mengakses manajemen kinerja di PMM melalui perangkat desktop atau laptop.

2. Di menu utama, klik “Manajemen Kinerja”.

3. Kemudian pilih periode pada Periode Manajemen Perubahan.

Dalam hal ini pilih periode Juli-Desember 2024.

Kemudian Anda akan melihat pesan “Periode berhasil dikonversi: Juli-Desember 2024”.

4. Bagi yang mengakses Performance Management melalui aplikasi PMM di ponsel Android, akan mendapat notifikasi berupa rekomendasi untuk mengakses Performance Management melalui komputer atau laptop untuk mendapatkan layar sistem yang lebih optimal.

Jika Anda masih ingin mengakses Manajemen Kinerja melalui aplikasi, klik tombol “Tetap Di Sini”.

5. Anda dapat mengklik tombol “Start” di pojok kanan atas halaman Performance Management untuk mulai menyiapkan “Performance Scheduler”.

6. Anda akan diminta untuk memverifikasi data pribadi Anda sebelum memulai persiapan rencana kerja.

Jika informasi pribadi Anda benar, Anda dapat mengklik “Informasi Anda benar”, tetapi jika informasi pribadi Anda salah, Anda dapat mengklik “Edit”.

7. Selanjutnya, pilih informasi pribadi yang ingin Anda sesuaikan, lalu klik tombol “Simpan”.

8. Kemudian akan muncul halaman yang mengonfirmasi kompatibilitas data Anda.

Jika sudah benar, klik “Data sudah benar”.

9. Selanjutnya, Anda dapat mulai menyusun Rencana Kinerja yang terdiri dari lima tahap, meliputi praktik pelatihan, pengembangan keterampilan, tugas tambahan, perilaku kerja, dan kesimpulan.

Tab Praktik Pengajaran meminta guru sekolah dasar dan menengah untuk memilih sub-indikator yang menjadi fokus peningkatan kinerja.

Guru didorong untuk memilih sub-indikator yang direkomendasikan berdasarkan Laporan Pembelajaran.

Klik “Laporan Satdik Pendidikan” untuk melihat laporan pendidikan versi terbaru.

Setelah Anda memilih salah satu metrik yang ingin Anda fokuskan untuk ditingkatkan, Anda dapat mengklik tombol “Lanjutkan ke Pengembangan Penyelesaian” untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

Jika Anda ingin menghentikan sementara pemilihan indikator dalam latihan dan kembali menyiapkan rencana aksi nanti, klik tombol “Simpan draf”.

Di tab “Pengembangan Keterampilan”, Anda dapat memilih “Rencana Pencapaian” untuk menentukan jenis pengembangan keterampilan yang Anda perlukan.

Jika Anda ingin mengirimkan tugas tambahan, Anda dapat memilih tab “Tugas Tambahan”.

Isikan aspek-aspek yang diperlukan pada tab “Perilaku Ketenagakerjaan”.

10. Setelah mengklik “Lanjutkan Pengiriman” pada tab Ringkasan, Anda akan melihat layar konfirmasi untuk menyerahkan rencana kerja ke manajemen.

Jika jadwalnya sesuai, klik tombol “Kirim”.

Namun jika ingin memeriksa kembali, klik “Periksa lagi” atau “Simpan draf” jika ingin berhenti menyiapkan rencana tindakan.

11. Anda telah berhasil mempresentasikan rencana kinerja Anda kepada supervisor Anda.

Anda kemudian dapat berdiskusi dengan atasan Anda untuk mendapatkan persetujuan atau kesepakatan atas perbaikan tersebut sebelum melaksanakan tahap penerapan.

12. Jika sekolah Anda tidak memiliki kepala sekolah tertentu, namun memiliki kepala sekolah sementara (pintar kepala sekolah), sistem akan secara otomatis menyetujui dokumen perencanaan kerja Anda.

(mg/tiara eka maharani)

Penulis magang di Universitas Sebelas Maret (UNS).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *