Tumpahan Minyak Membentang 200 km di Dekat Kapal Chios Lion setelah Serangan Houthi di Laut Merah

TRIBUNNEWS.COM – Tumpahan minyak sepanjang 200 kilometer terdeteksi di dekat sebuah kapal tanker di Laut Merah yang diserang oleh ledakan drone Houthi, menurut citra satelit pada Selasa (16 Juli 2024).

Kapal tanker Chios Lion, yang mengibarkan bendera Liberia, membawa muatan minyak mentah, The National melaporkan.

Sebagai referensi, Liberia merupakan salah satu negara anggota PBB yang mendukung berdirinya negara Yahudi di Palestina pada tahun 1947.

Israel dan Liberia telah menjalin hubungan sejak akhir tahun 1950an.

Kapal Lion of Chios tampak rusak parah setelah bagian sampingnya dihantam kapal drone yang meledak.

Serangan itu merupakan bagian dari serangkaian operasi Houthi yang menargetkan kapal-kapal yang berlayar sekitar 185 kilometer barat laut kota pelabuhan Hodeidah di Yaman.

Laporan awal menunjukkan bahwa singa Chios selamat dari serangan awal dengan kerusakan minimal.

Pusat Informasi Maritim Gabungan, outlet media Perserikatan Bangsa-Bangsa yang mencari perlindungan, mengatakan: “Kapal tersebut awalnya menuju ke selatan, tetapi setelah serangan itu, kapal tersebut berbalik untuk menilai lebih lanjut kerusakan dan menyelidiki kemungkinan tumpahan minyak. , menuju utara dari daerah ancaman .” Dari serangan Houthi di daerah tersebut. Militan Houthi menyerang kapal tanker minyak Laut Merah (dari ‘The Nation’)

Kapten dan awak kapal dikatakan selamat.

LSM Lingkungan, Conflict and Environment Observatory, mengatakan tumpahan minyak meliputi area seluas 220 kilometer.

Tumpahan terjadi di area seluas beberapa kilometer, namun jumlah minyak yang tumpah masih belum diketahui.

Menurut data pelayaran, Chios Lion memiliki total panjang 243 meter dan masuk dalam kategori kapal tanker Aframax.

Kapal-kapal ini jauh lebih kecil dibandingkan VLCC terbesar, yang mampu mengangkut hingga 3,7 juta barel minyak, namun masih dapat mengangkut antara 500.000 dan 700.000 barel minyak mentah.

Dean Mikkelsen, konsultan keselamatan yang fokus di wilayah tersebut, mengatakan kapal tersebut kemungkinan memiliki lambung ganda, berdasarkan informasi bahwa kapal tersebut dibuat 14 tahun lalu.

Kapal tanker berlambung ganda diperkenalkan pada awal tahun 1990an menyusul serangkaian perjanjian internasional menyusul tumpahan minyak Exxon Valdez.

Lambung ganda juga merupakan fitur yang semakin umum pada kapal induk.

Namun, kapal tersebut dirancang untuk meminimalkan dampak kandasnya kapal tanker dan tabrakan dengan kapal lain, dibandingkan serangan eksplosif.

Aktivitas gerakan Houthi saat ini, yang sebagian besar terkonsentrasi di Laut Merah dan Teluk Aden, dimulai pada bulan November dan berdampak besar pada perdagangan global.

Sebuah perusahaan internasional besar mengumumkan pada hari Rabu bahwa serangan Houthi telah mengganggu pengiriman di seluruh jaringan pelayaran Laut Merahnya. Citra satelit menunjukkan tumpahan minyak setelah serangan Houthi di Laut Merah (X/ceobs_org)

Associated Press Moller Maersk mengatakan dalam sebuah pernyataan:

“Dampak berkelanjutan dari gangguan ini melampaui rute-rute utama yang terkena dampak, menyebabkan kemacetan di rute-rute alternatif dan pusat-pusat transshipment yang penting untuk perdagangan dengan Asia Timur Jauh, Asia Barat, Asia Tengah dan Eropa.”

Sejak Desember, Maersk dan perusahaan pelayaran lainnya telah mengubah rute kapal di dekat Tanjung Harapan di Afrika untuk menghindari Laut Merah.

Namun, waktu pengiriman yang lebih lama akan mengakibatkan biaya pengiriman lebih tinggi.

Maersk mengatakan ekspor dari Asia lebih terkena dampak pandemi ini dibandingkan impor dari Asia.

Maersk mengatakan permintaan global terhadap angkutan laut masih tinggi.

Angkutan udara, termasuk solusi transportasi udara dan laut, digunakan sebagai alternatif kargo yang memerlukan pengiriman mendesak.

(Tribunnews.com, Tiara Sheravi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *