Badai PHK di Industri Tekstil Bikin Peserta BPJS Ketenagakerjaan Berkurang 24.000 Orang

Diposting oleh Dennis Destryawan dari Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Jumlah peserta Program BPJS mengalami penurunan sebesar 4,2 persen atau 24 ribu peserta dari tahun 2023 karena banyaknya peserta yang merupakan masyarakat yang menganggur di industri TPT.

Direktur Operasi BPJS Anggoro Eko Cahyo mengatakan penurunan jumlah peserta BPJS Operasional terjadi pada tekstil, pakaian jadi, dan alas kaki. Hal itu diumumkan pada rapat Konferensi IX dengan BPJS Operasional di Gedung DPR Anggoro.

Anggoro mengatakan di DPR di Jakarta, Selasa (2/7/2024), “Ada penurunan sebesar 4,2 persen atau 24 ribu orang yang tidak ikut serta,” kata Anggoro.

Anggoro mengatakan, bisnis kulit, barang dari kulit, dan sepatu turun sekitar 6 persen. Namun, kinerja proyek ini masih lebih baik karena jumlah pesertanya meningkat dalam empat bulan terakhir. Yang penting, lanjutnya, angka tersebut menunjukkan penurunan dalam perdagangan dan sandang.

“Ada juga tekstil, kalau dilihat penurunannya Januari-Mei 2023 turun 6 persen atau 21 ribu,” imbuh Anggoro.

Ia mengatakan, pihaknya bertemu dengan perusahaan-perusahaan di industri garmen, tekstil, dan alas kaki saat konferensi pers untuk memastikan pekerja mendapatkan manfaat dari berbagai langkah perlindungan tenaga kerja.

Pihaknya tergabung dalam 57 perusahaan dengan jumlah karyawan 321.966 orang atau sekitar 21,37 persen.​​​​​​​​​​

Berdasarkan Data Kegiatan BPJS Mei 2024, terdapat 62.794 Jaminan Hari Tua (OI) yang dibuat di luar periode ketiga tahun tersebut karena adanya duplikasi. Sementara itu, sebanyak 12.586 lamaran, atau sekitar 20 persen dari seluruh lamaran, dilakukan oleh pekerja di bidang tekstil, alas kaki, dan pakaian.

Persentasenya​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​harusnya tiga persen​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​adalah tiga persen​​​​​​ lebih tinggi dibandingkan polis JHT sandang, tekstil, dan alas kaki pada tahun 2023. Setelah itu, BPJS Operasional mencatat 24.453 polis asuransi pengangguran (JKP) hingga Mei 2024, dengan periode yang sama tercatat 27.222 restitusi. .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *