Pakar Ungkap Efek Konsumsi Air Tak Sehat, Bisa Sakit Lambung hingga Stunting

Laporan Jurnalis Tribunnevs.com, Abdi Rajanda Shakti

TRIBUNNEVS.COM, JAKARTA – Air minum yang sehat merupakan komponen penting yang dibutuhkan masyarakat.

Banyak dampak yang ditimbulkan pada tubuh jika seseorang sering meminum air yang tidak sehat.

Ketua Indonesia Working Group on Hydration (IHVG) Fakultas Kedokteran UI, dr. Diana Sunardi mengatakan, ada sejumlah penyakit jika meminum air minum yang tidak bersih.

“Dulu yang paling kita tahu adalah diare. Tapi semakin banyak penelitian yang menunjukkan dampaknya banyak, mulai dari stunting,” kata Diana dalam acara Aqua media trip Upaya 100 persen menjaga kemurnian air 100 persen, ujarnya, Selasa. (23/7/2024).

Diana menjelaskan, dampak yang terkait dengan keterlambatan tumbuh kembang, yaitu bakteri baik dan bakteri jahat pada usus saluran pencernaan anak, sangatlah penting.

Karena imunitas utama tubuh ada pada saluran pencernaan.

Padahal, Diana menyebut risiko penyakit terbesar adalah kanker.

Sebab, airnya tercemar logam berat.

Selain itu, ada penelitian yang mempengaruhi penyakit lambung yaitu infeksi Helicobacter pylori.

Dampaknya adalah penyerapan makanan tidak sempurna akibat saluran pencernaan yang tidak sehat.

“Probiotik merupakan keseimbangan bakteri baik dan jahat dalam saluran cerna yang sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Tampaknya lebih banyak pada anak yang mengonsumsi air berkualitas atau sehat,” imbuhnya.

Dosen Departemen Teknik Geologi UGM dan Ketua Pengurus Persatuan Penjaga Sumber Daya Air Indonesia, prof. Heru Hendraiana mengatakan, air yang masuk kategori sehat adalah air yang berada di permukaan bawah.

“Kalau mau cari air minum, tentu bukan air di atas permukaan, pasti jelek, kita lihat apa yang ada di bawahnya. Kualitas air di bawah sangat tergantung sumbernya,” ujarnya.

“Air yang lewat dibawahnya dipengaruhi oleh batuan yang lewat, batuan itu mineral, nah secara ilmiah air yang diatas pasti jelek karena dipengaruhi oleh ulah manusia, makanan yang baik dibawah ada lapisannya melindunginya,” lanjutnya.

Keterangan Foto: Diskusi kriteria air sehat yang digelar PT PT Tirta Investama (Danone AKUA Group) di pabrik AKUA Klaten, Jawa Tengah, Selasa (22/07/2024). (Tribunevs.com/Abdi Rianda Shakti).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *