Tiga alasan mengapa Vladimir Putin akan bertemu Kim Jong Un di Korea Utara

Presiden Rusia Vladimir Putin berencana mengunjungi Korea Utara dan bertemu Kim Jong-un pada Selasa (18/06). Perjalanan ini merupakan kunjungan pertama Putin ke Pyongyang sejak Kim Jong Il berkuasa 24 tahun lalu.

Kremlin telah mengonfirmasi rencana Presiden Rusia Vladimir Putin mengunjungi Korea Utara pada Selasa (18/06).

Konfirmasi tersebut mengakhiri spekulasi berbulan-bulan tentang perjalanan tersebut.

Sebelumnya, saat kunjungan kenegaraan Presiden Korea Selatan Yoon Seok-yeol ke Kazakhstan, pejabat Gedung Biru Korea Selatan secara resmi membeberkan rencana Putin mengunjungi Pyongyang kepada wartawan.

Pyongyang juga dikabarkan sudah memulai persiapan kunjungan Presiden Putin ke China.

Pada September tahun lalu, Putin diundang oleh Kim Jong-un setelah ia mengadakan pertemuan puncak di Kosmodrom Vostok di Rusia.

Jika pertemuan tahun lalu antara pemimpin Korea Utara dan Rusia meletakkan dasar bagi hubungan kedua negara, beberapa analis percaya bahwa kunjungan ini akan menjadi langkah penting dalam menunjukkan kemajuan penting yang telah dicapai.

Pada pertemuan Korea Utara, perhatian global terfokus pada kemungkinan kerja sama militer yang lebih erat antara Rusia dan Korea Utara, seperti pertukaran senjata dan program nuklir.

Pertemuan ini juga menjadi peluang untuk mempererat kerja sama di berbagai bidang seperti ekonomi, kemasyarakatan, budaya, pertanian, pariwisata dan lain sebagainya.

Namun, Kim Dong-yeop, seorang profesor di Universitas Studi Korea Utara, mengatakan pertemuan itu bisa lebih seperti sebuah “peristiwa” daripada forum diskusi mendalam untuk menyepakati hasil nyata.

BBC merangkum tiga alasan mengapa Putin dan Kim Jong-un berharap bisa menjalin “persahabatan” dalam pertukaran kunjungan. Militer: Rusia butuh senjata, Korea Utara butuh teknologi

Amerika Serikat baru-baru ini mengizinkan Ukraina menggunakan senjata di wilayah Rusia.

Ketika invasi Rusia ke Ukraina berlanjut selama lebih dari dua setengah tahun, ketergantungan Korea Utara dan Rusia pada pasokan militer terus berlanjut.

Nam Sung-wook, seorang profesor di Departemen Unifikasi dan Diplomasi Universitas Korea, mengatakan agenda utama kunjungan Putin ke Korea Utara adalah “berapa banyak senjata buatan Korea Utara yang akan dipasok ke Rusia di masa depan.”

Dia yakin kedua pemimpin akan mengambil langkah lebih jauh dari perjanjian jangka pendek, yang bertujuan untuk menyediakan senjata konvensional kepada Korea Utara.

Menurutnya, Putin dan Kim Jong Un diperkirakan akan menyepakati kerja sama militer yang sangat erat, seperti pengembangan sistem militer gabungan.

Korea Utara diperkirakan menginginkan lebih dari sekedar makanan dan bahan bakar daripada memasok senjata ke Rusia.

Profesor Nam memperkirakan Korea Utara, yang tidak meluncurkan satelit pengintaian militer pada Mei lalu, akan meminta bantuan teknis dari Rusia dalam teknologi luar angkasa pada pertemuan ini.

Korea Utara membutuhkan bantuan dari Rusia, negara maju dalam teknologi luar angkasa, untuk meluncurkan lebih banyak satelit.

Korea Utara juga diperkirakan akan mencari bantuan teknis dari Rusia untuk meningkatkan resolusi satelit pengawasannya dan mengembangkan kapal selam nuklir.

Profesor Nan percaya bahwa kecil kemungkinannya akan ada perdebatan publik mengenai senjata nuklir.

Saat ini, Presiden Putin bereaksi sensitif terhadap masuknya senjata Barat ke Ukraina, mengancam tanah air Rusia, dan bahkan menyarankan penggunaan senjata nuklir.

Namun kerja sama senjata nuklir di semenanjung Korea dan Asia Timur Laut akan menimbulkan reaksi keras dari negara tetangga dan negara lain seperti Amerika Serikat dan Tiongkok.

Oleh karena itu, topik terkait nuklir diperkirakan tidak akan diungkapkan kepada publik pada pertemuan ini. Rusia menginginkan tenaga kerja, Korea Utara menginginkan devisa

Rusia dan Korea Utara juga diperkirakan akan membahas perluasan kerja sama ekonomi.

Kang Dong-wan, seorang profesor ilmu politik dan diplomasi di Universitas Dong-A, mengatakan bahwa apa yang paling dibutuhkan Korea Utara dari Rusia adalah “pendapatan devisa tenaga kerja.”

Itu berarti Korea Utara bisa mengirim lebih banyak pekerja ke Rusia, katanya.

Di sisi lain, Rusia juga membutuhkan tenaga kerja untuk membangun kembali gedung dan infrastruktur yang rusak akibat perang dan menghidupkan kembali perekonomian.

Kang mengatakan kedua pemimpin mungkin mempertimbangkan untuk mendatangkan pekerja migran dari Korea Utara.

Alasannya adalah, setelah perang di Ukraina, Rusia mengalami kekurangan tenaga kerja yang parah akibat mobilisasi militer dan emigrasi generasi muda.

Namun sanksi Dewan Keamanan PBB terhadap Korea Utara melarang warganya bekerja di luar negeri. Selain itu, seluruh pekerja Korea Utara yang sebelumnya dikirim ke luar negeri harus dipulangkan paling lambat tanggal 22 Desember 2019.

Oleh karena itu, jika Rusia, sebagai anggota tetap Dewan Keamanan, secara resmi mencoba merekrut pekerja dari Korea Utara, hal ini dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap komunitas internasional.

Di bawah reaksi internasional dan tekanan diplomatik, cara kedua negara melakukan kerja sama ekonomi akan menjadi perhatian komunitas internasional. Pertukaran Budaya: Apakah Pariwisata ke Korea Utara Berkembang?

Rusia telah melanjutkan kunjungan kelompok ke Korea Utara sejak Februari tahun lalu, setelah ditangguhkan karena pandemi Covid-19.

Selain itu, layanan kereta penumpang antara Korea Utara dan Rusia mulai beroperasi pada 6 Juni untuk pertama kalinya dalam empat tahun.

Menurut pemerintah Primorsky Krai Rusia, lebih dari 400 turis Rusia mengunjungi Korea Utara dari Februari hingga Mei 2024.

Agen perjalanan Rusia Vostok Intru telah meluncurkan paket lima hari empat malam ke Korea Utara di situs webnya seharga 12,3 juta rupiah ($750), yang dapat dipesan hingga September.

Website biro perjalanan tersebut juga mencantumkan berbagai produk perjalanan seperti tur ke Gunung Paektu, tur sejarah Korea Utara, dan perayaan peringatan Perang Korea.

Jadi mengapa industri pariwisata Korea Utara menjadi lebih aktif akhir-akhir ini? “Pariwisata bukan hanya cara untuk mendapatkan mata uang asing, tetapi juga memainkan peran penting dalam mengembangkan hubungan melalui pertukaran langsung antar manusia,” jelas Kim Dong-yeop, profesor di Universitas Studi Korea Utara.

Ia mengatakan kunjungan warga Rusia ke Korea Utara sangat membantu dalam meningkatkan hubungan persahabatan kedua negara.

Kim Dong-yeop menganalisis bahwa seiring dengan meningkatnya pertukaran antara kedua bangsa, kedua negara semakin saling bergantung, sehingga akan membantu mengurangi ketegangan militer.

Profesor Kim mengatakan kunjungan wisatawan asing juga membantu menurunkan citra Korea Utara di mata internasional sebagai negara tertutup dan berbahaya.

Oleh karena itu, industri pariwisata Korea Utara dianggap sebagai sarana penting pertukaran sosial dan budaya yang melampaui aspek ekonomi dan untuk meningkatkan citra internasionalnya.

Namun baru-baru ini, tur kelompok ke Korea Utara dibatalkan karena beberapa wisatawan khawatir akan meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea.

Agen perjalanan Rusia Vostok Intur juga baru-baru ini mengatakan bahwa tur grup empat hari yang semula dijadwalkan pada 31 Mei telah dibatalkan karena kurangnya pelamar.

Keterbatasan infrastruktur pariwisata dan pembatasan pergerakan orang asing asal Korea Utara membuat negara tersebut kesulitan mengembangkan pariwisata.

Profesor Kang Dongwan meyakini pertemuan Korea Utara-Rusia bisa menjadi peluang untuk membahas kerja sama pariwisata. Apa bedanya dengan kunjungan Putin ke China 24 tahun lalu?

Pada tanggal 19 Juli 2000, Presiden Putin mengunjungi Pyongyang untuk pertama kalinya dan bertemu dengan pemimpin Korea Utara saat itu dan ayah Kim Jong-un, Kim Jong-il.

Ini merupakan pertemuan puncak pertama antara Rusia dan Korea Utara sejak berakhirnya Perang Dingin.

Pada saat itu, Rusia sedang berusaha untuk tampil kembali di kancah internasional dan Korea Utara sedang berusaha meningkatkan hubungannya dengan dunia luar setelah masa “Hard March,” atau kelaparan, pada tahun 1990-an.

Saat itu, pemimpin kedua negara mengadopsi “Pernyataan Bersama antara Korea Utara dan Rusia”, yang mencakup pembahasan mengenai kerja sama bilateral dan bantuan timbal balik antara kedua negara, termasuk masalah rudal Korea Utara dan perjanjian persahabatan.

Khusus mengenai kerja sama militer, kedua belah pihak sepakat bahwa “jika terjadi serangan atau situasi berbahaya, kedua negara akan segera memberitahukannya.”

Namun, mengingat kedekatan baru-baru ini antara Korea Utara dan Rusia, para ahli menduga bahwa perjanjian tersebut akan diperkuat pada pertemuan-pertemuan mendatang, yang dapat memperbarui hubungan dari “afiliasi” menjadi “aliansi”.

“Di masa lalu, kunjungan Putin ke Korea Utara dilakukan dalam kondisi provokasi militer terbatas oleh Korea Utara.” Namun kini, hubungan militer antara Korea Utara dan Rusia semakin menguat pasca perang di Ukraina,” kata Nam.

South mengatakan pertemuan itu akan menghasilkan “kerja sama yang lebih erat, hampir seperti aliansi” dibandingkan sebelumnya.

Bagi Korea Selatan, perubahan besar lainnya sejak kunjungan terakhir Putin adalah Korea Utara kini memiliki senjata nuklir.

Profesor Kim melanjutkan, “Dengan melemahnya sistem unipolar yang berpusat di AS dan terbentuknya kembali tatanan internasional, diperkirakan Rusia dan Korea Utara akan mencari cara baru untuk bekerja sama guna melindungi kepentingan nasional mereka.”

“Dengan memburuknya hubungan antar-Korea baru-baru ini, Korea Utara dapat mengembangkan strategi diplomatik baru,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *