Jerman: Ada Lonjakan Spionase Pihak Intelijen Rusia dan Cina

Kantor pers Kantor Kejaksaan Federal Jerman telah menjadi pusat kegiatan baru-baru ini.

Pada Selasa (23/04) sebuah artikel berjudul “Agen Dinas Rahasia Ditangkap karena Dugaan Tindakan” diterbitkan.

Kemudian, siaran pers sehari sebelumnya memiliki judul yang sama persis.

Keempat tersangka, termasuk tiga pria dan satu wanita, diduga merupakan mata-mata Tiongkok.

“Pada akhirnya, kita harus memahami bahwa ini adalah ancaman serius dan sangat nyata terhadap keamanan kita,” kata Konstantin von, anggota parlemen dari kelompok Partai Hijau dan ketua komite kontrol parlemen untuk badan intelijen di majelis rendah. Bundestag. . mengambil keuntungan

“Kita harus bertindak cepat dan tegas, melalui penuntutan pidana dan mengungkap struktur dan jaringan mereka,” tambahnya.

Faktanya, perkembangan terkini seperti itu tidak lagi mengejutkan kepala badan intelijen dalam negeri Jerman.

“Kami memulai penyelidikan ini, dan setelah buktinya cukup jelas, kami dapat menyerahkan kasus ini kepada polisi dan jaksa penuntut umum,” kata Thomas Haldenwang, kepala dinas intelijen dalam negeri Jerman, kepada DW.

Pada tahun 2023, badan tersebut melaporkan bahwa “ambisi global Tiongkok bertujuan untuk memperoleh lebih banyak kekuatan, dan lebih meningkatkan aktivitas spionase serta mempengaruhi aktor-aktor negara.”

Haldenwang mengatakan kepada DW bahwa “mereka ingin menjadi kekuatan politik, militer, dan ekonomi nomor satu di dunia pada tahun 2049. Dan mereka terus mencapai tujuan ini melalui cara-cara legal dan ilegal,” tambahnya. Tujuan unggulan: universitas dan bisnis

Haldenwang menyatakan bahwa peneliti dan mahasiswa Tiongkok di beberapa universitas Jerman “harus memberikan informasi kepada negara.”

“Kita tidak boleh naif ketika berhadapan dengan Tiongkok,” tambah Menteri Pendidikan dan Riset Jerman Bettina Stark-Wutzinger, seraya menambahkan, “Yang diperlukan adalah pertimbangan yang lebih kritis terhadap risiko dan manfaat kerja sama, khususnya di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. .” Universitas”‘.

Badan intelijen dalam negeri, kata Haldenwang, juga mewaspadai dukungan finansial. Pasalnya melalui usaha patungan dan investasi langsung, manajer dan pekerja lain asal Tiongkok segera datang ke Jerman. Dia mengidentifikasi kemungkinan titik masuk spionase dari hasil ini. “Rahasia dagang bahkan bisa sampai ke Tiongkok,” dia memperingatkan. Apakah ada mata-mata di kantor politisi AfD?

Penangkapan tersangka agen Tiongkok pada Selasa (23/04) tentu saja lebih menyoroti bidang politik dibandingkan sains atau bisnis. Jian Ji adalah rekan Maximilian Kara, kandidat utama partai populis sayap kanan Alternatif untuk Jerman (AfD) pada pemilu Eropa Juni 2024.

AfD, yang dipantau secara nasional oleh kantor federal khusus untuk perlindungan konstitusi sebagai partai radikal, telah berulang kali dituduh memiliki hubungan dekat dengan Rusia.

Namun, menurut temuan badan intelijen tersebut, motif Rusia berbeda dengan motif Tiongkok. “Karena perang panas yang dilancarkan Rusia dengan menggunakan kekuatan yang luar biasa, akan menjadi kemunduran jika kita tidak mengasumsikan kemampuan dan kemauan badan intelijennya untuk melakukan operasi kompleks di Eropa,” kata Haldenwang.

Kepala intelijen internal memperkirakan bahwa spionase Rusia akan terus berkembang dan untuk tujuan ini personel baru akan direkrut. Tak lama setelah serangan pertama Rusia ke Ukraina, Jerman mengusir sedikitnya 40 orang yang dicurigai sebagai agen resmi ke kedutaan Rusia di Berlin.

Sejak itu, beberapa laporan bermunculan tentang upaya Kremlin merekrut warga yang tinggal di Jerman. “Tetapi sejauh ini, masyarakat telah terbukti sangat tangguh,” kata Haldenwang, seraya menambahkan bahwa mungkin juga ada warga Rusia di Jerman yang memiliki simpati kuat terhadap Presiden Putin, dan “mungkin bersedia bertindak demi kepentingan Rusia.”

Menteri Dalam Negeri Jerman Nancy Fesser memuji penangkapan enam tersangka mata-mata yang belum pernah terjadi sebelumnya sebagai sebuah keberhasilan. “Otoritas keamanan kami, khususnya Kantor Federal untuk Perlindungan Konstitusi, telah sangat memperkuat tindakan pencegahan. Dengan cara ini, kami melindungi diri kami dari ancaman gabungan rezim Rusia dan juga dari spionase Tiongkok,” katanya.

(MS/RSA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *