Memakai Kebaya Biru, Iriana Dampingi Presiden Jokowi Hadiri Hari Kebaya Nasional

Laporan jurnalis Tribune News Tawfiq Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri peringatan Hari Kebaya Nasional di Istora Senayan, Jakarta pada Rabu, (24/7/2024). Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokoi.

Presiden terlihat mengenakan batik lengan panjang, sedangkan Iriana mengenakan kebaya berwarna biru. Presiden ada di sana sekitar jam 9:36.

Perayaan Hari Kebaya Nasional diselenggarakan oleh Kongres Perempuan Indonesia (KOWANI), organisasi federasi perempuan terbesar dan tertua di Indonesia.

“KOWANI merupakan wadah 104 organisasi perempuan tingkat pusat dengan lebih dari 100 juta anggota perempuan dari seluruh Indonesia,” kata CEO Kowani Jiwo Rubianto Wiyogo.

Menurutnya, Presiden Joko Widodo mencanangkan tanggal 24 Juli sebagai Hari Kebaya Nasional mengacu pada Kongres Perempuan Indonesia X yang dihadiri oleh Presiden pertama RI Bung Karno dan seluruh pesertanya mengenakan busana nasional perempuan Indonesia. kebaya.

“Dengan memperingati Hari Kebaya Nasional, perempuan Indonesia dan generasi penerus bangsa dapat bersinergi melestarikan kebaya sebagai salah satu budaya bangsa dengan menetapkan kebaya sebagai salah satu kostum nasional,” ujarnya.

Menurutnya, pengembangan dan pelestarian Kebaya tidak hanya dapat memperkuat jati diri bangsa, tetapi juga memperkuat dari segi ekonomi.

“Bagi seorang wanita, mengenakan kebaya bukan hanya sekedar ekspresi diri melalui busana, namun juga mempunyai makna yang lebih luas, mulai dari individualitas hingga wujud rasa cinta terhadap bangsa. Untuk melestarikan budaya bangsa,” bangganya mengenakan kebaya . Acara perayaan Hari Kebaya Nasional merupakan langkah strategis,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *