Market Kendaraan Komersial Turun 20 Persen, Isuzu Masih Percaya Diri

Laporan jurnalis Tribunnews.com Lita Febrianiova

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG – Sejak tahun 2022 hingga pertengahan tahun 2024, PT Isuzu Astra Motor Indonesia mengalami penurunan penjualan di segmen kendaraan niaga hingga mencapai 20% secara tahunan.

Chief Operating Officer (COO) Astra Isuzu Irwan Nawir mengungkapkan, faktor utama penyebab turunnya pasar adalah pertumbuhan ekonomi.

Berbicara di GIIAS 2024, Kamis (18 Juli 2024), Irwan mengatakan, “Itu artinya pertumbuhan ekonomi. Kalau kita lihat kondisi saat ini dari sisi pertambangan, seperti harga batu bara, nikel dan lain-lain, permintaannya turun.”

Tidak dapat dipungkiri bahwa menurunnya permintaan bisnis pertambangan saat ini juga dipengaruhi oleh situasi pasar dunia, meskipun pasar dalam negeri juga berdampak besar.

Apalagi, khusus tahun ini, Indonesia berada dalam masa suasana politik mulai dari pemilihan presiden hingga pemimpin daerah, yang sedikit banyak berdampak pada pasar.

“Kami berharap tahun depan lebih positif dengan situasi yang lebih stabil dan jauh lebih baik. Kami berharap perekonomian berubah menjadi lebih baik, sehingga mudah-mudahan pasar juga mulai bangkit. Kita bisa optimis,” kata Irwan.

Seiring menyusutnya pasar kendaraan niaga Tanah Air sebesar 20%, Irwan mengatakan segmen mobil MU-X dan D-Max justru semakin menyusut hingga 40%.

“Jadi kalau kita lihat trennya di tahun 2022, 2023, dan 2024 rata-rata penurunannya berkisar 20%. Khusus MU-X dan D-Max penurunannya 20-40%. Jadi kalau bicara tantangannya yang kita hadapi hari ini, itu akan dalam kondisi pasar saat ini,” ujarnya.

Guna mendongkrak penjualan kedua model tersebut, selain lazim digunakan di sektor pertambangan, perkebunan, dan infrastruktur, dengan profil khas SUV berotot dan double cab yang sporty, Isuzu optimistis bisa mulai merambah ke konsumen gaya hidup. .

“Kami sebenarnya mulai menyasar konsumen gaya hidup karena sebagian besar konsumen kami adalah pemilik tambang atau perkebunan, mereka menganggap desain perangkat ini cantik dan akhirnya menggunakannya untuk penggunaan sehari-hari. Ini benar-benar merupakan bagian yang tidak terpisahkan.” Tapi dari segi gaya hidup, kami juga fokus pada hal itu,” kata Irwan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *