Ramai Kabar Roti Mengandung Bahan Pengawet Kosmetik, BPOM Harus Segera Klarifikasi

Laporan jurnalis Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sejak sepekan lalu, beredar kabar yang mengklaim roti asal Bandung mengandung bahan pengawet kosmetik atau sodium dehydroacetate.

Menurut beberapa pemberitaan media nasional, roti tersebut tidak berjamur meski sudah melewati tanggal kadaluarsa.

Produser pun buka suara. Pihaknya membantah mengandung bahan pengawet dan mengklaim roti yang dibuatnya mendapat izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“BPOM harus segera memberikan penjelasan mengenai hal ini. Penting sekali agar permasalahan ini tidak menjadi polemik dan memastikan masyarakat tidak takut untuk mengonsumsi produk lain,” kata Anggota Komisi IX DPR RI Edy Wuryanto. di Jakarta, Selasa (23/7/2024).

Dalam pasal 34 ayat (2) PP 86/2019 dijelaskan izin edar ini diperoleh dari hasil penilaian pangan, mutu dan gizi pangan olahan yang dikeluarkan oleh kepala badan atau dalam hal ini Kepala BPOM.

Katanya, masyarakat kini bingung apakah roti ini aman atau tidak.

Selain itu, jika tidak diumumkan juga akan merugikan pelaku usaha yang bersangkutan karena dapat kehilangan kepercayaan konsumen.

Fraksi PDI Perjuangan mengingatkan produsen pangan untuk terus menjaga keamanan dan kualitas produknya. Hal ini dilakukan dengan menggunakan bahan sesuai dengan yang tertulis pada label dan tidak menambahkan bahan tambahan yang berbahaya atau melampaui batas.

Hingga berita ini diturunkan, BPOM belum memberikan tanggapan.

Produsen mengklaim bahwa produk mereka aman

Produsen roti Aoka PT. Indonesia Bakery Family (IBF) buka suara.

Pihak pabrikan mengeluarkan klarifikasi yang diunggah di situs resmi perusahaan seperti dikutip Tribunnews.com pada Minggu (21/7/2024).

Melalui kontak Humas PT Indonesia Bakery Family, Asep Nur Akhman mengakui, 16 produk roti Aoka produksi PT Indonesia Bakery Family mendapat izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan.

“Saat kami membuat Aoka Roti, kami tidak bisa menambahkan atau menggunakan natrium dehidroasetat pada produknya,” kata Asep.

Ditegaskannya, penjelasan ini sangat penting untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa produk roti Aoka aman dikonsumsi dan tidak mengandung bahan apa pun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *