Sorotan Hasil Euro 2024 – Tangan-tangan Kokoh Donnarumma Bikin Alvaro Morata Bete

TRIBUNNEWS.COM – Penampilan impresif Gianluigi Donnarumma saat Italia menang atas Spanyol membuat Alvaro Morata berang. Namun penyerang asal Spanyol itu bisa memaklumi karena kualitas Donnarumma berkelas dunia.

Spanyol lolos ke babak 16 besar Euro 2024 usai mengalahkan Italia 1-0 di Weltins Arena, Jerman, Jumat pagi (21/6/2024) WIB.

Berkat gol bunuh diri Riccardo Calafiori, Spanyol dipastikan melaju ke babak play-off. La Furia Roja, julukan Spanyol, saat ini berada di puncak klasemen Grup B Euro 2024.

Dan Timnas Italia yang mengoleksi 3 poin berada di peringkat kedua. Pemain Spanyol melakukan selebrasi setelah bek Italia Riccardo Calafiori #05 (kedua kanan) mencetak gol bunuh diri pada pertandingan Grup B UEFA Euro 2024 antara Spanyol dan Italia di Arena Auf Schalke di Gelsenkirchen pada 20 Juni 2024. (Foto: INA FASSBENDER / AFP)

Usai laga, perhatian publik tertuju pada kiper Italia Gianluigi Donnarumma.

Mantan kiper Milan ini memiliki rating tertinggi dalam laporan ESPN, yakni 8. Ini merupakan rating tertinggi di antara pemain Italia lainnya.

Donnarumma dipuji atas kepahlawanannya dalam menghentikan serangan Spanyol. Penjaga gawang “Paris Saint-Germain” (PSG) melakukan lima penyelamatan penting.

Salah satunya saat Donnarumma harus “terbang” menyelamatkan tembakan Fabian Ruiz dari jarak jauh.

Hal inilah yang membuat Gli Azzurri, julukan Italia, begitu solid hingga hanya kebobolan satu gol saat Lamini Yamal dkk menyerang.

Faktanya, gawang Italia sangat sulit ditembus sehingga sang pemain harus menyapu bersihnya sendiri ketika salah menilai umpan lawan.

Alvaro Morata termasuk salah satu yang kaget sekaligus tersinggung dengan penampilan impresif Gigi Donnarumma.

Penyerang asal Spanyol itu menggelengkan kepalanya saat menyadari 99 persen tembakan Ruiz yang seharusnya bisa diblok hanya oleh lengan kekar Donnarumma.

“Saya kesal, itu bisa dimengerti,” kata Alvaro Morata, dari situs sepak bola Italia.

“Kami menang tapi banyak peluang kami tidak mencetak gol,” kata mantan pemain Juventus itu.

“Bukan karena penyelesaian kami jelas, tapi Donnarumma ada di sana (di bawah gawang Italia),” keluh sang striker yang kini membela AC Milan.

“Donnarumma adalah kiper kelas dunia, dia menyelamatkan empat atau lima peluang kami.”

“Yang paling berarti adalah bagaimana dia menyelamatkan tembakan keras (Fabian) Ruiz. Saya pikir itu akan menjadi gol, tapi berhasil selamat,” kata akademi Real Madrid.

Apa yang dikatakan Morata bukan sekedar fantasi.

Statistik pertandingan menunjukkan Spanyol melepaskan 29 tembakan tepat sasaran ke gawang Italia milik Donnarumma.

Nyatanya, upaya terbaik La Furia Roja hanya membuahkan satu gol. Dasarnya adalah kesalahan yang dilakukan oleh para pemain Italia itu sendiri.

Spanyol yang berada di peringkat 16 besar akan melakoni laga resmi melawan Albania pada 25 Juni pukul 02:00 WIB.

Dan Italia, pasukan Luciano Spalletti, akan menghadapi Kroasia yang juga berpeluang melaju ke babak selanjutnya. 

Italia tidak boleh mengambil risiko dan mengalahkan Kroasia untuk mengirim Spanyol ke delapan besar. Hasil Euro 2024 kemarin malam

Spanyol 1-0 Italia

Penulis gol: Riccardo Calafiori (GBD. 55′)

Slovenia 1-1 Serbia

Pencetak gol: Zan Karnicnik (69′) – Luka Jovic (90+5′)

Denmark 1-1 Inggris

Pencetak gol: Morten Hjulmand (34′) – Harry Kane (18′)

(Tribunnews.com/Giri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *