Preview Spanyol vs Italia, Duel dengan Beda Gaya, Metamorfosis Tiki-taka Melawan Evolusi Catenaccio

Pratinjau Spanyol vs Italia, duel gaya berbeda, transformasi tiki-taka, dan evolusi catenaccio

TRIBUNNEWS.COM- Laga pembuka EURO 2024 mempertemukan dua tim besar Eropa, Spanyol dan Italia, dengan gaya berbeda. Keduanya akan bertemu pada laga kualifikasi Grup B EURO 2024 di Gelsenkirchen AufSchalke Arena pada Jumat (21/6) pukul 02:00 WIB.

Tampilan baru pertemuan Spanyol dan Italia dalam pertandingan Euro 2024 yang sangat dinantikan.

Spanyol dan Italia telah memenangkan tiga dari empat Piala Eropa terakhir dan pertandingan apa pun yang melibatkan dua raksasa benua Eropa ini pasti akan menjadi pertandingan yang sangat dinantikan.

Menariknya, di EURO 2024, mereka bertemu setelah sama-sama menunjukkan gaya sepak bola yang berbeda dari yang biasa mereka tunjukkan kepada fans.

Spanyol mengalahkan Kroasia 3-0 di pertandingan pertamanya.

Memang benar, Spanyol menerapkan gaya ‘tiki-taka’ berbasis penguasaan bola yang membuat mereka dinobatkan sebagai juara Eropa pada tahun 2008 dan 2012 serta juara Piala Dunia pada tahun 2010.

Dengan hormat kepada tuan-tuan Xavi Hernandez, Andres Iniesta dan generasi emas yang mereka miliki.

Melawan tim Kroasia yang semakin menua, tim Spanyol menerapkan tekanan tinggi tanpa henti dengan transisi cepat yang tampaknya bisa mengejar lawan mereka.

“Kami telah mengubah tim nasional menjadi tim dengan banyak wajah,” kata de la Fuente, mengisyaratkan bahwa ia memiliki lebih banyak trik, seperti dilansir Reuters.

“Negara-negara lain tidak lagi mengetahui jenis serangan apa yang akan kami lakukan dan itu adalah alasan untuk sangat gembira karena hal ini membawa Spanyol kembali ke tingkat yang diharapkan dari kami.”

Ketidakpastian bisa menjadi keuntungan dan dengan keraguan atas status cedera gelandang Rodri dan kapten Alvaro Morata, sang manajer merahasiakannya untuk pertandingan melawan Italia di Gelsenkirchen. Ia menutup sesi latihan Spanyol bersama media selama dua hari berturut-turut usai kemenangan mereka atas Kroasia.

Di tempat lain, juara bertahan Italia, yang kalah 4-0 dari Spanyol di final 2012, juga mengalami perubahan.

Manajer Luciano Spalletti telah memberikan pengaruh sejak mengambil alih setelah memenangkan gelar Serie A bersama Napoli pada tahun 2023, bertugas memulihkan kepercayaan para penggemar yang gagal menampilkan penampilan berkualitas di dua Piala Dunia terakhir.

Italia kini menjauhi sistem permainan catenaccio tradisional Italia yang mengutamakan pertahanan.

Mereka mengadopsi pendekatan yang lebih menyerang, yang mereka gunakan dengan sangat efektif saat mengalahkan Albania 2-1 di pertandingan pembuka.

Di bawah asuhan Spalletti, Azzurri tampak mendominasi dan menekan penguasaan bola di beberapa area lapangan, sehingga Niccolò Barella dan Lorenzo Pellegrini bisa bertugas di sayap untuk striker Davide Frattesi dan Federico Chiesa.

Meski begitu, ia belum sepenuhnya tampil meyakinkan di laga perdananya.

Mantan kiper Gianluigi Buffon ingin melihat tim belajar mematikan permainan untuk menghindari risiko kebobolan di menit-menit akhir.

Italia tertinggal di menit awal berkat gol Albania, gol tercepat yang pernah ada di Kejuaraan Eropa, namun dalam waktu 15 menit membalikkan defisit melalui Alessandro Bastoni dan Barella.

“Kami tampil baik, kami menunjukkan bahwa kami seimbang dan waspada,” kata Buffon, 46, yang menjabat sebagai kepala staf tim nasional, di markas latihan Italia di Iserlon.

“Meskipun awal yang mengejutkan bisa mengkhawatirkan, kami akan terus meningkatkan permainan kami. Seperti yang dikatakan pelatih, kekuatan kami melekat pada rencana permainan dan kami pantas mendapatkan kemenangan.

Yang membuatnya khawatir adalah pasukan Spalletti tidak bisa mencetak gol lagi untuk mengakhiri pertandingan dan pemain pengganti Rei Manai dihukum di akhir pertandingan ketika Gianluigi memaksa Donnarumma melakukan penyelamatan di menit-menit akhir.

“Ada sesuatu yang perlu disempurnakan – dengan sedikit sinisme dan kemarahan, kita berisiko melihat kemenangan mendasar hampir padam pada menit ke-90,” dia memperingatkan.

Lamin Yamal tampil mengesankan pada debutnya di EURO. Kini setelah laga perdana Euro 2024 berlangsung, ada satu nama yang menonjol di timnas Spanyol Lamine Yamal.

Baru berusia 16 tahun, pemain sayap FC Barcelona ini tampil mengesankan dalam debutnya di turnamen besar tim nasional kontinental, memainkan peran kunci dalam kemenangan 3-0 atas Kroasia.

Sederet komentar positif tentang dirinya menarik perhatian semua orang. Kapten Kroasia Luka Modric memuji Lamin sebagai ancaman terbesar Spanyol meski usianya sudah lanjut.

Gelandang Italia David Fratesi menggambarkan Lamin sebagai pesepakbola termuda dan paling berbakat menjelang pertandingan Spanyol-Italia.

Presiden UEFA Aleksandar Ceferin mengatakan bahwa jika dia memiliki klub tersebut, dia akan merekrut pemain berbakat tersebut.

Pengaruh Lamin terlihat dari media yang diterimanya. La Gazzetta dello Sport, bersama dengan Mundo Deportivo, adalah surat kabar olahraga terkemuka di Eropa.

Keberanian Barca dan Spanyol memberikan kesempatan kepada talenta-talenta muda sangat diapresiasi. “Di usia 16 tahun, bintang Barcelona itu berhasil membela Spanyol. Kenapa masih sulit bagi kami untuk mendatangkan pemain-pemain muda, bahkan yang bertalenta, ke tim utama? Hanya pengalaman yang membantu Anda berkembang dengan cepat,” jelas Alessandro Vocalelli. Sebuah artikel menarik di buletin sejarah Milan.

Kegembiraan memuncak setelah debut mengesankan di panggung besar dari seorang anak yang belum memiliki tanggung jawab di tim yang biasanya hanya diperuntukkan bagi pemain senior.

“Tidak diragukan lagi kami semua akan mendukung Italia pada hari Kamis. Tapi dengan satu mata, dengan rasa ingin tahu dan kekaguman, kami akan terus memantau bakat Spanyol Yamal. Karena Anda tidak melihatnya setiap hari saat berusia enam belas tahun.” -Anak berusia satu tahun yang telah menarik perhatian tingkat nasional dan internasional dengan kemampuannya yang luar biasa,” tambahnya.

Kebangkitan Lamin cukup mengesankan, terutama di pasar yang sangat kompetitif dengan talenta-talenta muda. Menurut La Gazzetta dello Sport, bakat Lamin inilah yang membuat Barcelona berinvestasi padanya.

Sungguh luar biasa dia menandatangani kontrak dengan Barcelona yang mencakup klausul rilis sebesar satu miliar euro. Angka ini jelas menunjukkan besarnya kepercayaan klub terhadapnya. Kepercayaan ini mengakar kuat tidak hanya untuk masa depan, tapi juga untuk saat ini. Barcelona, ​​​​setelah awal yang luar biasa di tim U-17, membiarkannya meninggalkan skuad reguler. Dia langsung masuk tim utama dan timnas,” tegasnya.

Yamal memberikan assist untuk gol Dani Carvajal sehari setelah Luis de la Fuente mengatakan pemain sayap itu disentuh oleh tongkat ajaib.

De la Fuente memilih pemain terbaik pertandingan dan pencetak gol Fabian Ruiz, Pelatih Spanyol Luis de la Fuente yakin Lamine Yamal adalah pemain terbaik karena pemain berusia 16 tahun itu adalah pemain termuda yang tampil di Kejuaraan Eropa. .

Remaja itu memberikan assist untuk gol ketiga timnya sebelum jeda saat Spanyol mengalahkan Kroasia 3-0 di Olympiastadion Berlin.

Alvaro Morata dan pemain terbaik pertandingan Fabian Ruiz mencetak gol dalam kemenangan yang terbukti menjadi kemenangan yang sangat nyaman bagi pemenang empat kali itu untuk memulai kampanye Euro 2024 mereka.

“Lamin Yamal menjadi pemain termuda yang bermain di Euro? Dia pemecah rekor. Saya yakin dia akan terus berkembang dan suatu hari nanti dia akan menjadi salah satu yang terbaik.” Dia berkata.

De la Fuente mengatakan dalam konferensi pers pra-pertandingan: “Dalam kasus Lamin [Yamal], dia adalah pemain yang tersentuh oleh tongkat ajaib dan kami harus mendukungnya, karena dia dipuji dan dikritik dengan keras.” dia berkata.

Yamal berbicara setelah kemenangan Kroasia, menekankan fokus saat Spanyol menghadapi juara bertahan Italia pada Kamis 20 Juni.

“Saya sangat senang bisa menang dan melakukan debut, tapi sekarang kami memikirkan pertarungan berikutnya,” kata Yamal. “Saya di sini untuk membantu tim dalam bertahan dan menyerang ketika saya dibutuhkan.

“Kami sangat efisien hari ini karena kerja keras yang telah kami lakukan selama berbulan-bulan.”

De la Fuente khawatir hasil dan penampilan impresifnya akan hilang, namun mengatakan kepada wartawan bahwa dia sangat menikmati perayaan pasca pertandingan, mengingat orang-orang yang dicintainya juga hadir.

“Tetapi kita harus tetap membumi. “Kami memulai dengan baik, ini memberi kami rasa aman, tapi sekarang kami harus memikirkan Italia,” katanya.

Pertemuan antara juara Eropa dan tiga pemenang di Gelsenkirchen merupakan babak pembuka turnamen yang luar biasa.

Puncak grup B dan babak 16 besar menjadi taruhannya karena kedua tim sama-sama mengincar kemenangan di laganya.

Italia bangkit dari ketinggalan untuk mengalahkan Albania tetapi Ruiz tampil luar biasa saat Spanyol mengalahkan Kroasia 3-0 di semifinal Piala Dunia 2022.

Playmaker Paris Saint-Germain Ruiz mengatur gol pembuka Alvaro Morata dan mencetak gol dengan penyelesaian berkelas saat ia melampaui semua orang di sekitarnya, termasuk kapten Kroasia Luka Modric.

Pertandingan tersebut menggarisbawahi pentingnya Spanyol asuhan Luis de la Fuente, yang tidak dibawa oleh mantan pelatih Luis Enrique ke Piala Dunia terakhir.

Setelah Spanyol mengawali mimpinya dengan mengalahkan Kroasia 3-0, Italia kebobolan gol tercepat dalam sejarah Kejuaraan Eropa untuk memulai upaya mempertahankan gelar mereka dengan kemenangan 2-1 atas Albania.

Albania memimpin setelah hanya 23 detik melawan Italia ketika Nedim Bayrami mencetak gol dalam pertandingan pembuka Grup B mereka di Dortmund. Bazrami memecahkan rekor gol tercepat Euro sebelumnya, yang dibuat oleh pemain Rusia Dmitry Kiritchenko melawan Yunani pada tahun 2004 dengan waktu 67 detik.

Namun Italia tetap tenang dan upaya brilian Nicolo Barella membawa mereka unggul pada menit ke-11 ketika Alessandro Bastoni menyundul bola ke tiang belakang.

Itu terbukti cukup bagi pemenang Euro 2020 karena Davide Fratesi hampir menambah gol lagi untuk pemain Italia itu ketika tendangannya membentur tiang sebelum jeda.

“Situasinya negatif namun kami berhasil membalikkan keadaan,” kata Federico Chiesa dari Italia, yang bermain di final tiga tahun lalu ketika Italia bangkit untuk mengalahkan Inggris melalui adu penalti meski kebobolan dalam waktu dua menit.

“Kami memiliki kilas balik ke final Euro 2020 ketika kami langsung bangkit dan kami lebih baik hari ini karena kami mengendalikan permainan bersama sebagai sebuah tim, seperti yang diinginkan pelatih.”

Italia di laga pembuka, dengan hanya lima pemain yang menjadi starter di final melawan Inggris, kini menghadapi pertandingan kelas berat dengan Spanyol.

Juara Eropa tiga kali Spanyol memulai dengan baik ketika mereka mengalahkan Kroasia dan Fabian Ruiz segera membuat skor menjadi 2-0 setelah memecah kebuntuan sebelum setengah jam. berhenti sebentar

Pemain sayap Barcelona asal Spanyol Lamine Yamal menjadi pemain termuda dalam sejarah kompetisi pada usia 16 tahun 338 hari.

Gol Morata adalah gol ketujuhnya di Kejuaraan Eropa, memindahkannya ke posisi ketiga bersama Alan Shearer dan Antoine Griezmann.

Hanya Cristiano Ronaldo dengan 14 gol dan Michael Platini yang mencetak sembilan gol pada kejayaan Prancis 1984.

Tentu saja ini akan menyemangati dan menenangkan kami, tapi kami punya pertandingan besar melawan Italia, kata pelatih Spanyol Luis de la Fuente.

Yang terpenting, kita harus tenang. Tujuan kita masih jauh. Kita harus membumi.

(Berita Tribun/Muhammad Barir)

Peringkat pemain

Kualifikasi Grup B Italia vs Spanyol Stadion Euro 2024: Arena Aufshalke (Gelsenkirchen) Jumat (21/6) 02:00 WIB

Spanyol (4-3-3): Simon; Cukurella, Nacho, Normandia, Carwazel? Ruiz, Rodri, Pedri? Williams, Morata, Yamal Sutradara: Louis de La Funte

Italia (4-2-3-1): Donnarumma; Demarco, Calafiori, Bastoni, Lorenzo; Barella, Jorginho; Pelegrini, Fratacea, Chisa; Direktur Penipu: Luciano Spalletti

Kursi Grup B EURO 2024

TIDAK. Tim bermain S. POIN GOLLS

1 Spanyol 1 +3 3

2 Italia 1 +1 3

3 Albania 1 -1 0

4 Kroasia 1 -3 0

Pemain yang harus diperhatikan:

Lamine Yamal, striker Spanyol

Federico Chisa, penyerang Itali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *