Perang Rusia-Ukraina Hari ke-848: Pilot ‘Hantu Kyiv’ Tewas saat Bertempur Lawan Rusia

TRIBUNNEWS.COM – Berikut perkembangan terkini hari ke-848 perang Rusia-Ukraina pada Kamis (20/6/2024).

Sejak 01:53 waktu setempat hari ini, Ukraina telah melaporkan beberapa ledakan drone setelah peringatan udara dikeluarkan.

Setidaknya, Rusia telah menyerang beberapa wilayah Ukraina sejak dini hari, termasuk Kiev, Zaporizhia, Vinnytsia dan sekitarnya.

Pada pukul 05.01 waktu setempat, Ukraina melaporkan bahwa pasukan pertahanan udaranya telah berhasil menghancurkan seluruh sasaran Rusia di Kiev. Pilot ‘Ghost of Kyiv’ meninggal saat rival Ukraina, Rusia, berduka

Letkol Valentin Koranchuk, seorang pilot yang dijuluki “Hantu Kiev”, tewas dalam aksi di Rusia pada 18 Juni 2024.

Pilotnya menerbangkan pesawat tempur MiG-29 di Divisi Penerbangan Taktis ke-40.

Angkatan Udara Ukraina memperingati kematian Letkol Valentin Koranchuk dengan memujinya sebagai pilot terbaik di Ukraina.

Letkol Valentin Koranchuk menembak jatuh sedikitnya selusin pesawat tempur Rusia, kutip Suspilne.

Selain Valentin, Letkol Vyacheslav Yarko juga dijuluki “Hantu Kiev”. Ukraina menuduh Korea Utara membantu Rusia membunuh warga sipil

Kepala penasihat Kantor Presiden Ukraina, Mykhailo Podoliak, menuduh Korea Utara membantu Rusia membunuh warga Ukraina dan menyerukan isolasi internasional yang lebih besar terhadap kedua negara tersebut.

Vladimir Putin dan Kim Jong Un pada Rabu (19/6/2024) menandatangani kemitraan yang memperdalam hubungan militer dan politik.

Kim sengaja memberikan sumber daya untuk pembunuhan massal warga Ukraina, kata Mykhailo Podoliak kemarin, Rabu (19/6/2024).

Dia juga mengkritik tidak memadainya sanksi yang ada saat ini dan perlunya pendekatan yang lebih ketat terhadap isolasi yang sebenarnya, seperti dikutip oleh Guardian. Rusia meningkatkan serangan di Donetsk

Pasukan Rusia telah meningkatkan serangan di dekat Turtsk, sebuah kota garis depan di wilayah Donetsk yang relatif tenang selama pertempuran beberapa bulan terakhir.

Kepala wilayah Donetsk Vadim Pilshkin mengatakan kemarin bahwa tembakan Rusia di dekat kota Pokrovsk di selatan telah menewaskan satu orang dan melukai lainnya dalam 24 jam terakhir. Intelijen Ukraina menangkap agen Rusia yang menggunakan mode kencan online

Dinas Keamanan Ukraina (SBU) menangkap di Kharkiv seorang pria yang direkrut oleh agen Rusia di platform kencan online yang mencoba memberikan informasi rahasia kepada Rusia tentang tentara Ukraina.

“SBU menyita telepon pria tersebut, yang digunakan tersangka untuk berkomunikasi dengan ‘teman’ Rusianya dan mengambil foto instalasi militer,” kata pernyataan SBU kemarin. Putin mungkin akan membalas sanksi Barat, yang puluhan asetnya berada di wilayah Rusia

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan Rusia memiliki sejumlah besar aset dan properti negara-negara Barat di wilayahnya.

Aset-aset ini bisa menjadi sasaran pembalasan Rusia jika negara-negara Barat membekukan pendapatan dari aset-aset Rusia.

Pernyataan itu merupakan tanggapan terhadap persetujuan para pemimpin G7 pada pertemuan puncak di Italia pekan lalu untuk menggunakan bunga atas aset-aset Rusia yang dibekukan di Barat untuk memberikan pinjaman sebesar $50 miliar kepada Ukraina.

(Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

Lebih banyak berita terkait Rusia dan Ukraina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *