Grand Syekh Al Azhar Mesir Akan Beri Kuliah Umum di UIN Jakarta Usai Bertemu Jokowi

Laporan jurnalis Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Syekh Besar Universitas Al Azhar as-Syarif, Kairo, Mesir, Prof Dr Ahmad Muhammad Ahmed Al Tayeb dijadwalkan memberikan kuliah umum di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN) Batavia pada Selasa ( 9/) 7/2024).

Syekh Besar Al-Azhar Mesir berencana memberikan auditorium Harun Nasution kepada masyarakat UIN Batavia usai mengunjungi Istana Umum untuk bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, hubungan baik antara Mesir dan Indonesia sudah terjalin sejak kemerdekaan Republik Indonesia.

Mesir, menurut Yaqut, merupakan negara yang mendukung kemerdekaan Indonesia.

Selain itu, hubungan di bidang pendidikan juga sangat erat kaitannya.

Ribuan pelajar Indonesia menuntut ilmu di Mesir. Banyak ulama besar yang menuntut ilmu di Indonesia di negeri para nabi. Memang, Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid (Gusdur) juga disebut-sebut pernah menuntut ilmu di wilayah Kinanah. kata Yaqut melalui suratnya, Senin (8/7/2024).

Untuk melaksanakan acara tersebut, Yaqut mengundang seluruh rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri Indonesia (PTKN), dosen, mahasiswa dan tokoh lintas agama untuk mengikuti kuliah umum di UIN Batavia.

Rektor UIN Syarif Hidayatullah Batavia, Asep Saepudin Jahar mengatakan, kedatangan tamu terhormat ini merupakan sebuah anugerah bagi civitas akademika.

“Tentunya ilmu dan ilmu yang akan disampaikan oleh Syekh Agung Al-Azhar,” kata Asep.

Menurut Rektor UIN Batavia, Syekh Besar Al-Azhar akan memberikan kuliah umum dengan tema “Meningkatkan Moderasi Beragama untuk Membangun Toleransi dan Kerukunan”.

Argumen tersebut, kata Asep S Jahar, sangat relevan dengan konteks saat ini.

“Islam sebagai agama rahmatan lil’alamin selalu mengedepankan moderasi beragama dalam kehidupan bersama,” kata Asep.

Ketua Panitia Penyelenggara Kuliah Umum Grand Syekh Al-Azhar UIN Jakarta, Dr Yuli Yasin mengatakan, rencana tersebut telah dikoordinasikan dengan Kementerian Luar Negeri, Kementerian Agama RI, dan KBRI Batavia. dan KBRI Kairo untuk memastikan hal ini terlaksana dengan baik.

Setiap harinya, menurut Dr Yuli Yasin, dengan adanya informasi kedatangan dan tujuan operasional Syekh Agung Al-Azhar Negeri di UIN Batavia, pihak selalu mengadakan pertemuan baik secara daring maupun luring.

“Beliau selalu mengkoordinir rapat-rapat untuk mengatur urusan teknis,” kata Dr Yuli yang juga Dekan Fakultas Islamiyah Dirasat UIN Batavia.

Kuliah Umum Gubernur Syekh Al-Azhar ini rencananya akan dihadiri oleh Prof Dr KH Muhammad Quraish Shihab Lc MA yang akan menyampaikan sambutannya.

Prof Dr Quraish Shihab merupakan alumnus Universitas Al-Azhar Kairo Mesir dan pernah menjabat sebagai Duta Besar Republik Indonesia di Kairo Mesir dan Wakil Rektor UIN Batavia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *